General

Kata Kata Bijak Bahasa Lampung

×

Kata Kata Bijak Bahasa Lampung

Share this article

Bahasa Lampung merupakan bahasa daerah yang digunakan oleh masyarakat Lampung di Pulau Sumatra. Bahasa ini memiliki kekayaan kata yang sangat luas, termasuk kata kata bijak yang mengandung makna mendalam. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa kata kata bijak bahasa Lampung yang bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Kata Kata Bijak Tentang Kehidupan

1. Saboh jalan, saboh hukom. Artinya, setiap tindakan yang kita lakukan akan memiliki konsekuensi yang harus kita tanggung. Oleh karena itu, kita harus selalu mempertimbangkan setiap langkah yang kita ambil.

2. Aja nyebut mau, aja nyebut benci. Artinya, jangan pernah terlalu cepat mengatakan apa yang kita inginkan atau benci. Kita harus selalu mempertimbangkan kata kata yang kita ucapkan.

3. Saboh hati, saboh nyawa. Artinya, kita harus selalu menjaga hati dan jiwa kita agar tetap sehat dan bahagia.

Kata Kata Bijak Tentang Kebahagiaan

1. Limpah ka hidup, limpah ka hati. Artinya, kita harus selalu bersyukur atas apa yang kita miliki dalam hidup dan menjaga hati kita agar tetap bahagia.

2. Saboh angin, saboh ujan. Artinya, kebahagiaan dan kesedihan adalah bagian dari hidup. Kita harus bisa menerima keduanya dengan lapang dada.

3. Saboh jalan, saboh hambatan. Artinya, kita harus selalu berusaha menghadapi setiap rintangan dalam hidup dengan tenang dan sabar.

Kata Kata Bijak Tentang Persahabatan

1. Saboh lawan, saboh kawan. Artinya, kita harus selalu menghormati dan menjaga persahabatan dengan setiap orang, baik lawan maupun kawan.

2. Saboh rasa, saboh belas kasih. Artinya, kita harus selalu peduli dan empati terhadap perasaan teman kita.

3. Saboh runding, saboh sepakat. Artinya, dalam menjalin persahabatan, kita harus selalu berdiskusi dan mencapai kesepakatan yang baik bersama-sama.

Kata Kata Bijak Tentang Cinta

1. Saboh cinta, saboh rindu. Artinya, cinta dan rindu adalah bagian dari kehidupan. Kita harus bisa menghadapinya dengan bijak.

2. Saboh hati, saboh perasaan. Artinya, kita harus selalu mempertimbangkan hati dan perasaan kita dalam menjalin hubungan cinta.

3. Saboh janji, saboh janji. Artinya, kita harus selalu menepati janji yang kita buat dalam hubungan cinta.

Kata Kata Bijak Tentang Kerja Keras

1. Saboh kali, saboh hasil. Artinya, setiap usaha yang kita lakukan akan memiliki hasil yang sepadan.

2. Saboh taun, saboh musim. Artinya, dalam bekerja, kita harus selalu mempertimbangkan waktu dan musim yang tepat untuk melakukan sesuatu.

3. Saboh bantuan, saboh doa. Artinya, dalam bekerja, kita harus selalu berdoa dan meminta bantuan kepada Tuhan agar diberi keberhasilan.

Kesimpulan

Kata kata bijak bahasa Lampung memiliki makna yang sangat dalam dan bisa menjadi inspirasi bagi kita semua. Dalam hidup, kita harus selalu menjaga hati dan jiwa kita agar tetap bahagia, menghormati dan menjaga persahabatan dengan setiap orang, menepati janji yang kita buat, bekerja keras dan selalu berdoa kepada Tuhan. Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *