General

Daftar Rusun di Jakarta: Solusi Hunian Murah bagi Masyarakat

×

Daftar Rusun di Jakarta: Solusi Hunian Murah bagi Masyarakat

Share this article

Jakarta, sebagai ibu kota negara Indonesia, merupakan kota yang berkembang pesat dan memiliki tingkat urbanisasi yang tinggi. Seiring dengan perkembangan kota yang pesat, kebutuhan akan hunian yang murah semakin dirasakan masyarakat. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang daftar rusun di Jakarta sebagai solusi bagi masyarakat yang membutuhkan hunian murah.

Apa itu Rusun?

Rusun (Rumah Susun) adalah suatu bentuk hunian vertikal berupa apartemen yang dibangun oleh pemerintah dan disubsidi untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Rusun biasanya terdiri dari beberapa lantai dan memiliki fasilitas seperti ruang tamu, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi.

Manfaat Tinggal di Rusun

Tinggal di rusun memiliki banyak manfaat bagi masyarakat. Pertama, tinggal di rusun dapat mengurangi biaya hidup karena harga sewa rusun lebih murah dibandingkan dengan apartemen atau rumah konvensional. Kedua, rusun dilengkapi dengan fasilitas umum seperti taman bermain, pusat kebugaran, dan tempat parkir yang membuat hidup lebih nyaman. Ketiga, rusun biasanya terletak di pusat kota sehingga akses ke berbagai sarana dan prasarana seperti transportasi, pusat perbelanjaan, dan tempat kerja lebih mudah.

Daftar Rusun di Jakarta

Berikut adalah daftar rusun di Jakarta yang dapat menjadi solusi bagi masyarakat yang membutuhkan hunian murah:

1. Rusunawa Marunda

Rusunawa Marunda terletak di Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Rusunawa Marunda memiliki 19 lantai dan terdiri dari 1.296 unit. Rusunawa Marunda dilengkapi dengan fasilitas umum seperti taman bermain, pusat kebugaran, dan tempat parkir. Harga sewa rusun di Rusunawa Marunda mulai dari Rp 300.000,- per bulan.

2. Rusunawa Kalideres

Rusunawa Kalideres terletak di Kelurahan Kalideres, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat. Rusunawa Kalideres memiliki 18 lantai dan terdiri dari 1.152 unit. Rusunawa Kalideres dilengkapi dengan fasilitas umum seperti taman bermain, pusat kebugaran, dan tempat parkir. Harga sewa rusun di Rusunawa Kalideres mulai dari Rp 300.000,- per bulan.

3. Rusunawa Pulogebang

Rusunawa Pulogebang terletak di Kelurahan Cakung Timur, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Rusunawa Pulogebang memiliki 16 lantai dan terdiri dari 1.088 unit. Rusunawa Pulogebang dilengkapi dengan fasilitas umum seperti taman bermain, pusat kebugaran, dan tempat parkir. Harga sewa rusun di Rusunawa Pulogebang mulai dari Rp 300.000,- per bulan.

4. Rusunawa Koja

Rusunawa Koja terletak di Kelurahan Rawa Badak Utara, Kecamatan Koja, Jakarta Utara. Rusunawa Koja memiliki 22 lantai dan terdiri dari 1.584 unit. Rusunawa Koja dilengkapi dengan fasilitas umum seperti taman bermain, pusat kebugaran, dan tempat parkir. Harga sewa rusun di Rusunawa Koja mulai dari Rp 300.000,- per bulan.

5. Rusunawa Tambora

Rusunawa Tambora terletak di Kelurahan Tambora, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat. Rusunawa Tambora memiliki 23 lantai dan terdiri dari 1.610 unit. Rusunawa Tambora dilengkapi dengan fasilitas umum seperti taman bermain, pusat kebugaran, dan tempat parkir. Harga sewa rusun di Rusunawa Tambora mulai dari Rp 300.000,- per bulan.

Cara Daftar Rusun di Jakarta

Untuk mendaftar rusun di Jakarta, masyarakat dapat mengajukan permohonan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) setempat atau melalui website resmi dari Dinas Perkim. Setelah mengajukan permohonan, masyarakat akan diproses oleh pihak Dinas Perkim dan akan diberikan informasi terkait dengan status aplikasi.

Kesimpulan

Rusun di Jakarta merupakan solusi bagi masyarakat yang membutuhkan hunian murah di pusat kota. Rusun dilengkapi dengan fasilitas umum yang membuat hidup lebih nyaman dan terdapat banyak pilihan rusun di Jakarta yang dapat dipilih. Masyarakat dapat melakukan pendaftaran rusun melalui Dinas Perkim setempat atau melalui website resmi dari Dinas Perkim.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *