Teknologi

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Terbaca Tapi Tidak Bisa Dibuka

×

Cara Mengatasi Hardisk Eksternal Terbaca Tapi Tidak Bisa Dibuka

Share this article

Hardisk eksternal adalah salah satu perangkat penyimpanan eksternal yang populer digunakan oleh banyak orang. Namun, terkadang kita menghadapi masalah di mana hardisk eksternal terbaca oleh komputer, tetapi tidak dapat dibuka atau diakses. Tentu saja, hal ini dapat menjadi sangat frustrasi, terutama jika hardisk tersebut berisi data penting. Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa cara untuk mengatasi masalah ini.

Pastikan Kabel USB Terhubung dengan Benar

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa kabel USB hardisk eksternal terhubung dengan benar ke komputer atau laptop. Kadang-kadang, masalah ini terjadi karena kabel USB yang tidak terhubung dengan baik. Coba cabut dan hubungkan kembali kabel USB dengan hati-hati dan pastikan koneksi yang kuat.

Periksa Device Manager

Langkah selanjutnya adalah memeriksa Device Manager di komputer Anda. Caranya, klik kanan pada ikon “My Computer” atau “This PC” di desktop Anda, pilih “Manage”, dan kemudian pilih “Device Manager”. Pada jendela Device Manager, periksa apakah ada tanda seru kuning atau tanda tanya di sebelah nama hardisk eksternal Anda. Jika ada, klik kanan pada nama hardisk tersebut dan pilih “Update Driver” untuk memperbarui driver hardisk.

Gunakan Disk Management

Jika hardisk eksternal Anda terdeteksi oleh komputer tetapi tidak dapat diakses, Anda dapat mencoba menggunakan Disk Management untuk memperbaiki masalah tersebut. Caranya, klik kanan pada ikon “My Computer” atau “This PC” di desktop Anda, pilih “Manage”, dan kemudian pilih “Disk Management”. Di Disk Management, periksa apakah hardisk eksternal Anda terdeteksi sebagai drive yang sehat. Jika tidak, Anda dapat mencoba mengubah drive letter atau mengatur ulang partisi hardisk tersebut.

Scan dengan Antivirus

Selanjutnya, Anda dapat mencoba melakukan scan hardisk eksternal dengan menggunakan program antivirus. Terkadang, hardisk eksternal yang tidak dapat dibuka disebabkan oleh adanya virus atau malware yang menginfeksi perangkat tersebut. Jalankan program antivirus terpercaya dan lakukan scan penuh pada hardisk eksternal Anda untuk membersihkannya dari virus.

Gunakan CHKDSK

Jika hardisk eksternal Anda masih tidak dapat dibuka, Anda dapat mencoba menggunakan CHKDSK (Check Disk) untuk memperbaiki masalah pada hardisk tersebut. Caranya, buka Command Prompt dengan hak akses administrator, lalu ketik “chkdsk /f [drive letter]:” dan tekan Enter. CHKDSK akan memindai dan memperbaiki kesalahan pada hardisk eksternal Anda.

Periksa Kekuatan Listrik

Kadang-kadang, masalah pada hardisk eksternal terjadi karena kekuatan listrik yang tidak stabil. Pastikan hardisk eksternal Anda terhubung ke sumber daya listrik yang stabil dan menggunakan adaptor listrik yang sesuai. Jika Anda menggunakan hardisk eksternal tanpa adaptor listrik, coba sambungkan hardisk tersebut ke port USB yang berbeda atau gunakan kabel USB dengan power tambahan.

Gunakan Program Recovery Data

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan program recovery data untuk mendapatkan kembali data yang ada di hardisk eksternal. Program recovery data dapat membantu memulihkan file yang hilang atau terhapus dari hardisk yang tidak dapat diakses. Ada banyak program recovery data yang tersedia secara online, baik yang gratis maupun berbayar.

Conclusion

Dalam kebanyakan kasus, masalah hardisk eksternal yang terbaca tetapi tidak dapat dibuka dapat diatasi dengan langkah-langkah di atas. Penting untuk diingat bahwa jika Anda tidak yakin atau tidak memiliki pengalaman dalam menangani masalah ini, lebih baik konsultasikan dengan teknisi komputer atau ahli dalam bidang tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengatasi masalah pada hardisk eksternal Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *