Teknologi

Cara Menghapus Lagu di iPhone: Panduan Lengkap untuk Mengelola Musik

×

Cara Menghapus Lagu di iPhone: Panduan Lengkap untuk Mengelola Musik

Share this article

Pengantar

iPhone adalah salah satu perangkat seluler yang paling populer di dunia, dan salah satu fitur yang paling digunakan oleh penggunanya adalah pemutar musik. Namun, terkadang kita perlu menghapus lagu-lagu yang sudah tidak kita dengarkan lagi, baik untuk menghemat ruang penyimpanan atau hanya untuk mendapatkan daftar putar yang lebih teratur. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara menghapus lagu di iPhone Anda.

Langkah 1: Buka Aplikasi Musik

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka aplikasi Musik di iPhone Anda. Anda dapat menemukan ikon aplikasi Musik di layar beranda atau dalam folder “Aplikasi”. Ketuk ikon tersebut untuk membuka aplikasi.

Langkah 2: Pilih “Pustaka”

Setelah Anda membuka aplikasi Musik, Anda akan melihat beberapa opsi di bagian bawah layar, seperti “Pemutar”, “Pustaka”, “Cari”, “Radio”, dan “Minggu Ini”. Ketuk opsi “Pustaka” untuk melanjutkan.

Langkah 3: Pilih “Lagu”

Selanjutnya, Anda akan melihat beberapa kategori di bagian atas layar, seperti “Lagu”, “Artis”, “Album”, “Lagu Unduhan”, dan lain-lain. Pilih opsi “Lagu” untuk melihat daftar semua lagu yang ada di iPhone Anda.

Langkah 4: Cari Lagu yang Ingin Dihapus

Setelah Anda memilih opsi “Lagu”, Anda akan melihat daftar semua lagu yang ada di iPhone Anda. Gulir ke bawah atau gunakan fitur pencarian di bagian atas layar untuk menemukan lagu yang ingin Anda hapus.

Langkah 5: Ketuk dan Tahan Lagu

Setelah Anda menemukan lagu yang ingin dihapus, ketuk dan tahan lagu tersebut. Setelah beberapa saat, Anda akan melihat opsi tambahan muncul di sekitar lagu.

Langkah 6: Pilih “Hapus dari Pustaka”

Di antara opsi tambahan yang muncul setelah Anda menahan lagu adalah “Hapus dari Pustaka”. Ketuk opsi ini untuk menghapus lagu dari iPhone Anda.

Langkah 7: Menghapus Lagu yang Diunduh

Jika lagu yang ingin Anda hapus adalah lagu yang diunduh dari Apple Music atau diimpor ke iPhone Anda, Anda akan melihat opsi tambahan lainnya seperti “Hapus dari Perangkat Ini” atau “Hapus Unduhan”. Pilih opsi ini jika Anda ingin menghapus lagu tersebut secara permanen dari iPhone Anda.

Langkah 8: Konfirmasi Penghapusan

Setelah Anda memilih opsi “Hapus dari Pustaka” atau opsi serupa, Anda akan melihat pesan konfirmasi yang meminta Anda untuk mengonfirmasi penghapusan lagu tersebut. Ketuk opsi “Hapus” atau “Ya” untuk mengonfirmasi.

Langkah 9: Lagu Berhasil Dihapus

Setelah Anda mengonfirmasi penghapusan, lagu tersebut akan dihapus dari iPhone Anda. Anda akan melihat bahwa lagu tersebut tidak lagi muncul dalam daftar lagu di aplikasi Musik.

Langkah 10: Menghapus Lagu Melalui Pengaturan

Selain menghapus lagu langsung melalui aplikasi Musik, Anda juga dapat menghapus lagu melalui pengaturan iPhone Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 11: Buka Pengaturan

Buka aplikasi “Pengaturan” di iPhone Anda. Anda dapat menemukan ikon aplikasi Pengaturan di layar beranda atau dalam folder “Aplikasi”. Ketuk ikon tersebut untuk membuka pengaturan.

Langkah 12: Pilih “Umum”

Setelah Anda membuka aplikasi Pengaturan, Anda akan melihat beberapa opsi seperti “Wi-Fi”, “Bluetooth”, “Umum”, dan lain-lain. Gulir ke bawah dan pilih opsi “Umum”.

Langkah 13: Pilih “Penyimpanan iPhone”

Setelah Anda memilih opsi “Umum”, Anda akan melihat beberapa opsi lainnya. Pilih opsi “Penyimpanan iPhone” untuk melanjutkan.

Langkah 14: Pilih “Musik”

Setelah Anda memilih opsi “Penyimpanan iPhone”, Anda akan melihat daftar aplikasi dan data yang menggunakan ruang penyimpanan di iPhone Anda. Pilih opsi “Musik” untuk melanjutkan.

Langkah 15: Pilih “Semua Lagu”

Setelah Anda memilih opsi “Musik”, Anda akan melihat daftar semua lagu yang ada di iPhone Anda. Pilih opsi “Semua Lagu” untuk melihat daftar lengkap.

Langkah 16: Pilih Lagu yang Ingin Dihapus

Setelah Anda memilih opsi “Semua Lagu”, Anda akan melihat daftar semua lagu yang ada di iPhone Anda. Gulir ke bawah dan temukan lagu yang ingin Anda hapus.

Langkah 17: Pilih “Hapus Lagu”

Setelah Anda menemukan lagu yang ingin dihapus, pilih opsi “Hapus Lagu” di sebelah kanan lagu tersebut. Anda akan melihat tanda centang di sebelah opsi tersebut.

Langkah 18: Konfirmasi Penghapusan

Setelah Anda memilih opsi “Hapus Lagu”, Anda akan melihat pesan konfirmasi yang meminta Anda untuk mengonfirmasi penghapusan lagu tersebut. Ketuk opsi “Hapus Lagu” untuk mengonfirmasi.

Langkah 19: Lagu Berhasil Dihapus

Setelah Anda mengonfirmasi penghapusan, lagu tersebut akan dihapus dari iPhone Anda. Anda akan melihat bahwa lagu tersebut tidak lagi muncul dalam daftar lagu di aplikasi Musik.

Kesimpulan

Menghapus lagu di iPhone tidaklah sulit. Anda dapat menghapus lagu langsung melalui aplikasi Musik atau melalui pengaturan iPhone. Dengan mengikuti panduan lengkap ini, Anda dapat dengan mudah mengelola musik di iPhone Anda dan membuat daftar putar yang lebih teratur. Selain itu, dengan menghapus lagu yang tidak lagi Anda dengarkan, Anda juga dapat menghemat ruang penyimpanan di iPhone Anda. Jadi, ikuti langkah-langkah di atas dan mulailah menghapus lagu yang tidak Anda perlukan di iPhone Anda sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *