Vivo

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp di HP Vivo

×

Cara Mengganti Nada Dering WhatsApp di HP Vivo

Share this article

WhatsApp adalah salah satu aplikasi pesan instan yang paling populer di dunia. Hampir semua pengguna smartphone memiliki aplikasi ini di ponsel mereka. Salah satu fitur yang diberikan oleh WhatsApp adalah kemampuan untuk mengganti nada dering chat atau panggilan masuk. Namun, tidak semua pengguna tahu cara mengubah nada dering WhatsApp di HP Vivo. Berikut adalah panduan lengkapnya.

1. Buka Aplikasi WhatsApp

Langkah pertama adalah membuka aplikasi WhatsApp di HP Vivo Anda. Pastikan bahwa aplikasi ini sudah terinstal di ponsel Anda. Jika belum, unduh dan instal dari Play Store terlebih dahulu.

2. Buka Pengaturan

Setelah membuka aplikasi WhatsApp, tap ikon tiga titik di pojok kanan atas layar. Ini akan membuka menu opsi. Pilih opsi “Settings” untuk membuka pengaturan aplikasi.

3. Masuk ke Pengaturan Suara

Setelah masuk ke menu pengaturan, scroll ke bawah dan cari opsi “Notifications”. Tap pada opsi ini untuk membuka pengaturan suara.

4. Pilih Jenis Notifikasi

Di menu pengaturan suara, Anda akan menemukan daftar jenis notifikasi yang dapat diatur suaranya. Pilih jenis notifikasi yang ingin Anda ubah nada deringnya. Misalnya, jika Anda ingin mengubah nada dering chat masuk, pilih opsi “Message Notifications”.

5. Pilih Nada Dering Baru

Setelah memilih jenis notifikasi, Anda akan melihat opsi “Notification Tone”. Tap pada opsi ini untuk membuka daftar nada dering yang tersedia di ponsel Anda. Pilih nada dering baru yang ingin Anda gunakan.

6. Simpan Perubahan

Setelah memilih nada dering baru, tap tombol “Save” untuk menyimpan perubahan yang Anda buat. Sekarang, nada dering untuk jenis notifikasi yang Anda pilih akan berubah menjadi nada dering baru yang Anda pilih.

7. Uji Nada Dering Baru

Setelah mengubah nada dering, coba kirim pesan atau panggilan ke ponsel Anda untuk memastikan bahwa nada dering baru berfungsi dengan baik.

8. Menggunakan Nada Dering Kustom

Jika Anda ingin menggunakan nada dering khusus yang tidak tersedia di daftar nada dering yang disediakan oleh WhatsApp, Anda dapat menggunakan nada dering kustom. Berikut adalah langkah-langkahnya:

9. Download Nada Dering Kustom

Download nada dering khusus yang ingin Anda gunakan dari internet. Pastikan bahwa nada dering tersebut memiliki format yang didukung oleh Android, seperti MP3 atau WAV.

10. Simpan Nada Dering di Ponsel Anda

Setelah mendownload nada dering khusus, simpan file tersebut di ponsel Anda. Pastikan bahwa nada dering disimpan di folder yang mudah diakses.

11. Buka Aplikasi File Manager

Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi file manager di ponsel Anda. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk mengakses semua file yang tersimpan di ponsel Anda.

12. Buka Folder Nada Dering

Setelah membuka aplikasi file manager, cari folder “Ringtones” atau “Notifications”. Folder ini biasanya digunakan untuk menyimpan nada dering dan suara notifikasi di ponsel Android. Buka folder tersebut untuk melihat daftar nada dering yang tersedia.

13. Salin Nada Dering Kustom ke Folder Nada Dering

Setelah menemukan folder nada dering, salin nada dering khusus yang sudah Anda download ke folder tersebut. Pastikan bahwa file nada dering disimpan dalam format MP3 atau WAV.

14. Buka Pengaturan WhatsApp

Setelah menambahkan nada dering kustom ke folder nada dering, buka aplikasi WhatsApp dan masuk ke menu pengaturan suara seperti yang dijelaskan sebelumnya.

15. Pilih Jenis Notifikasi

Di menu pengaturan suara, pilih jenis notifikasi yang ingin Anda ubah nada deringnya.

16. Pilih Nada Dering Baru

Setelah memilih jenis notifikasi, tap pada opsi “Notification Tone”. Anda akan melihat daftar nada dering yang tersedia termasuk nada dering kustom yang sudah Anda tambahkan.

17. Pilih Nada Dering Kustom

Pilih nada dering kustom yang sudah Anda tambahkan ke folder nada dering. Nada dering baru akan disimpan dan digunakan sebagai nada dering untuk jenis notifikasi yang Anda pilih.

18. Simpan Perubahan

Setelah memilih nada dering baru, tap tombol “Save” untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

19. Uji Nada Dering Baru

Setelah mengubah nada dering, coba kirim pesan atau panggilan ke ponsel Anda untuk memastikan bahwa nada dering baru berfungsi dengan baik.

20. Ubah Nada Dering Grup

Untuk mengubah nada dering grup di WhatsApp, lakukan langkah-langkah berikut:

21. Buka Grup WhatsApp

Langkah pertama adalah membuka grup WhatsApp yang ingin Anda ubah nada deringnya.

22. Tap Nama Grup

Setelah membuka grup, tap pada nama grup di bagian atas layar. Ini akan membuka menu opsi untuk grup.

23. Pilih Opsi “Custom Notifications”

Di menu opsi grup, pilih opsi “Custom Notifications”. Ini akan membuka pengaturan suara khusus untuk grup yang Anda pilih.

24. Aktifkan Opsi “Use Custom Notifications”

Di menu pengaturan suara khusus untuk grup, pastikan bahwa opsi “Use Custom Notifications” sudah aktif. Opsi ini memungkinkan Anda untuk mengubah nada dering grup.

25. Pilih Nada Dering Baru

Setelah mengaktifkan opsi “Use Custom Notifications”, Anda akan melihat daftar jenis notifikasi untuk grup tersebut. Pilih jenis notifikasi yang ingin Anda ubah nada deringnya. Misalnya, jika Anda ingin mengubah nada dering pesan masuk, pilih opsi “Message Notifications”.

26. Pilih Nada Dering Baru

Setelah memilih jenis notifikasi, tap pada opsi “Notification Tone”. Anda akan melihat daftar nada dering yang tersedia di ponsel Anda. Pilih nada dering baru yang ingin Anda gunakan sebagai nada dering grup.

27. Simpan Perubahan

Setelah memilih nada dering baru untuk grup, tap tombol “Save” untuk menyimpan perubahan yang Anda buat.

28. Uji Nada Dering Baru

Setelah mengubah nada dering grup, coba kirim pesan ke grup tersebut untuk memastikan bahwa nada dering baru berfungsi dengan baik.

29. Kesimpulan

Mengubah nada dering WhatsApp di HP Vivo sangat mudah. Anda dapat memilih dari daftar nada dering yang tersedia atau menggunakan nada dering kustom. Selain itu, Anda juga dapat mengubah nada dering untuk grup WhatsApp. Dengan mengatur nada dering, akan lebih mudah untuk membedakan pesan atau panggilan masuk dari orang yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *