Teknologi

Cara Mengubah Subtitle di Youtube

×

Cara Mengubah Subtitle di Youtube

Share this article

Apa Itu Subtitle di Youtube?

Subtitle di Youtube adalah teks yang ditampilkan di bagian bawah video untuk memberikan terjemahan atau transkrip dari apa yang dikatakan oleh pembicara dalam video tersebut. Subtitle sangat penting karena dapat membantu pemirsa yang memiliki gangguan pendengaran atau yang tidak mengerti bahasa yang digunakan dalam video.

Manfaat Mengubah Subtitle di Youtube

Mengubah subtitle di Youtube memiliki manfaat yang banyak. Pertama, subtitle dapat meningkatkan aksesibilitas video Anda. Dengan adanya subtitle, orang dengan gangguan pendengaran dapat tetap menikmati konten video Anda. Selain itu, subtitle juga membantu orang yang tidak mengerti bahasa yang digunakan dalam video untuk memahami isi dari video tersebut.

Langkah-langkah Mengubah Subtitle di Youtube

Berikut ini adalah langkah-langkah mengubah subtitle di Youtube:

1. Buka Video yang Ingin Anda Beri Subtitle

Pertama, buka video yang ingin Anda beri subtitle di Youtube. Pastikan Anda sudah masuk ke akun Youtube Anda.

2. Klik Ikon Subtitle

Setelah membuka video, klik ikon subtitle yang berada di bawah video. Biasanya, ikon ini berbentuk gambar pensil.

3. Pilih Bahasa Subtitle

Setelah mengklik ikon subtitle, pilih bahasa subtitle yang ingin Anda tambahkan. Youtube menyediakan berbagai bahasa yang dapat dipilih.

4. Klik Buat Baru

Setelah memilih bahasa subtitle, klik tombol “Buat Baru” untuk membuat subtitle baru untuk video Anda.

5. Tulis Subtitle

Setelah itu, tulis teks subtitle di kolom yang tersedia. Pastikan Anda mengetik subtitle dengan benar dan sesuai dengan apa yang dikatakan dalam video.

6. Atur Waktu Subtitle

Setelah menulis teks subtitle, atur waktu munculnya subtitle dengan mengklik tombol “Mulai” dan “Selesai” di sebelah teks subtitle. Pastikan waktu munculnya subtitle sesuai dengan waktu yang tepat dalam video.

7. Simpan Subtitle

Setelah menulis dan mengatur waktu subtitle, klik tombol “Simpan” untuk menyimpan subtitle yang telah Anda buat.

8. Publikasikan Subtitle

Setelah menyimpan subtitle, klik tombol “Publikasikan” untuk mempublikasikan subtitle ke video Anda. Subtitle akan muncul di bagian bawah video saat video diputar.

Catatan Penting dalam Mengubah Subtitle di Youtube

Ada beberapa catatan penting yang perlu Anda perhatikan dalam mengubah subtitle di Youtube:

1. Gunakan Bahasa yang Benar

Pastikan menggunakan bahasa yang benar dan baku dalam menulis subtitle. Hindari penggunaan bahasa slang atau istilah yang sulit dipahami oleh pemirsa.

2. Periksa Kembali Tulisan Subtitle

Sebelum menyimpan subtitle, periksa kembali tulisan subtitle yang telah Anda buat. Pastikan tidak ada kesalahan pengetikan atau kesalahan dalam menerjemahkan teks.

3. Sesuaikan Waktu Subtitle dengan Tepat

Pastikan waktu munculnya subtitle sesuai dengan waktu yang tepat dalam video. Jangan sampai subtitle muncul terlalu cepat atau terlambat.

4. Jaga Konsistensi Subtitle

Jaga konsistensi dalam penggunaan gaya penulisan subtitle. Misalnya, jika Anda menggunakan tanda baca dalam subtitle pertama, gunakan juga tanda baca dalam subtitle-subtitle berikutnya.

5. Pantau Komentar dan Saran dari Pemirsa

Pantau komentar dan saran yang diberikan oleh pemirsa terkait subtitle yang Anda buat. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan kualitas subtitle di video Anda.

Kesimpulan

Mengubah subtitle di Youtube sangat penting untuk meningkatkan aksesibilitas dan pemahaman video Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat dengan mudah mengubah subtitle di video Youtube Anda. Pastikan untuk menggunakan bahasa yang benar dan memeriksa kembali subtitle sebelum mempublikasikannya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *