General

Cara Menghidupkan Layar iPhone dengan Ketukan

×

Cara Menghidupkan Layar iPhone dengan Ketukan

Share this article

Apakah Anda pernah mengalami masalah saat ingin menghidupkan layar iPhone, tetapi tombol power-nya tidak berfungsi? Jangan khawatir, ada trik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghidupkan layar iPhone dengan mudah. Caranya adalah dengan menggunakan ketukan pada bagian belakang iPhone Anda. Berikut adalah cara menghidupkan layar iPhone dengan ketukan.

1. Pastikan iPhone Anda Tidak Benar-Benar Mati

Sebelum mencoba cara ini, pastikan iPhone Anda tidak benar-benar mati karena kehabisan baterai. Coba sambungkan iPhone Anda ke charger dan biarkan selama beberapa menit. Jika layar iPhone masih tidak menyala setelah beberapa saat, maka Anda bisa mencoba cara ini.

2. Pastikan iPhone Anda Tidak dalam Mode DFU atau Recovery

Jika iPhone Anda dalam mode DFU atau recovery, maka cara ini tidak akan berhasil. Pastikan iPhone Anda dalam keadaan normal sebelum mencoba cara ini. Jika iPhone Anda dalam mode DFU atau recovery, Anda bisa keluar dari mode tersebut dengan cara menekan tombol home dan power selama beberapa detik hingga logo Apple muncul.

3. Letakkan iPhone Anda di Permukaan yang Rata

Sebelum melakukan ketukan, pastikan iPhone Anda dalam posisi yang benar. Letakkan iPhone Anda di permukaan yang rata dan keras, seperti meja atau lantai. Pastikan iPhone Anda tidak terlalu dekat dengan tepi permukaan, agar tidak jatuh saat Anda melakukan ketukan.

4. Lakukan Ketukan pada Bagian Belakang iPhone

Sekarang saatnya untuk melakukan ketukan pada bagian belakang iPhone. Ketuklah bagian belakang iPhone dengan lembut menggunakan jari-jari Anda. Lakukan ketukan sebanyak 3-4 kali dengan jarak yang sama. Pastikan ketukan Anda cukup kuat untuk menggerakkan komponen dalam iPhone, tetapi jangan terlalu keras hingga merusak iPhone Anda.

5. Coba Hidupkan Layar iPhone Anda

Setelah melakukan ketukan, coba hidupkan layar iPhone Anda dengan menekan tombol power. Jika layar iPhone Anda menyala, maka Anda berhasil menghidupkan layar iPhone dengan ketukan. Jika tidak, Anda bisa mencoba cara ini beberapa kali lagi atau membawa iPhone Anda ke service center terdekat untuk diperbaiki.

6. Kenapa Cara Ini Bisa Berhasil?

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa cara ini bisa berhasil? Sebenarnya, ketukan pada bagian belakang iPhone bisa membuat komponen dalam iPhone bergeser sedikit, sehingga bisa mengaktifkan tombol power yang mungkin macet atau tidak berfungsi. Namun, cara ini tidak bisa dijadikan solusi jangka panjang, karena bisa merusak komponen dalam iPhone Anda jika dilakukan terlalu sering atau terlalu keras.

7. Tips Menghindari Masalah Tombol Power pada iPhone

Jika Anda sering mengalami masalah dengan tombol power pada iPhone, berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari masalah tersebut:

  • Bersihkan tombol power secara teratur dengan kain lembut atau cotton bud yang telah dibasahi dengan sedikit alkohol.
  • Jangan terlalu sering menekan tombol power dengan keras atau terlalu cepat, karena bisa merusak tombol tersebut.
  • Jangan terlalu sering mengisi baterai iPhone hingga 100%, karena bisa memperpendek umur baterai dan memicu overheat yang bisa merusak komponen dalam iPhone.
  • Gunakan casing yang berkualitas untuk melindungi iPhone Anda dari benturan atau jatuh.

Kesimpulan

Cara menghidupkan layar iPhone dengan ketukan bisa menjadi solusi sementara jika tombol power iPhone Anda tidak berfungsi. Namun, cara ini tidak bisa dijadikan solusi jangka panjang, karena bisa merusak komponen dalam iPhone Anda. Jika masalah tombol power pada iPhone terjadi terus-menerus, sebaiknya Anda membawa iPhone Anda ke service center terdekat untuk diperbaiki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *