Teknologi

Cara Mudah Screenshot di Samsung Galaxy A13

×

Cara Mudah Screenshot di Samsung Galaxy A13

Share this article

Bagi pengguna Samsung Galaxy A13, mengambil tangkapan layar atau screenshot merupakan hal yang penting dalam berbagai situasi. Entah itu untuk membagikan informasi penting, menyimpan momen di layar, atau mengatasi masalah dengan perangkat Anda. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara melakukan screenshot di Samsung Galaxy A13, artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah yang mudah diikuti.

Metode 1: Menggunakan Tombol Fisik

Metode pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy A13 adalah dengan menggunakan kombinasi tombol fisik yang ada pada perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Pastikan layar yang ingin Anda tangkap sudah terbuka dan tampil dengan jelas.

2. Tekan tombol Power (tombol yang biasanya berada di sisi kanan perangkat) dan tombol Volume Down (tombol yang biasanya berada di sisi kiri perangkat) secara bersamaan. Tahan kedua tombol tersebut selama beberapa detik.

3. Perangkat Anda akan membuat suara shutter atau mengeluarkan getaran untuk menandakan bahwa tangkapan layar berhasil diambil.

4. Untuk melihat tangkapan layar yang baru saja Anda ambil, buka aplikasi Galeri di perangkat Anda dan temukan folder “Tangkapan Layar” atau “Screenshots”.

Metode 2: Menggunakan Gestur Tangan

Metode kedua yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy A13 adalah dengan menggunakan gestur tangan. Untuk menggunakan metode ini, pastikan fitur gestur tangan sudah diaktifkan di perangkat Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka menu Pengaturan di perangkat Anda.

2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Gerakan dan Gestur”. Ketuk opsi ini untuk membukanya.

3. Di dalam menu “Gerakan dan Gestur”, cari dan ketuk opsi “Screenshot dengan Tap Tangan”.

4. Aktifkan fitur ini dengan menggeser tombol pengaturan ke posisi “On”.

5. Kembali ke layar utama perangkat Anda dan pastikan layar yang ingin Anda tangkap sudah terbuka.

6. Bawa telapak tangan Anda ke arah layar dengan jari terbuka dan rapatkan kembali jari-jari Anda seperti sedang memukul atau membentuk genggaman. Pastikan telapak tangan Anda menyentuh layar perangkat.

7. Perangkat Anda akan membuat suara shutter atau mengeluarkan getaran untuk menandakan bahwa tangkapan layar berhasil diambil.

8. Seperti pada metode sebelumnya, untuk melihat tangkapan layar, buka aplikasi Galeri dan temukan folder “Tangkapan Layar” atau “Screenshots”.

Metode 3: Menggunakan Panel Pemberitahuan

Metode ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy A13 adalah dengan menggunakan panel pemberitahuan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka layar yang ingin Anda tangkap.

2. Tarik panel pemberitahuan dari bagian atas layar ke bawah. Anda dapat melakukannya dengan menggeser jari dari bagian atas layar ke bawah atau dengan menggunakan dua jari dan menggesernya secara bersamaan.

3. Di dalam panel pemberitahuan, cari tombol “Screenshot” atau ikon kamera yang menggambarkan tangkapan layar. Ketuk tombol atau ikon ini.

4. Perangkat Anda akan membuat suara shutter atau mengeluarkan getaran untuk menandakan bahwa tangkapan layar berhasil diambil.

5. Buka aplikasi Galeri untuk melihat tangkapan layar yang baru saja Anda ambil.

Kesimpulan

Itulah tiga metode yang dapat Anda gunakan untuk mengambil screenshot di Samsung Galaxy A13. Anda dapat memilih metode yang paling nyaman atau sesuai dengan preferensi Anda. Dengan menguasai cara mengambil screenshot, Anda dapat dengan mudah berbagi informasi, menyimpan momen, atau menyelesaikan masalah dengan perangkat Samsung Galaxy A13 Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *