General

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

×

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Share this article

Memiliki anak yang susah makan bisa membuat orang tua khawatir. Selain itu, jika tidak ditangani dengan baik, kebiasaan buruk ini bisa membuat anak mengalami masalah kesehatan di masa depan. Namun, jangan khawatir, berikut adalah beberapa cara mengatasi anak susah makan.

1. Buat suasana makan yang menyenangkan

Anak-anak senang dengan lingkungan yang menyenangkan dan menarik. Sehingga, ketika anak sulit makan, cobalah buat suasana yang menyenangkan dan menarik. Misalnya, dengan menggunakan peralatan makan yang lucu atau menarik. Atau, cobalah makan bersama keluarga di meja makan.

2. Berikan makanan yang sehat dan bergizi

Memberikan makanan sehat dan bergizi sangat penting bagi pertumbuhan anak. Berikan makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Selain itu, cobalah variasikan jenis makanan yang diberikan, agar anak tidak bosan dan lebih tertarik untuk mencoba.

3. Jangan memaksa anak untuk makan

Memaksa anak untuk makan justru bisa membuat anak semakin susah makan. Cobalah untuk memberikan pilihan makanan yang disukai anak dan biarkan anak memilih makanan yang ingin dimakannya. Selain itu, berikan waktu yang cukup bagi anak untuk makan, jangan terburu-buru atau memaksa anak untuk makan terlalu cepat.

4. Berikan camilan sehat untuk anak

Jika anak sulit makan, cobalah berikan camilan sehat seperti buah-buahan, sayuran, atau yoghurt. Camilan sehat ini bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak yang sulit makan.

5. Batasi aktivitas lain saat makan

Saat makan, coba batasi aktivitas lain seperti menonton televisi atau bermain gadget. Karena aktivitas lain yang dilakukan saat makan bisa mengganggu nafsu makan anak dan membuat anak tidak fokus pada makanan.

6. Jangan terlalu sering memberikan minuman manis

Memberikan minuman manis seperti soda atau jus buah sebaiknya dibatasi. Karena minuman manis bisa membuat anak kehilangan nafsu makan dan mengganggu kesehatan anak jika dikonsumsi secara berlebihan.

7. Berikan makanan dalam porsi yang kecil

Jika anak sulit makan, cobalah berikan makanan dalam porsi yang kecil dan sering-sering. Porsi yang terlalu banyak bisa membuat anak merasa kenyang dan tidak tertarik untuk makan. Selain itu, cobalah juga memberikan makanan dengan bentuk yang menarik dan mudah dimakan.

8. Berikan contoh yang baik

Sebagai orang tua, cobalah memberikan contoh yang baik dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi. Anak akan mengikuti kebiasaan orang tua dalam mengonsumsi makanan.

9. Cari tahu penyebab anak susah makan

Jika anak sudah berusia lebih dari 2 tahun dan masih susah makan, cobalah mencari tahu penyebabnya. Misalnya, anak mengalami masalah kesehatan atau stres. Dengan mengetahui penyebabnya, orang tua bisa memberikan penanganan yang tepat untuk mengatasi masalah susah makan.

10. Berikan kepercayaan pada anak

Terakhir, berikan kepercayaan pada anak untuk memilih makanan yang ingin dimakannya. Anak akan lebih tertarik untuk makan jika merasa diberikan kepercayaan dan tidak dipaksa.

Kesimpulan

Mengatasi anak susah makan membutuhkan kesabaran dan konsistensi dari orang tua. Cobalah untuk membuat suasana makan yang menyenangkan, memberikan makanan yang sehat dan bergizi, tidak memaksa anak untuk makan, memberikan camilan sehat, batasi aktivitas lain saat makan, hindari minuman manis, berikan makanan dalam porsi kecil, memberikan contoh yang baik, mencari tahu penyebab anak susah makan, dan memberikan kepercayaan pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *