General

Contoh Perubahan Fisika dan Kimia

×

Contoh Perubahan Fisika dan Kimia

Share this article

Perubahan adalah salah satu hal yang pasti terjadi dalam kehidupan. Begitu pula dengan perubahan yang terjadi pada benda-benda di sekitar kita. Ada perubahan yang terjadi secara alami dan ada pula yang terjadi karena campur tangan manusia. Dalam ilmu fisika dan kimia, perubahan dibedakan menjadi dua jenis yaitu perubahan fisika dan perubahan kimia. Berikut adalah beberapa contoh perubahan fisika dan kimia yang sering terjadi di sekitar kita.

Perubahan Fisika

Perubahan fisika adalah perubahan yang terjadi pada suatu benda tanpa mengubah sifat-sifat kimiawi dari benda tersebut. Berikut adalah beberapa contoh perubahan fisika:

1. Perubahan Warna

Perubahan warna adalah perubahan fisika yang terjadi pada suatu benda karena adanya pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Contohnya adalah daun yang berubah warna menjadi kuning pada musim gugur.

2. Perubahan Bentuk

Perubahan bentuk adalah perubahan fisika yang terjadi pada suatu benda karena adanya pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Contohnya adalah es yang mencair menjadi air saat ditempatkan di lingkungan yang hangat.

3. Perubahan Volume

Perubahan volume adalah perubahan fisika yang terjadi pada suatu benda karena adanya pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Contohnya adalah udara yang memuai ketika terkena panas dan menyusut ketika terkena dingin.

4. Perubahan Suhu

Perubahan suhu adalah perubahan fisika yang terjadi pada suatu benda karena adanya pengaruh dari lingkungan sekitarnya. Contohnya adalah air yang menguap saat dipanaskan dan membeku saat didinginkan.

Perubahan Kimia

Perubahan kimia adalah perubahan yang terjadi pada suatu benda yang mengubah sifat-sifat kimiawi dari benda tersebut. Berikut adalah beberapa contoh perubahan kimia:

1. Reaksi Oksidasi

Reaksi oksidasi adalah perubahan kimia yang terjadi pada suatu benda karena adanya reaksi dengan oksigen. Contohnya adalah besi yang berkarat karena bereaksi dengan oksigen di udara.

2. Reaksi Reduksi

Reaksi reduksi adalah perubahan kimia yang terjadi pada suatu benda karena adanya pengurangan jumlah elektron dalam molekul tersebut. Contohnya adalah logam yang teroksidasi menjadi senyawa logam oksida.

3. Reaksi Penggabungan

Reaksi penggabungan adalah perubahan kimia yang terjadi pada suatu benda karena adanya penggabungan dua atau lebih bahan kimia. Contohnya adalah pembakaran bahan bakar seperti bensin dan minyak.

4. Reaksi Penguraian

Reaksi penguraian adalah perubahan kimia yang terjadi pada suatu benda karena adanya penguraian molekul menjadi molekul yang lebih sederhana. Contohnya adalah pembusukan bahan organik seperti buah dan sayuran.

Kesimpulan

Perubahan fisika dan kimia adalah dua jenis perubahan yang terjadi pada suatu benda. Perubahan fisika adalah perubahan yang terjadi pada suatu benda tanpa mengubah sifat-sifat kimiawi dari benda tersebut, sedangkan perubahan kimia adalah perubahan yang terjadi pada suatu benda yang mengubah sifat-sifat kimiawi dari benda tersebut. Dalam kehidupan sehari-hari, kita seringkali melihat dan mengalami perubahan fisika dan kimia yang terjadi di sekitar kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *