Teknologi

Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop

×

Cara Mengetahui Jenis RAM Laptop

Share this article

Pendahuluan

RAM (Random Access Memory) adalah salah satu komponen penting dalam sebuah laptop. RAM bertanggung jawab untuk menyimpan data sementara yang sedang digunakan oleh laptop. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengetahui jenis RAM yang digunakan pada laptop Anda.

1. Melalui Spesifikasi Laptop

Cara pertama untuk mengetahui jenis RAM laptop Anda adalah melalui spesifikasi laptop. Anda dapat melihat spesifikasi laptop di situs web produsen atau melalui buku panduan yang disertakan saat pembelian. Biasanya, spesifikasi laptop akan mencantumkan jenis RAM yang digunakan.

2. Menggunakan Command Prompt

Cara lain untuk mengetahui jenis RAM laptop adalah melalui Command Prompt. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Command Prompt. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.
  2. Ketik perintah “wmic memorychip get Manufacturer, PartNumber, Speed” tanpa tanda kutip dan tekan Enter.
  3. Anda akan melihat informasi tentang produsen, nomor bagian, dan kecepatan RAM yang digunakan pada laptop Anda.

3. Menggunakan Program Pihak Ketiga

Anda juga dapat menggunakan program pihak ketiga untuk mengetahui jenis RAM laptop. Beberapa program populer yang dapat Anda gunakan adalah CPU-Z, Speccy, dan HWiNFO. Unduh dan instal salah satu program ini, kemudian jalankan program tersebut. Program akan memberikan informasi rinci tentang spesifikasi laptop Anda, termasuk jenis RAM yang digunakan.

4. Membaca Stiker pada RAM

Jika Anda ingin mengetahui jenis RAM secara fisik, Anda dapat membaca stiker pada modul RAM. Biasanya, stiker tersebut akan mencantumkan informasi tentang produsen, kapasitas, dan kecepatan RAM.

5. Menghubungi Layanan Pelanggan

Jika Anda masih bingung atau tidak dapat menemukan informasi yang Anda butuhkan, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan produsen laptop. Mereka akan membantu Anda dalam mengetahui jenis RAM yang digunakan pada laptop Anda.

Kesimpulan

Mengetahui jenis RAM laptop Anda penting agar Anda dapat melakukan upgrade atau pemeliharaan yang tepat. Anda dapat mengetahuinya melalui spesifikasi laptop, Command Prompt, program pihak ketiga, membaca stiker pada RAM, atau dengan menghubungi layanan pelanggan produsen. Dengan mengetahui jenis RAM laptop Anda, Anda dapat meningkatkan kinerja laptop Anda sesuai kebutuhan dan memastikan kompatibilitas saat melakukan upgrade.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *