General

Foundation untuk Kulit Berjerawat: Tips Memilih dan Mengaplikasikan

×

Foundation untuk Kulit Berjerawat: Tips Memilih dan Mengaplikasikan

Share this article

Memiliki kulit berjerawat memang bisa menjadi masalah tersendiri bagi beberapa orang. Selain membuat kulit terlihat kusam, jerawat juga bisa mengganggu penampilan. Namun, jangan khawatir! Dengan memilih foundation yang tepat, kamu bisa menyamarkan jerawat dan membuat kulitmu terlihat lebih sehat dan bersinar. Berikut adalah tips memilih dan mengaplikasikan foundation untuk kulit berjerawat.

1. Pilih Foundation dengan Formula Oil-Free

Foundation dengan formula oil-free sangat cocok bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat. Kandungan minyak pada foundation biasa dapat memperparah kondisi kulitmu yang sudah berjerawat. Oleh karena itu, pilihlah foundation yang bebas dari kandungan minyak agar tidak menimbulkan jerawat baru.

2. Pilih Foundation dengan Kandungan Salicylic Acid

Salicylic acid adalah bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi jerawat. Kamu bisa mencari foundation yang mengandung salicylic acid agar bisa membantu mengatasi jerawatmu. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu membersihkan pori-pori kulitmu.

3. Pilih Foundation dengan Coverage yang Sesuai

Setiap orang memiliki tingkat keparahan jerawat yang berbeda-beda. Oleh karena itu, pilihlah foundation dengan coverage yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Jangan terlalu memaksakan foundation dengan coverage penuh jika jerawatmu tidak terlalu parah. Foundation dengan coverage penuh bisa membuat kulit terlihat tebal dan terlihat tidak natural.

4. Pilih Warna Foundation yang Sesuai dengan Kulitmu

Mencari warna foundation yang sesuai dengan kulitmu adalah hal yang sangat penting. Jangan terlalu memaksakan warna foundation yang terlalu terang atau gelap dari kulitmu. Foundation yang tidak sesuai dengan warna kulitmu akan membuat kulitmu terlihat tidak natural dan tidak merata.

5. Gunakan Primer Sebelum Mengaplikasikan Foundation

Sebelum mengaplikasikan foundation, gunakan primer terlebih dahulu. Primer akan membantu menyamarkan pori-pori dan membuat foundation lebih tahan lama. Kamu bisa memilih primer dengan kandungan silikon untuk menyamarkan pori-pori kulitmu.

6. Gunakan Beauty Blender untuk Mengaplikasikan Foundation

Beauty blender adalah alat yang sangat berguna untuk mengaplikasikan foundation. Alat ini akan membantu foundation menempel lebih baik pada kulitmu dan membuat hasil riasanmu lebih natural. Selain itu, beauty blender juga bisa membantu menghindari terjadinya gesekan pada kulitmu yang bisa memperparah kondisi jerawat.

7. Hindari Menggabungkan Foundation dengan Produk Lain yang Mengandung Minyak

Jangan menggabungkan foundation dengan produk lain seperti moisturizer atau sunscreen yang mengandung minyak. Kandungan minyak pada produk lain bisa membuat foundation menjadi mudah luntur dan tidak tahan lama. Selain itu, penggunaan produk yang mengandung minyak juga bisa memperparah jerawatmu.

8. Jangan Terlalu Sering Mengaplikasikan Foundation

Mengaplikasikan foundation terlalu sering bisa membuat kulitmu terasa berat dan terlihat tebal. Selain itu, penggunaan foundation yang berlebihan juga bisa membuat pori-pori kulitmu tersumbat dan memperparah kondisi jerawatmu.

9. Bersihkan Wajah dengan Baik Sebelum Mengaplikasikan Foundation

Sebelum mengaplikasikan foundation, pastikan wajahmu sudah bersih dari kotoran dan minyak. Bersihkan wajah dengan baik dan gunakan toner untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel pada wajahmu. Hal ini akan membuat foundation lebih mudah menempel pada kulitmu dan hasil riasanmu lebih tahan lama.

10. Pilih Foundation dengan SPF

Foundation dengan kandungan SPF bisa membantu melindungi kulitmu dari sinar UV yang berbahaya. Sinar UV bisa memperparah kondisi jerawatmu dan membuat kulitmu terlihat kusam. Oleh karena itu, pilihlah foundation dengan kandungan SPF untuk melindungi kulitmu dari sinar UV.

11. Gunakan Concealer untuk Menyamarkan Jerawat yang Sulit Ditutupi

Jika ada jerawat yang sulit ditutupi dengan foundation, kamu bisa menggunakan concealer. Concealer bisa membantu menyamarkan jerawat yang sulit ditutupi oleh foundation. Gunakan concealer dengan warna yang sedikit lebih terang dari warna foundationmu agar hasilnya lebih natural.

12. Gunakan Setting Powder untuk Mengunci Foundation

Setelah mengaplikasikan foundation, gunakan setting powder untuk mengunci foundation. Hal ini akan membuat foundation lebih tahan lama dan tidak mudah luntur. Pilihlah setting powder yang tidak mengandung minyak agar tidak memperparah kondisi jerawatmu.

13. Jangan Menggunakan Foundation Terlalu Tebal pada Bagian yang Berjerawat

Jika kamu memiliki jerawat yang parah pada suatu area, jangan terlalu memaksakan penggunaan foundation pada area tersebut. Terlalu tebalnya foundation pada area yang berjerawat bisa membuat jerawatmu semakin meradang. Gunakan coverage yang lebih ringan pada area tersebut atau gunakan concealer untuk menyamarkan jerawatnya.

14. Cuci Beauty Blender secara Rutin

Jangan lupa untuk membersihkan beauty blender secara rutin. Alat ini sering digunakan untuk mengaplikasikan foundation sehingga cepat terkontaminasi kuman dan bakteri. Cuci beauty blender setiap kali setelah digunakan atau minimal seminggu sekali agar terhindar dari infeksi bakteri pada kulitmu.

15. Jangan Menekan Terlalu Kuat saat Mengaplikasikan Foundation

Jangan menekan terlalu kuat saat mengaplikasikan foundation pada wajahmu. Tekanan yang terlalu kuat bisa membuat pori-pori kulitmu tersumbat dan memperparah kondisi jerawatmu. Gunakan tekanan yang lembut saat mengaplikasikan foundation pada wajahmu.

16. Pilih Foundation dengan Kandungan Vitamin E

Vitamin E adalah bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk membantu mengatasi jerawat. Kamu bisa mencari foundation yang mengandung vitamin E untuk membantu merawat kulitmu. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu menjaga kelembapan kulitmu.

17. Hindari Menggunakan Foundation yang Mengandung Alkohol Berlebih

Foundation yang mengandung alkohol berlebih bisa membuat kulitmu menjadi kering dan iritasi. Kulit yang kering dan iritasi bisa memperparah kondisi jerawatmu. Oleh karena itu, hindari menggunakan foundation yang mengandung alkohol berlebih.

18. Pilih Foundation dengan Kandungan Aloe Vera

Aloe vera adalah bahan alami yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk membantu mengatasi jerawat. Kamu bisa mencari foundation yang mengandung aloe vera untuk membantu merawat kulitmu. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu menjaga kelembapan kulitmu.

19. Gunakan Foundation dengan Tekstur yang Ringan

Pilihlah foundation dengan tekstur yang ringan agar tidak membuat kulitmu terasa berat dan terlihat tebal. Foundation dengan tekstur yang ringan akan membuat kulitmu terlihat lebih natural dan tidak terkesan berlebihan.

20. Gunakan Facial Mist untuk Menjaga Kelembapan Kulit

Setelah mengaplikasikan foundation, gunakan facial mist untuk menjaga kelembapan kulitmu. Facial mist akan membantu menjaga kelembapan kulitmu dan membuat hasil riasanmu lebih tahan lama.

21. Pilih Foundation dengan Kandungan Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid adalah bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk menjaga kelembapan kulit. Kamu bisa mencari foundation yang mengandung hyaluronic acid untuk membantu menjaga kelembapan kulitmu. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu meningkatkan elastisitas kulitmu.

22. Hindari Menggunakan Foundation yang Mengandung Fragrance

Foundation yang mengandung fragrance bisa membuat kulitmu menjadi sensitif dan iritasi. Kulit yang sensitif dan iritasi bisa memperparah kondisi jerawatmu. Oleh karena itu, hindari menggunakan foundation yang mengandung fragrance.

23. Pilih Foundation dengan Kandungan Green Tea

Green tea adalah bahan alami yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk membantu mengatasi jerawat. Kamu bisa mencari foundation yang mengandung green tea untuk membantu merawat kulitmu. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu menjaga kelembapan kulitmu.

24. Pilih Foundation dengan Kandungan Retinol

Retinol adalah bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk membantu mengatasi jerawat. Kamu bisa mencari foundation yang mengandung retinol untuk membantu merawat kulitmu. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu memperbaiki kerusakan kulitmu.

25. Hindari Menggunakan Foundation yang Terlalu Beraroma

Foundation yang terlalu beraroma bisa membuat kulitmu menjadi sensitif dan iritasi. Kulit yang sensitif dan iritasi bisa memperparah kondisi jerawatmu. Oleh karena itu, hindari menggunakan foundation yang terlalu beraroma.

26. Pilih Foundation dengan Kandungan Niacinamide

Niacinamide adalah bahan aktif yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk membantu mengatasi jerawat. Kamu bisa mencari foundation yang mengandung niacinamide untuk membantu merawat kulitmu. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu meningkatkan kecerahan kulitmu.

27. Hindari Menggunakan Foundation yang Mengandung Pewarna Buatan

Foundation yang mengandung pewarna buatan bisa membuat kulitmu menjadi sensitif dan iritasi. Kulit yang sensitif dan iritasi bisa memperparah kondisi jerawatmu. Oleh karena itu, hindari menggunakan foundation yang mengandung pewarna buatan.

28. Pilih Foundation dengan Kandungan Tea Tree Oil

Tea tree oil adalah bahan alami yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit untuk membantu mengatasi jerawat. Kamu bisa mencari foundation yang mengandung tea tree oil untuk membantu merawat kulitmu. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu mengurangi kemerahan pada kulitmu.

29. Bersihkan Wajah dengan Baik Setelah Menghapus Riasan

Setelah menghapus riasan, pastikan wajahmu sudah bersih dari kotoran dan minyak. Bersihkan wajah dengan baik dan gunakan toner untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel pada wajahmu. Hal ini akan membantu mencegah terjadinya jerawat baru pada kulitmu.

30. Hindari Menggunakan Foundation yang Terlalu Lama

Foundation yang terlalu lama bisa membuat kulitmu menjadi kusam dan tidak sehat. Oleh karena itu, hindari menggunakan foundation yang sudah terlalu lama. Gantilah foundationmu setiap 6 bulan sekali untuk mendapatkan hasil riasan yang terbaik.

Memilih foundation untuk kulit berjerawat memang tidak mudah. Namun, dengan menggunakan tips-tips di atas, kamu bisa memilih foundation yang tepat untuk kulitmu. Pastikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *