General

Fisiografi China: Keindahan Geografi Negara Tirai Bambu

×

Fisiografi China: Keindahan Geografi Negara Tirai Bambu

Share this article

China adalah salah satu negara terbesar di dunia dengan banyak keindahan alam yang luar biasa. Fisiografi China memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan negara lainnya. Keunikan geografi China ini membuatnya menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di dunia. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai fisiografi China.

1. Pegunungan Himalaya

Pegunungan Himalaya adalah pegunungan tertinggi di dunia yang melintasi beberapa negara, termasuk China. Bagian pegunungan Himalaya yang berada di China dikenal dengan sebutan Pegunungan Himalaya Tiongkok atau Pegunungan Kunlun. Bagian ini memiliki puncak tertinggi di China, yakni Gunung Everest. Selain itu, pegunungan Himalaya juga menjadi habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna yang langka.

2. Padang Rumput Inner Mongolia

Inner Mongolia adalah salah satu provinsi di China yang terkenal dengan padang rumputnya yang luas. Padang rumput ini terbentang hingga ke negara-negara tetangga seperti Mongolia dan Rusia. Padang rumput Inner Mongolia memiliki keindahan alam yang memukau, seperti bukit pasir, oasis, dan hutan pinus. Selain itu, padang rumput ini juga menjadi tempat berkembang biak bagi beberapa spesies hewan, seperti kuda liar dan kambing liar.

3. Lembah Yarlung Tsangpo

Lembah Yarlung Tsangpo adalah lembah terdalam di dunia yang berada di Tibet, China. Lembah ini menjadi jalur aliran Sungai Yarlung Tsangpo yang menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia. Lembah Yarlung Tsangpo memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti tebing-tebing curam, air terjun, dan hutan hijau yang lebat.

4. Danau Qinghai

Danau Qinghai adalah danau terbesar di China yang terletak di wilayah Qinghai. Danau ini memiliki luas sekitar 4.317 kilometer persegi dan kedalaman mencapai 25 meter. Danau Qinghai memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti airnya yang biru dan jernih, serta pemandangan pegunungan yang indah di sekitarnya. Danau Qinghai juga menjadi habitat bagi beberapa spesies ikan dan burung yang langka.

5. Pegunungan Zhangjiajie

Pegunungan Zhangjiajie adalah pegunungan yang terletak di provinsi Hunan, China. Pegunungan ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti formasi batu kapur yang unik, danau-danau kecil yang jernih, serta vegetasi yang lebat. Pegunungan Zhangjiajie juga menjadi tempat inspirasi bagi film Avatar yang terkenal.

6. Gunung Tai

Gunung Tai adalah gunung suci yang terletak di provinsi Shandong, China. Gunung Tai memiliki ketinggian sekitar 1.545 meter di atas permukaan laut. Gunung Tai memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler, serta pepohonan dan vegetasi yang lebat. Gunung Tai juga memiliki nilai sejarah yang tinggi sebagai tempat peribadatan di masa lalu.

7. Danau Namtso

Danau Namtso adalah danau terbesar kedua di Tibet, China. Danau ini memiliki luas sekitar 1.920 kilometer persegi dan kedalaman mencapai 33 meter. Danau Namtso memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti airnya yang biru jernih, serta pemandangan pegunungan dan langit yang indah di sekitarnya. Danau Namtso juga menjadi tempat ziarah bagi umat Buddha di Tibet.

8. Hutan Jiuzhaigou

Hutan Jiuzhaigou adalah hutan yang terletak di provinsi Sichuan, China. Hutan ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti air terjun yang cantik, danau-danau kecil yang jernih, serta vegetasi yang lebat. Hutan Jiuzhaigou juga menjadi tempat hidup bagi beberapa spesies hewan yang langka, seperti panda merah dan golden monkey.

9. Gunung Wudang

Gunung Wudang adalah gunung yang terletak di provinsi Hubei, China. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.612 meter di atas permukaan laut. Gunung Wudang memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler, serta pepohonan dan vegetasi yang lebat. Gunung Wudang juga memiliki nilai sejarah yang tinggi sebagai tempat peribadatan di masa lalu.

10. Lembah Shangri-La

Lembah Shangri-La adalah lembah yang terletak di provinsi Yunnan, China. Lembah ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti pegunungan hijau yang indah dan air terjun yang cantik. Lembah Shangri-La juga menjadi tempat berkembang biak bagi beberapa spesies hewan yang langka, seperti burung merak dan panda.

11. Gunung Huangshan

Gunung Huangshan adalah gunung yang terletak di provinsi Anhui, China. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 1.864 meter di atas permukaan laut. Gunung Huangshan memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler, serta formasi batu kapur yang unik. Gunung Huangshan juga menjadi inspirasi bagi seni lukis tradisional China.

12. Lembah Three Gorges

Lembah Three Gorges adalah lembah yang terletak di Sungai Yangtze, China. Lembah ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti tebing-tebing curam yang menjulang tinggi, air terjun yang spektakuler, serta vegetasi yang lebat. Lembah Three Gorges juga menjadi tempat berlabuh bagi kapal-kapal pesiar yang berlayar di Sungai Yangtze.

13. Danau Lop Nur

Danau Lop Nur adalah danau yang terletak di wilayah Xinjiang, China. Danau ini merupakan danau garam terbesar kedua di dunia. Danau Lop Nur memiliki keindahan alam yang unik, seperti padang pasir yang luas dan langit biru yang cerah. Danau Lop Nur juga menjadi tempat penelitian bagi para ilmuwan karena memiliki keunikan tersendiri.

14. Pegunungan Tianshan

Pegunungan Tianshan adalah pegunungan yang melintasi beberapa negara Asia Tengah, termasuk China. Bagian pegunungan Tianshan yang berada di China memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler, serta vegetasi dan hutan yang lebat. Pegunungan Tianshan juga menjadi habitat bagi beberapa spesies hewan yang langka, seperti salju leopard dan beruang coklat.

15. Gunung Hua

Gunung Hua adalah gunung yang terletak di provinsi Shaanxi, China. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.154 meter di atas permukaan laut. Gunung Hua memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti formasi batu kapur yang unik dan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler. Gunung Hua juga menjadi tempat peribadatan bagi umat Taoisme di China.

16. Danau Dongting

Danau Dongting adalah danau yang terletak di provinsi Hunan, China. Danau ini memiliki luas sekitar 2.820 kilometer persegi dan kedalaman mencapai 17 meter. Danau Dongting memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti airnya yang biru jernih dan pemandangan pegunungan yang indah di sekitarnya. Danau Dongting juga menjadi tempat berkembang biak bagi beberapa spesies ikan dan burung yang langka.

17. Hutan Xishuangbanna

Hutan Xishuangbanna adalah hutan yang terletak di provinsi Yunnan, China. Hutan ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti air terjun yang cantik, danau-danau kecil yang jernih, serta vegetasi yang lebat. Hutan Xishuangbanna juga menjadi tempat hidup bagi beberapa spesies hewan yang langka, seperti gajah Asia dan harimau.

18. Pegunungan Taihang

Pegunungan Taihang adalah pegunungan yang melintasi beberapa provinsi di China, seperti Shanxi, Henan, dan Hebei. Pegunungan Taihang memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler, serta vegetasi dan hutan yang lebat. Pegunungan Taihang juga menjadi habitat bagi beberapa spesies hewan yang langka, seperti musang dan serow.

19. Lembah Jiuzhai

Lembah Jiuzhai adalah lembah yang terletak di provinsi Sichuan, China. Lembah ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti air terjun yang cantik, danau-danau kecil yang jernih, serta vegetasi yang lebat. Lembah Jiuzhai juga menjadi tempat hidup bagi beberapa spesies hewan yang langka, seperti panda merah dan golden monkey.

20. Gunung Emei

Gunung Emei adalah gunung yang terletak di provinsi Sichuan, China. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 3.099 meter di atas permukaan laut. Gunung Emei memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler, serta pepohonan dan vegetasi yang lebat. Gunung Emei juga menjadi tempat peribadatan bagi umat Buddha di China.

21. Padang Rumput Hulunbuir

Padang Rumput Hulunbuir adalah padang rumput yang terletak di wilayah Inner Mongolia, China. Padang rumput ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti bukit pasir dan oasis yang menarik. Padang rumput Hulunbuir juga menjadi tempat berkembang biak bagi beberapa spesies hewan yang langka, seperti kuda liar dan beruang.

22. Lembah Huanglong

Lembah Huanglong adalah lembah yang terletak di provinsi Sichuan, China. Lembah ini memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti air terjun yang cantik, danau-danau kecil yang jernih, serta vegetasi yang lebat. Lembah Huanglong juga menjadi tempat hidup bagi beberapa spesies hewan yang langka, seperti panda merah dan golden monkey.

23. Gunung Siguniang

Gunung Siguniang adalah gunung yang terletak di provinsi Sichuan, China. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 6.250 meter di atas permukaan laut. Gunung Siguniang memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti pemandangan matahari terbit dan terbenam yang spektakuler, serta pepohonan dan vegetasi yang lebat. Gunung Siguniang juga menjadi tempat pendakian bagi para petualang.

24. Danau Tianchi

Danau Tianchi adalah danau yang terletak di wilayah Xinjiang, China. Danau ini memiliki luas sekitar 5,4 kilometer persegi dan kedalaman mencapai 105 meter. Danau Tianchi memiliki keindahan alam yang menakjubkan, seperti airnya yang biru jernih dan pemandangan pegunungan di sekitarnya. Danau Tianchi juga menjadi tempat ziarah bagi umat Muslim di Xinjiang.

25. Pegunungan Taihang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *