General

Jenis-Jenis Acne Scars dan Cara Menghilangkannya

×

Jenis-Jenis Acne Scars dan Cara Menghilangkannya

Share this article

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dialami oleh sebagian besar orang di seluruh dunia. Meskipun jerawat dapat muncul di area mana saja pada wajah, jerawat juga dapat meninggalkan bekas pada kulit yang disebut acne scars. Acne scars dapat sangat mengganggu dan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Namun, ada berbagai jenis acne scars yang dapat terjadi dan berbagai cara untuk menghilangkannya.

Jenis-Jenis Acne Scars

Acne scars terjadi ketika jerawat merusak jaringan kulit dan menyebabkan bekas luka. Berikut ini adalah beberapa jenis acne scars:

1. Ice Pick Scars

Ice pick scars adalah jenis acne scars yang paling umum terjadi. Ice pick scars terlihat seperti lubang kecil pada kulit dan terbentuk ketika jerawat merusak jaringan kulit. Ice pick scars sering kali sulit dihilangkan dengan perawatan rumah, dan memerlukan perawatan profesional.

2. Boxcar Scars

Boxcar scars terlihat seperti bekas jerawat yang lebar dan cekung pada kulit. Boxcar scars terbentuk ketika jerawat merusak kolagen pada kulit. Boxcar scars dapat dihilangkan dengan perawatan profesional seperti laser atau pengisian kolagen.

3. Rolling Scars

Rolling scars terlihat seperti gelombang pada kulit yang terbentuk ketika jaringan kulit terpisah dari jaringan bawahnya. Rolling scars sering kali sulit dihilangkan dengan perawatan rumah, dan memerlukan perawatan profesional seperti pengisian kolagen atau pengangkatan jaringan kulit.

4. Hypertrophic Scars

Hypertrophic scars terlihat seperti pembengkakan pada kulit dan terbentuk ketika jaringan kulit terlalu banyak tumbuh setelah jerawat sembuh. Hypertrophic scars dapat dihilangkan dengan perawatan profesional seperti pengurangan bekas luka atau pengangkatan jaringan kulit.

5. Keloid Scars

Keloid scars terlihat seperti pembengkakan pada kulit dan terbentuk ketika jaringan kulit terlalu banyak tumbuh setelah jerawat sembuh. Keloid scars dapat sangat besar dan sulit dihilangkan dengan perawatan profesional seperti pengurangan bekas luka atau pengangkatan jaringan kulit.

Cara Menghilangkan Acne Scars

Ada berbagai cara untuk menghilangkan acne scars, tergantung pada jenis dan tingkat keparahan bekas luka. Berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan acne scars:

1. Perawatan Rumah

Beberapa perawatan rumah yang dapat membantu menghilangkan acne scars termasuk penggunaan masker wajah yang mengandung bahan seperti madu, minyak kelapa, atau jus lemon. Penggunaan krim pemutih kulit juga dapat membantu mengurangi tampilan bekas luka. Namun, perawatan rumah sering kali tidak efektif untuk jenis acne scars yang lebih parah.

2. Perawatan Medis

Perawatan medis seperti laser dan pengisian kolagen dapat membantu menghilangkan acne scars yang lebih parah. Laser dapat menghilangkan lapisan kulit atas dan mempromosikan pertumbuhan kolagen baru, sedangkan pengisian kolagen dapat membantu mengisi lubang dan bekas jerawat yang dalam. Perawatan medis seperti ini biasanya memerlukan beberapa sesi dan memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama.

3. Pengobatan Kulit

Pengobatan kulit seperti pengelupasan kimia dan dermabrasion dapat membantu menghilangkan lapisan kulit atas dan mempromosikan pertumbuhan kulit baru. Namun, pengobatan kulit dapat menyebabkan kulit teriritasi dan memerlukan waktu pemulihan yang lebih lama.

Kesimpulan

Acne scars dapat sangat mengganggu dan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang. Namun, ada berbagai jenis acne scars yang dapat terjadi dan berbagai cara untuk menghilangkannya. Perawatan rumah dapat membantu menghilangkan acne scars yang ringan, sedangkan perawatan medis dan pengobatan kulit dapat membantu menghilangkan acne scars yang lebih parah. Selalu konsultasikan dengan dokter kulit Anda untuk menentukan perawatan yang terbaik untuk jenis acne scars Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *