General

Ekspansi Islam di Spanyol pada Zaman Dinasti Bani Umayah

×

Ekspansi Islam di Spanyol pada Zaman Dinasti Bani Umayah

Share this article

Pada abad ke-7, Dinasti Bani Umayah berkuasa di Timur Tengah dan Afrika Utara. Mereka memperluas wilayah kekuasaan mereka hingga ke Spanyol dan Portugal. Ekspansi ini diawali oleh penaklukan wilayah Tariq ibn Ziyad pada tahun 711 Masehi.

Penaklukan Spanyol oleh Tariq ibn Ziyad

Tariq ibn Ziyad adalah jenderal Arab yang dipimpin oleh Musa ibn Nusair, gubernur Afrika Utara untuk menaklukan Spanyol. Mereka membawa pasukan sebanyak 7.000 orang dan berhasil menaklukan wilayah Andalusia di selatan Spanyol.

Tariq ibn Ziyad kemudian mendirikan kota Gibraltar yang diambil dari namanya, Jabal Tariq. Kota ini menjadi pusat kekuasaan Islam di Spanyol. Penaklukan ini membuka pintu bagi ekspansi Islam ke seluruh Spanyol.

Ekspansi Islam di Spanyol

Setelah penaklukan Andalusia, ekspansi Islam dilanjutkan oleh jenderal Arab lainnya seperti Abdurrahman I, yang mendirikan kota Cordoba sebagai pusat kekuasaan Islam di Spanyol.

Abdurrahman I juga membangun Masjid Cordoba yang menjadi salah satu masjid terbesar di dunia saat itu. Masjid ini menjadi simbol kekuasaan Islam di Spanyol.

Pada abad ke-10, Spanyol dikuasai oleh Kekhalifahan Umayyah di Cordoba. Kejayaan kekhalifahan ini mencapai puncaknya di bawah pemerintahan Abdurrahman III.

Pengaruh Islam di Spanyol

Ekspansi Islam di Spanyol membawa pengaruh besar terhadap budaya dan arsitektur Spanyol. Masjid, istana, dan bangunan-bangunan lainnya dibangun dengan gaya arsitektur Islam yang khas.

Banyak istilah Spanyol berasal dari bahasa Arab seperti “alcohol”, “adobe”, dan “olive”. Seni, sastra, dan ilmu pengetahuan juga berkembang pesat di bawah kekuasaan Islam di Spanyol.

Perang Salib di Spanyol

Pada abad ke-13, Spanyol diserbu oleh tentara Kristen dari Eropa Barat dalam perang Salib. Perang ini bertujuan untuk merebut kembali wilayah Spanyol dari kekuasaan Islam.

Perang Salib berlangsung selama beberapa abad dan mengakibatkan banyak kerusakan pada bangunan-bangunan Islam di Spanyol. Namun, pengaruh Islam tetap terlihat pada budaya dan arsitektur Spanyol hingga kini.

Kesimpulan

Ekspansi Islam di Spanyol pada zaman Dinasti Bani Umayah membawa pengaruh besar terhadap budaya dan arsitektur Spanyol. Meskipun terjadi perang Salib yang mengakibatkan kerusakan pada bangunan-bangunan Islam di Spanyol, pengaruh Islam tetap terlihat hingga kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *