Teknologi

Daftar Versi OS Android dan Fitur Unggulannya

×

Daftar Versi OS Android dan Fitur Unggulannya

Share this article

Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem operasi Android juga terus mengalami pembaruan dan pengembangan. Setiap versi baru dari OS Android menawarkan fitur-fitur baru yang lebih canggih dan inovatif. Dalam artikel ini, kita akan membahas daftar versi OS Android beserta fitur-fitur unggulannya.

1. Android 1.5 Cupcake

Versi pertama Android yang dikenal dengan nama Cupcake ini diluncurkan pada bulan April 2009. Fitur unggulannya antara lain adanya keyboard virtual, kemampuan untuk mengunggah video ke YouTube, serta dukungan untuk widget dan live wallpaper.

2. Android 1.6 Donut

Android Donut dirilis pada bulan September 2009. Versi ini memiliki fitur-fitur seperti pencarian suara, galeri foto yang lebih baik, serta dukungan untuk teknologi CDMA.

3. Android 2.0/2.1 Eclair

Versi Eclair diluncurkan pada bulan Oktober 2009. Fitur-fitur unggulannya termasuk kemampuan multitouch, kamera digital yang ditingkatkan, serta dukungan untuk HTML5.

4. Android 2.2 Froyo

Froyo, atau Android 2.2, dirilis pada bulan Mei 2010. Versi ini memperkenalkan fitur-fitur seperti tethering USB dan hotspot Wi-Fi, serta dukungan untuk Adobe Flash Player.

5. Android 2.3 Gingerbread

Gingerbread diluncurkan pada bulan Desember 2010. Fitur-fitur unggulannya meliputi antarmuka pengguna yang ditingkatkan, kemampuan NFC (Near Field Communication), serta dukungan untuk VoIP (Voice over IP).

6. Android 3.0/3.1/3.2 Honeycomb

Honeycomb, versi Android khusus untuk tablet, dirilis pada bulan Februari 2011. Fitur-fitur unggulannya mencakup antarmuka pengguna yang dioptimalkan untuk tablet, dukungan untuk multitasking yang lebih baik, serta browser web yang ditingkatkan.

7. Android 4.0 Ice Cream Sandwich

Versi Ice Cream Sandwich diluncurkan pada bulan Oktober 2011. Fitur-fitur unggulannya meliputi antarmuka pengguna yang lebih modern, kemampuan face unlock, serta pembaruan pada aplikasi kamera dan galeri foto.

8. Android 4.1/4.2/4.3 Jelly Bean

Jelly Bean dirilis pada bulan Juli 2012. Versi ini membawa fitur-fitur seperti Google Now, notifikasi yang ditingkatkan, serta kemampuan untuk mengatur batasan pengguna pada perangkat.

9. Android 4.4 KitKat

Versi KitKat diluncurkan pada bulan Oktober 2013. Fitur-fitur unggulannya antara lain antarmuka pengguna yang lebih lancar, dukungan untuk mesin pencari Google Now, serta pembaruan pada aplikasi pesan dan telepon.

10. Android 5.0/5.1 Lollipop

Lollipop dirilis pada bulan November 2014. Fitur-fitur unggulannya mencakup Material Design, notifikasi yang lebih interaktif, serta pembaruan pada baterai dan kinerja sistem.

11. Android 6.0 Marshmallow

Marshmallow diluncurkan pada bulan Oktober 2015. Fitur-fitur unggulannya termasuk fitur penghemat baterai Doze, izin aplikasi yang lebih cermat, serta dukungan untuk sensor sidik jari.

12. Android 7.0/7.1 Nougat

Nougat dirilis pada bulan Agustus 2016. Versi ini membawa fitur-fitur seperti multi-window, mode Doze yang diperbarui, serta pembaruan pada notifikasi dan antarmuka pengguna.

13. Android 8.0/8.1 Oreo

Oreo diluncurkan pada bulan Agustus 2017. Fitur-fitur unggulannya mencakup kemampuan autofill, peringatan aplikasi yang lebih baik, serta dukungan untuk gambar dalam gambar.

14. Android 9.0 Pie

Pie dirilis pada bulan Agustus 2018. Fitur-fitur unggulannya termasuk navigasi gerakan, mode malam yang ditingkatkan, serta kecerdasan buatan yang terintegrasi.

15. Android 10

Versi terbaru dari Android, Android 10, dirilis pada bulan September 2019. Fitur-fitur unggulannya mencakup tema gelap sistem, navigasi gesek, serta kontrol privasi yang lebih baik.

Dengan pembaruan yang terus dilakukan pada sistem operasi Android, pengguna dapat menikmati fitur-fitur terbaru dan peningkatan kinerja pada perangkat mereka. Setiap versi OS Android memiliki keunggulan dan fitur-fitur yang berbeda, sehingga pengguna dapat memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi mereka.

Demikianlah daftar versi OS Android beserta fitur-fitur unggulannya. Dengan memahami perkembangan sistem operasi ini, pengguna dapat memaksimalkan pengalaman menggunakan perangkat Android mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *