General

Ilmu Finansial Itaewon Class: Belajar Manajemen Keuangan dari Drama Korea

×

Ilmu Finansial Itaewon Class: Belajar Manajemen Keuangan dari Drama Korea

Share this article

Ilmu finansial kini menjadi topik yang semakin populer di kalangan masyarakat. Banyak orang yang ingin belajar bagaimana mengatur keuangan dengan baik agar dapat mencapai kebebasan finansial. Namun, belajar manajemen keuangan tidak selalu harus membosankan dan sulit. Drama Korea Itaewon Class bisa menjadi alternatif yang menyenangkan untuk belajar ilmu finansial.

Cerita Itaewon Class

Itaewon Class merupakan drama Korea yang tayang pada tahun 2020. Cerita ini diadaptasi dari webtoon dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan tentang Park Saeroyi, seorang pria yang bermimpi memiliki restoran sendiri. Namun, impian tersebut terhambat oleh keputusan yang salah dan ia akhirnya dipenjara selama 3 tahun.

Setelah keluar dari penjara, Park Saeroyi bersama dengan teman-temannya memulai bisnis restoran dan berjuang menghadapi berbagai rintangan. Salah satu hal yang menjadi fokus utama cerita ini adalah bagaimana Park Saeroyi dan timnya mengelola keuangan restoran mereka. Mereka harus belajar mengatur keuangan dengan baik agar bisnis mereka dapat bertahan dan berkembang.

Belajar Ilmu Finansial dari Itaewon Class

Dalam Itaewon Class, penonton dapat belajar beberapa hal mengenai manajemen keuangan. Berikut adalah beberapa pelajaran yang dapat diambil:

1. Membuat Rencana Keuangan

Sebelum memulai bisnis, Park Saeroyi membuat rencana keuangan yang matang. Ia menghitung dengan cermat berapa modal yang dibutuhkan untuk membuka restoran dan berapa keuntungan yang diharapkan. Dengan membuat rencana keuangan yang baik, ia dapat meminimalisir risiko kerugian dan memaksimalkan keuntungan.

2. Mengelola Utang

Saat awal-awal membuka restoran, Park Saeroyi dan timnya mengalami kesulitan keuangan. Mereka harus meminjam uang dari rentenir untuk membayar sewa restoran dan membayar gaji karyawan. Namun, mereka tidak hanya meminjam uang sembarangan. Mereka membuat perjanjian dengan rentenir dan mengatur jangka waktu pengembalian utang yang realistis. Dengan begitu, mereka dapat mengelola utang mereka dengan baik dan menghindari masalah keuangan yang lebih besar.

3. Mencatat Pengeluaran dan Pemasukan

Untuk mengelola keuangan dengan baik, Park Saeroyi dan timnya mencatat semua pengeluaran dan pemasukan mereka. Dengan begitu, mereka dapat memantau keuangan restoran mereka dengan lebih teliti. Mereka juga dapat mengetahui bagian mana yang perlu dipotong pengeluarannya dan bagian mana yang perlu ditingkatkan pemasukannya.

4. Menyiapkan Dana Darurat

Saat restoran mereka mengalami masalah keuangan, Park Saeroyi dan timnya dapat bertahan karena mereka telah menyiapkan dana darurat. Mereka menyisihkan sebagian keuntungan untuk dijadikan cadangan jika sewaktu-waktu terjadi keadaan darurat. Dengan begitu, mereka dapat mengatasi masalah keuangan tanpa harus meminjam uang dari rentenir lagi.

Kesimpulan

Drama Korea Itaewon Class bukan hanya menghibur, tetapi juga dapat menjadi sumber belajar ilmu finansial. Dalam cerita tersebut, penonton dapat belajar bagaimana mengelola keuangan dengan baik dalam bisnis. Beberapa pelajaran yang dapat diambil adalah membuat rencana keuangan, mengelola utang, mencatat pengeluaran dan pemasukan, dan menyiapkan dana darurat. Dengan belajar dari Itaewon Class, diharapkan masyarakat dapat mengatur keuangan dengan lebih baik dan mencapai kebebasan finansial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *