General

Cara Upload Video ke Youtube Lewat Laptop

×

Cara Upload Video ke Youtube Lewat Laptop

Share this article

Youtube adalah salah satu platform video terbesar di dunia yang memiliki jutaan pengguna aktif setiap harinya. Tak heran jika banyak orang yang ingin membagikan video mereka di platform ini. Nah, pada artikel kali ini, saya akan membahas cara upload video ke Youtube lewat laptop dengan mudah dan cepat.

1. Siapkan File Video

Sebelum memulai upload video, pastikan kamu sudah memiliki file video yang ingin diupload ke Youtube. Video bisa berformat MP4, AVI, atau MOV. Pastikan file video yang kamu miliki memiliki kualitas yang baik dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

2. Login ke Akun Youtube

Setelah kamu siap dengan file video, langkah selanjutnya adalah login ke akun Youtube kamu melalui browser di laptop. Jika kamu belum memiliki akun Youtube, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu.

3. Klik Tombol “Upload Video”

Setelah berhasil login, klik tombol “Upload Video” yang terdapat di pojok kanan atas layar Youtube. Kemudian akan muncul halaman baru yang berisi instruksi upload video.

4. Pilih File Video yang Akan diupload

Pada halaman instruksi upload video, klik tombol “Select Files” untuk memilih file video yang akan diupload dari laptop kamu. Setelah itu, pilih file video yang sudah kamu siapkan sebelumnya dan tunggu hingga proses upload selesai.

5. Isi Informasi Video

Setelah proses upload video selesai, kamu akan diminta untuk mengisi informasi tentang video yang akan diupload. Beberapa informasi yang perlu diisi antara lain judul video, deskripsi, dan tag. Pastikan kamu memberikan informasi yang jelas dan relevan dengan video yang diupload.

6. Tentukan Privasi Video

Setelah mengisi informasi video, kamu akan diminta untuk menentukan privasi video. Kamu bisa memilih untuk membuat video menjadi publik, tidak terdaftar, atau hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu.

7. Tambahkan Thumbnail Video

Setelah menentukan privasi video, kamu bisa menambahkan thumbnail video. Thumbnail video akan menjadi gambar sampul video dan menjadi tampilan pertama saat orang membuka video kamu. Pastikan kamu memilih thumbnail yang menarik dan relevan dengan video yang diupload.

8. Tambahkan Anotasi

Selanjutnya, kamu bisa menambahkan anotasi pada video kamu. Anotasi adalah teks atau gambar yang muncul di dalam video. Kamu bisa menambahkan anotasi untuk memperjelas atau memberikan informasi tambahan pada video kamu.

9. Tambahkan Kartu Video

Kartu video adalah fitur yang memungkinkan kamu untuk menambahkan informasi atau tautan pada video kamu. Kamu bisa menambahkan kartu video untuk mempromosikan video lain atau membagikan informasi tambahan pada video kamu.

10. Tambahkan Subtitle Video

Jika video kamu memiliki dialog atau bahasa yang berbeda, kamu bisa menambahkan subtitle untuk mempermudah orang yang menonton video kamu. Youtube memiliki fitur untuk menambahkan subtitle pada video kamu.

11. Tambahkan Musik Latar

Jika kamu ingin menambahkan musik latar pada video kamu, Youtube memiliki fitur untuk menambahkan musik latar pada video. Kamu bisa memilih musik latar yang disediakan oleh Youtube atau mengupload musik latar sendiri.

12. Preview Video

Setelah semua informasi dan fitur sudah ditambahkan, kamu bisa melihat preview video sebelum mempublikasikannya. Pastikan video kamu sudah sesuai dengan keinginan dan harapan kamu sebelum dipublikasikan.

13. Publish Video

Jika kamu sudah yakin dan puas dengan video kamu, klik tombol “Publish” untuk mempublikasikan video kamu di Youtube. Setelah itu, video kamu akan tersedia untuk ditonton oleh semua orang di seluruh dunia.

14. Bagikan Video

Setelah video kamu dipublikasikan, kamu bisa membagikan video kamu ke berbagai platform sosial media untuk meningkatkan jumlah penonton. Kamu bisa membagikan video kamu ke Facebook, Twitter, atau platform sosial media lainnya.

15. Promosikan Video

Jika kamu ingin meningkatkan jumlah penonton video kamu, kamu bisa mempromosikan video kamu melalui berbagai cara. Kamu bisa menggunakan Google Ads, membagikan video kamu ke grup atau forum yang sesuai dengan topik video kamu, atau menggunakan platform promosi video lainnya.

16. Gunakan SEO

Untuk meningkatkan jumlah penonton video kamu, kamu bisa menggunakan teknik SEO atau optimasi mesin pencari. Kamu bisa menggunakan kata kunci yang relevan dengan video kamu pada judul, deskripsi, dan tag video kamu. Hal ini akan membuat video kamu lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang mencari video dengan kata kunci yang sama.

17. Jangan Melanggar Hak Cipta

Saat memilih musik latar atau gambar untuk video kamu, pastikan kamu tidak melanggar hak cipta. Gunakan hanya musik atau gambar yang memiliki lisensi bebas atau kamu memiliki hak untuk menggunakannya.

18. Perhatikan Durasi Video

Perhatikan durasi video kamu saat mengupload ke Youtube. Pastikan durasi video tidak terlalu panjang atau terlalu pendek. Video yang terlalu panjang akan membuat orang cepat merasa bosan, sedangkan video yang terlalu pendek tidak akan memberikan informasi yang cukup pada orang yang menonton.

19. Perhatikan Kualitas Video

Perhatikan kualitas video kamu saat mengupload ke Youtube. Pastikan video kamu memiliki kualitas yang baik dan dapat ditonton dengan jelas oleh orang yang menonton. Video dengan kualitas buruk akan membuat orang cepat bosan dan tidak tertarik untuk menonton.

20. Perhatikan Ukuran Video

Perhatikan ukuran video kamu saat mengupload ke Youtube. Pastikan ukuran video tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Video yang terlalu besar akan memakan ruang penyimpanan dan waktu upload yang lama, sedangkan video yang terlalu kecil akan kehilangan kualitas saat ditonton oleh orang yang menonton.

21. Perhatikan Kategori Video

Pilih kategori video yang sesuai dengan topik video kamu. Hal ini akan memudahkan orang untuk menemukan video kamu dan meningkatkan jumlah penonton.

22. Perhatikan Komentar dan Respon

Perhatikan komentar dan respon dari orang yang menonton video kamu. Balas komentar dan respon dengan sopan dan profesional. Hal ini akan meningkatkan reputasi kamu di Youtube dan membuat orang lebih tertarik untuk menonton video kamu.

23. Perhatikan Statistik Video

Perhatikan statistik video kamu untuk mengetahui jumlah penonton, like, dislike, dan komentar dari video kamu. Hal ini akan membantu kamu untuk mengetahui seberapa sukses video kamu di Youtube.

24. Perhatikan Keamanan Akun

Perhatikan keamanan akun Youtube kamu. Jangan berikan informasi akun kepada orang yang tidak dikenal atau mencurigakan. Gunakan password yang kuat dan berbeda dengan akun lain yang kamu miliki.

25. Gunakan Fitur Youtube Lainnya

Gunakan fitur Youtube lainnya seperti Youtube Stories atau Youtube Live untuk mempromosikan video kamu atau berinteraksi dengan penonton kamu secara langsung.

26. Evaluasi Video Kamu

Evaluasi video kamu secara rutin untuk mengetahui seberapa sukses video kamu di Youtube. Gunakan informasi dari evaluasi untuk meningkatkan kualitas video kamu dan meningkatkan jumlah penonton.

27. Jadilah Kreatif

Jadilah kreatif dan berinovasi saat membuat video kamu. Buat video yang menarik dan unik agar orang lebih tertarik untuk menonton video kamu.

28. Konsisten

Jadilah konsisten dalam membuat video baru dan menguploadnya ke Youtube. Hal ini akan membuat penonton kamu lebih tertarik dan setia untuk menonton video kamu.

29. Jangan Menyerah

Jangan menyerah jika video kamu tidak berhasil di Youtube. Teruslah mencoba dan berinovasi untuk membuat video yang lebih baik dan menarik.

30. Kesimpulan

Itulah cara upload video ke Youtube lewat laptop dengan mudah dan cepat. Pastikan kamu mengikuti semua langkah dan memperhatikan hal-hal yang perlu diperhatikan saat mengupload video ke Youtube. Semoga artikel ini bermanfaat dan sukses untuk upload video kamu di Youtube!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *