General

Eksterior Kantor: Membuat Kantor Anda Lebih Menarik dan Profesional

×

Eksterior Kantor: Membuat Kantor Anda Lebih Menarik dan Profesional

Share this article

Eksterior kantor adalah salah satu aspek penting dalam menciptakan citra perusahaan yang profesional. Tampilan luar kantor yang menarik dapat memberikan kesan positif kepada klien dan calon klien. Selain itu, eksterior kantor juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan karyawan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang eksterior kantor dan bagaimana membuatnya lebih menarik dan profesional.

1. Menentukan Konsep Desain

Sebelum memulai proyek eksterior kantor, pastikan Anda memiliki konsep desain yang jelas. Konsep desain akan membantu Anda menentukan gaya arsitektur, warna, material, dan aksesoris yang akan digunakan. Sebaiknya, konsep desain tersebut sejalan dengan nilai-nilai perusahaan dan visi misi Anda.

2. Memperhatikan Fungsi dan Kebutuhan

Sebagai pemilik perusahaan, pastikan Anda memperhatikan fungsi dan kebutuhan kantor Anda. Pertimbangkan jumlah karyawan, ruang parkir, taman, dan area publik. Pastikan desain eksterior kantor dapat memenuhi kebutuhan tersebut.

3. Memilih Warna yang Tepat

Warna adalah elemen penting dalam desain eksterior kantor. Warna yang dipilih harus mencerminkan citra perusahaan dan konsep desain yang Anda miliki. Sebaiknya, pilih warna yang netral seperti putih, abu-abu, atau biru tua yang dapat memberikan kesan profesional dan elegan.

4. Menggunakan Material Berkualitas

Pemilihan material yang tepat dapat mempengaruhi tampilan luar kantor Anda. Pastikan material yang digunakan memiliki kualitas yang baik dan tahan lama. Material yang sering digunakan untuk eksterior kantor adalah kaca, kayu, batu, dan beton.

5. Menambahkan Aksesoris

Aksesoris seperti lampu, papan nama, dan tanaman dapat memberikan sentuhan kreatif pada eksterior kantor Anda. Pastikan aksesoris yang dipilih sejalan dengan konsep desain dan citra perusahaan Anda.

6. Menggunakan Penerangan yang Baik

Penerangan yang baik dapat membuat kantor Anda terlihat lebih menarik dan profesional. Pastikan Anda menggunakan lampu yang cukup terang dan sesuai dengan konsep desain Anda.

7. Memperhatikan Taman dan Area Publik

Taman dan area publik dapat membuat kantor Anda terlihat lebih hijau dan sehat. Pastikan taman dan area publik terawat dengan baik dan memiliki desain yang menarik.

8. Menyediakan Ruang Parkir yang Cukup

Ruang parkir yang cukup dapat memudahkan karyawan dan klien ketika mengunjungi kantor Anda. Pastikan ruang parkir yang tersedia cukup besar dan mudah diakses.

9. Menambahkan Sentuhan Seni

Sentuhan seni seperti mural atau patung dapat memberikan kesan kreatif dan menarik pada eksterior kantor Anda. Pastikan sentuhan seni yang dipilih sejalan dengan konsep desain dan citra perusahaan Anda.

10. Memperbaiki Jalan Masuk

Jalan masuk yang rusak atau tidak rapi dapat memberikan kesan buruk pada kantor Anda. Pastikan jalan masuk terawat dengan baik dan mudah dilalui oleh karyawan dan klien.

11. Menjaga Kebersihan dan Kerapihan

Kebersihan dan kerapihan kantor sangat penting untuk menciptakan citra perusahaan yang profesional. Pastikan eksterior kantor selalu bersih dan rapi.

12. Menambahkan Fasilitas untuk Karyawan

Fasilitas seperti tempat duduk atau tempat merokok dapat membuat karyawan merasa lebih nyaman di luar kantor. Pastikan fasilitas yang disediakan cukup untuk memenuhi kebutuhan karyawan Anda.

13. Memperhatikan Fungsi Ruangan

Fungsi ruangan kantor juga harus diperhatikan dalam desain eksterior. Pastikan ruangan yang terlihat dari luar dapat memberikan gambaran yang jelas tentang fungsi ruangan tersebut.

14. Menggunakan Teknologi

Teknologi seperti digital signage atau proyektor dapat membuat eksterior kantor Anda terlihat lebih modern dan interaktif. Pastikan teknologi yang digunakan sejalan dengan konsep desain dan citra perusahaan Anda.

15. Menambahkan Bangunan Baru

Terkadang, menambahkan bangunan baru dapat memberikan tampilan yang segar dan menarik pada eksterior kantor Anda. Pastikan bangunan baru yang ditambahkan sejalan dengan konsep desain dan citra perusahaan Anda.

16. Memilih Desain yang Tepat untuk Tipe Bangunan

Tipe bangunan kantor Anda juga harus diperhatikan dalam memilih desain eksterior. Pastikan desain yang dipilih sesuai dengan tipe bangunan kantor Anda.

17. Menggunakan Desain yang Unik

Desain yang unik dapat membuat kantor Anda terlihat lebih menarik dan berbeda dari kantor lainnya. Namun, pastikan desain yang dipilih tidak terlalu berlebihan dan tetap sesuai dengan konsep desain yang Anda miliki.

18. Memperhatikan Pemandangan Sekitar

Pemandangan sekitar kantor Anda juga harus diperhatikan dalam desain eksterior. Pastikan desain eksterior kantor Anda dapat memaksimalkan pemandangan yang ada di sekitarnya.

19. Menjaga Konsistensi

Desain eksterior kantor harus konsisten dengan desain interior kantor dan citra perusahaan Anda. Pastikan desain eksterior kantor Anda dapat menggambarkan identitas perusahaan Anda secara konsisten.

20. Menambahkan Logo Perusahaan

Logo perusahaan dapat memberikan identitas yang jelas pada eksterior kantor Anda. Pastikan logo perusahaan Anda terpasang dengan jelas dan sesuai dengan konsep desain yang Anda miliki.

21. Menggunakan Material Ramah Lingkungan

Pemilihan material yang ramah lingkungan dapat memperkuat citra perusahaan yang peduli pada lingkungan. Pastikan material yang digunakan memiliki sertifikasi ramah lingkungan seperti LEED atau Green Star.

22. Memperhatikan Keseimbangan dan Proporsi

Keseimbangan dan proporsi adalah hal penting dalam desain eksterior kantor. Pastikan desain eksterior kantor Anda memiliki keseimbangan yang baik dan proporsi yang sesuai.

23. Menggunakan Pintu dan Jendela yang Baik

Pintu dan jendela adalah elemen penting dalam desain eksterior kantor. Pastikan pintu dan jendela yang digunakan berkualitas baik dan dapat memberikan tampilan yang menarik pada eksterior kantor Anda.

24. Menjaga Keselamatan dan Keamanan

Keselamatan dan keamanan kantor harus diperhatikan dalam desain eksterior. Pastikan desain eksterior kantor Anda memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan seperti pencahayaan, CCTV, dan sistem alarm.

25. Menggunakan Teknik Pencahayaan yang Baik

Teknik pencahayaan yang baik dapat membuat eksterior kantor Anda terlihat lebih menarik dan elegan. Pastikan teknik pencahayaan yang digunakan sesuai dengan konsep desain dan citra perusahaan Anda.

26. Memperhatikan Efisiensi Energi

Pemilihan material dan teknik pencahayaan yang tepat dapat meningkatkan efisiensi energi kantor Anda. Pastikan desain eksterior kantor Anda memperhatikan aspek efisiensi energi.

27. Menggunakan Perangkat Lunak Desain Arsitektur

Perangkat lunak desain arsitektur seperti AutoCAD atau SketchUp dapat membantu Anda merancang eksterior kantor dengan lebih mudah dan akurat. Pastikan Anda memilih perangkat lunak yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

28. Menjaga Fungsi dan Estetika

Fungsi dan estetika harus selalu dijaga dalam desain eksterior kantor. Pastikan desain eksterior kantor Anda dapat memenuhi fungsi dan sekaligus memiliki tampilan yang menarik dan profesional.

29. Memperhatikan Budget yang Tersedia

Budget yang tersedia juga harus diperhatikan dalam desain eksterior kantor. Pastikan desain eksterior kantor Anda sesuai dengan budget yang tersedia.

30. Menggunakan Jasa Profesional

Menggunakan jasa profesional seperti arsitek atau kontraktor dapat memudahkan Anda dalam merancang dan membangun eksterior kantor yang menarik dan profesional. Pastikan Anda memilih jasa profesional yang berkualitas dan memiliki pengalaman dalam bidang desain eksterior kantor.

Kesimpulan

Desain eksterior kantor adalah hal yang penting dalam menciptakan citra perusahaan yang profesional dan menarik. Dalam merancang eksterior kantor, pastikan Anda memperhatikan konsep desain, fungsi dan kebutuhan, warna, material, aksesoris, penerangan, taman dan area publik, ruang parkir, dan fasilitas untuk karyawan. Selain itu, pastikan desain eksterior kantor Anda konsisten dengan desain interior kantor dan citra perusahaan Anda. Terakhir, pastikan Anda menggunakan jasa profesional untuk memudahkan Anda dalam merancang dan membangun eksterior kantor Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *