General

CNN Meluncurkan Berita Televisi 24 Jam Pertama di Dunia

×

CNN Meluncurkan Berita Televisi 24 Jam Pertama di Dunia

Share this article

Pada tanggal 1 Juni 1980, CNN meluncurkan siaran berita televisi 24 jam pertama di dunia. Ini adalah tonggak sejarah yang mengubah industri media dan membawa perubahan besar dalam cara kita menerima dan mengonsumsi berita.

Sejarah CNN

CNN didirikan oleh Ted Turner pada tahun 1980 sebagai tanggapan terhadap kurangnya liputan berita internasional yang memadai di media Amerika saat itu. Turner, seorang pengusaha dan mantan pemilik tim bisbol Atlanta Braves, melihat peluang dalam pasar berita televisi dan memutuskan untuk meluncurkan jaringan berita 24 jam pertama di dunia.

Sejak peluncuran, CNN telah menjadi salah satu jaringan berita terkemuka di dunia dengan jangkauan global yang luas. CNN telah meliput peristiwa-peristiwa besar seperti Perang Teluk, Serangan 11 September, Tsunami Aceh, dan banyak lagi.

Pengaruh CNN

Seiring dengan peluncuran CNN, industri media mengalami perubahan besar dalam cara berita disajikan dan dikonsumsi. Sebelumnya, berita disiarkan hanya pada waktu-waktu tertentu dan terbatas pada beberapa saluran televisi. Dengan peluncuran CNN, orang dapat mengakses berita kapan saja, di mana saja, dan dari mana saja.

CNN juga memperkenalkan gaya jurnalistik baru yang lebih cepat dan lebih interaktif. Mereka menggabungkan liputan langsung dengan wawancara, analisis, dan laporan investigasi. Ini membuat CNN menjadi sumber berita yang lebih lengkap dan menyajikan berita dalam cara yang lebih menarik dan informatif.

Peluncuran Berita Televisi 24 Jam Pertama di Dunia

Pada tanggal 1 Juni 1980, CNN meluncurkan siaran berita televisi 24 jam pertama di dunia. Peluncuran ini sangat dinanti-nantikan dan disiarkan langsung di seluruh Amerika Serikat.

Peluncuran ini menjadi peristiwa besar dalam sejarah media dan dianggap sebagai tonggak sejarah yang sangat penting. Dalam beberapa jam setelah peluncuran, CNN menerima ribuan panggilan dari pemirsa yang ingin tahu lebih banyak tentang jaringan berita baru ini.

Perkembangan Berita Televisi 24 Jam

Setelah CNN meluncurkan siaran berita televisi 24 jam pertama di dunia, banyak jaringan berita lainnya mengikuti jejak CNN. MSNBC dan Fox News Channel adalah dua jaringan berita di Amerika Serikat yang meluncurkan siaran 24 jam setelah CNN.

Di seluruh dunia, banyak jaringan berita juga mengadopsi format 24 jam setelah melihat kesuksesan CNN. BBC News 24 di Inggris, Sky News di Australia, dan Al Jazeera di Qatar adalah beberapa contoh jaringan berita yang meluncurkan siaran 24 jam setelah CNN.

Kesimpulan

Peluncuran berita televisi 24 jam pertama di dunia oleh CNN pada tanggal 1 Juni 1980 adalah tonggak sejarah yang mengubah industri media. Ini membawa perubahan besar dalam cara kita menerima dan mengonsumsi berita. CNN memperkenalkan format 24 jam dan gaya jurnalistik baru yang lebih interaktif dan informatif. Peluncuran ini juga mempengaruhi industri media secara global dan banyak jaringan berita lainnya mengikuti jejak CNN untuk meluncurkan siaran 24 jam mereka sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *