General

Kebijakan Luar Negeri Kertanegara: Mengawali Era Global Indonesia

×

Kebijakan Luar Negeri Kertanegara: Mengawali Era Global Indonesia

Share this article

Pengenalan

Menjadi seorang pemimpin yang bijak dan memiliki visi jauh ke depan adalah impian banyak orang. Itulah yang dicontohkan oleh Raden Wijaya, pendiri Kerajaan Majapahit, dengan menunjuk cucunya, Kertanegara, sebagai penerusnya. Kertanegara memerintah pada abad ke-13 dan dikenal sebagai raja yang memiliki kebijakan luar negeri yang cerdas dan inovatif. Dalam artikel ini, kita akan membahas kebijakan luar negeri Kertanegara dan dampaknya bagi Indonesia pada masa kini.

Pengertian Kebijakan Luar Negeri

Sebelum membahas lebih jauh tentang kebijakan luar negeri Kertanegara, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu kebijakan luar negeri. Kebijakan luar negeri adalah tindakan atau sikap suatu negara terhadap negara lain dalam rangka mencapai tujuan-tujuan tertentu. Kebijakan luar negeri ini meliputi berbagai bidang seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, dan keamanan.

Kehidupan Kertanegara

Sebelum membahas tentang kebijakan luar negeri Kertanegara, ada baiknya kita mengenal lebih jauh tentang kehidupan Kertanegara. Kertanegara adalah putra dari Tohjaya, seorang raja dari Kerajaan Singhasari. Ia lahir pada tahun 1238 dan naik tahta pada usia 27 tahun setelah ayahnya meninggal dunia. Kertanegara adalah raja yang cerdas dan berpendidikan tinggi. Ia juga dikenal sebagai seorang pemimpin yang adil dan memperhatikan kesejahteraan rakyatnya.

Kebijakan Luar Negeri Kertanegara

Sebagai seorang raja yang cerdas, Kertanegara memiliki kebijakan luar negeri yang inovatif pada masanya. Salah satu kebijakan luar negerinya yang terkenal adalah pembukaan hubungan diplomatik dengan negara-negara di luar Nusantara seperti Tiongkok, India, Arab, dan Persia. Selain itu, Kertanegara juga menunjukkan kebijakan luar negeri yang efektif dalam memperluas wilayah kekuasaannya. Ia berhasil menaklukkan pulau Bali dan memperluas wilayah kekuasaannya ke Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi.

Tujuan Kebijakan Luar Negeri Kertanegara

Kertanegara memiliki tujuan-tujuan tertentu dalam kebijakan luar negerinya. Salah satu tujuannya adalah untuk memperkuat posisi Kerajaan Singhasari di kancah internasional. Dengan membuka hubungan diplomatik dengan negara-negara di luar Nusantara, Kertanegara berharap dapat meningkatkan prestise dan pengaruh Kerajaan Singhasari di mata dunia. Selain itu, dengan memperluas wilayah kekuasaannya, Kertanegara juga ingin memperkuat keamanan dan stabilitas internal Kerajaan Singhasari.

Pengaruh Kebijakan Luar Negeri Kertanegara

Kebijakan luar negeri Kertanegara memiliki pengaruh yang besar bagi Indonesia pada masa kini. Salah satu pengaruhnya adalah memperkenalkan Indonesia ke dunia internasional. Dengan membuka hubungan diplomatik dengan negara-negara di luar Nusantara, Kertanegara berhasil memperkenalkan Indonesia ke dunia internasional dan mengangkat nama besar Kerajaan Singhasari di mata dunia. Selain itu, kebijakan luar negeri Kertanegara juga menjadi cikal bakal bagi kebijakan luar negeri Indonesia pada masa kini.

Kesimpulan

Kertanegara adalah seorang raja yang cerdas dan memiliki kebijakan luar negeri yang inovatif pada masanya. Kebijakan luar negeri Kertanegara berhasil memperkuat posisi Kerajaan Singhasari di kancah internasional dan memperluas wilayah kekuasaannya. Pengaruh kebijakan luar negeri Kertanegara masih terasa hingga kini dengan memperkenalkan Indonesia ke dunia internasional dan menjadi cikal bakal bagi kebijakan luar negeri Indonesia pada masa kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *