General

Contoh Susunan Acara Pernikahan Islami

×

Contoh Susunan Acara Pernikahan Islami

Share this article

Pernikahan merupakan momen sakral dalam kehidupan manusia, terutama bagi pasangan yang menjalankan agama Islam. Pada momen tersebut, banyak sekali acara yang harus dipersiapkan oleh kedua belah pihak keluarga. Acara pernikahan Islami biasanya diawali dengan prosesi lamaran, akad nikah, hingga resepsi pernikahan. Nah, bagi kamu yang ingin mengadakan pernikahan Islami, berikut ini adalah contoh susunan acara pernikahan Islami yang bisa kamu jadikan referensi.

Prosesi Lamaran

Prosesi lamaran merupakan tahapan awal dalam acara pernikahan Islami. Pada tahap ini, pihak laki-laki akan datang ke rumah calon mempelai perempuan untuk melamar dan meminta restu kepada keluarga calon mempelai perempuan. Berikut ini adalah contoh susunan acara prosesi lamaran:

1. Doa Bersama Keluarga

Sebelum memulai prosesi lamaran, lakukan doa bersama keluarga agar acara berjalan lancar dan diberikan keselamatan oleh Allah SWT.

2. Penyerahan Mahar

Pihak laki-laki akan menyerahkan mahar kepada calon mempelai perempuan sebagai tanda keseriusan dalam menjalankan hubungan pernikahan.

3. Makan Bersama dan Bincang-bincang

Setelah penyerahan mahar, dilakukan makan bersama dan bincang-bincang antara kedua belah pihak keluarga untuk membicarakan persiapan pernikahan selanjutnya.

Akad Nikah

Akad nikah adalah tahap kedua dalam acara pernikahan Islami, di mana kedua belah pihak keluarga menyepakati pernikahan dan menandatangani akad nikah. Berikut ini adalah contoh susunan acara akad nikah:

1. Doa Bersama

Sebelum memulai akad nikah, lakukan doa bersama agar acara berjalan lancar dan diberikan keselamatan oleh Allah SWT.

2. Sambutan

Dilakukan sambutan oleh pihak keluarga dan penghulu untuk menyambut kedua mempelai dan tamu undangan.

3. Pidato

Penghulu akan memberikan pidato mengenai arti pernikahan Islami dan pentingnya menjalankan pernikahan sesuai dengan ajaran agama Islam.

4. Akad Nikah

Kedua mempelai akan melakukan akad nikah dan menandatangani buku nikah sebagai tanda sahnya pernikahan.

5. Doa Bersama

Setelah akad nikah selesai dilakukan, lakukan doa bersama agar pernikahan bisa berjalan dengan lancar dan mendapat ridha dari Allah SWT.

Resepsi Pernikahan

Resepsi pernikahan merupakan tahap terakhir dalam acara pernikahan Islami. Pada tahap ini, kedua mempelai dan keluarga besar akan mengundang tamu undangan untuk merayakan momen bahagia mereka. Berikut ini adalah contoh susunan acara resepsi pernikahan:

1. Doa Bersama

Sebelum memulai acara resepsi pernikahan, lakukan doa bersama agar acara berjalan lancar dan diberikan keselamatan oleh Allah SWT.

2. Penerimaan Tamu

Keluarga besar dan kedua mempelai akan menerima tamu undangan yang datang dengan ramah dan sopan.

3. Tumpeng dan Kue Pengantin

Bagikan tumpeng dan kue pengantin kepada tamu undangan sebagai tanda terima kasih atas kehadiran mereka dalam momen bahagia tersebut.

4. Sambutan

Dilakukan sambutan oleh pihak keluarga dan kedua mempelai untuk mengucapkan terima kasih kepada tamu undangan dan berbagi cerita tentang momen bahagia mereka.

5. Hiburan

Bagikan hiburan seperti tari-tarian dan lagu-lagu Islami sebagai hiburan bagi tamu undangan.

6. Doa Bersama

Sebelum acara resepsi pernikahan berakhir, lakukan doa bersama agar kebahagiaan pasangan tersebut terus terjaga dan mendapat ridha dari Allah SWT.

Kesimpulan

Demikianlah contoh susunan acara pernikahan Islami yang bisa kamu jadikan referensi. Ingat, dalam menjalankan pernikahan, selalu berpegang pada ajaran agama Islam dan jangan lupa memohon restu dari Allah SWT serta kedua orang tua. Selamat menikmati momen bahagia pernikahanmu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *