General

Kecamatan di Wonosobo: Menelusuri Keindahan Alam Wonosobo

×

Kecamatan di Wonosobo: Menelusuri Keindahan Alam Wonosobo

Share this article

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Terdapat banyak sekali tempat wisata yang bisa dikunjungi di Wonosobo. Namun, selain tempat wisata, Wonosobo juga memiliki kecamatan-kecamatan yang menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah beberapa kecamatan di Wonosobo yang bisa Anda jelajahi.

Kecamatan Kaliwiro

Kecamatan Kaliwiro merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Wonosobo. Kecamatan ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, di antaranya adalah Gunung Sumbing, Gunung Prau, dan Curug Cipendok. Selain itu, Kecamatan Kaliwiro juga terkenal dengan kerajinan tangan, seperti anyaman bambu dan kerajinan kayu.

Kecamatan Watumalang

Kecamatan Watumalang juga merupakan kecamatan yang terletak di Wonosobo. Kecamatan ini terkenal dengan objek wisata alamnya, seperti Telaga Menjer dan Bukit Tetawangsa. Selain itu, di Kecamatan Watumalang juga terdapat wisata religi, yaitu Makam Sunan Kudus.

Kecamatan Garung

Kecamatan Garung terletak di wilayah barat Wonosobo. Kecamatan ini terkenal dengan wisata alamnya, seperti Waduk Wadaslintang, Air Terjun Kembang Soka, dan Gunung Merbabu. Selain itu, Kecamatan Garung juga terkenal dengan kerajinan ukir kayunya yang sangat indah dan bisa dijadikan oleh-oleh.

Kecamatan Selomerto

Kecamatan Selomerto terletak di bagian utara Wonosobo. Kecamatan ini terkenal dengan wisata alamnya, seperti Telaga Warna dan Telaga Pengilon. Di Kecamatan Selomerto juga terdapat wisata agro, yaitu perkebunan stroberi dan teh.

Kecamatan Kejajar

Kecamatan Kejajar merupakan kecamatan yang terletak di wilayah selatan Wonosobo. Kecamatan ini terkenal dengan wisata alamnya, seperti Air Terjun Curug Lawe, Bukit Sikunir, dan Telaga Cebong. Selain itu, Kecamatan Kejajar juga terkenal dengan kerajinan batiknya yang sangat cantik dan berkualitas.

Kecamatan Kalibawang

Kecamatan Kalibawang terletak di wilayah barat daya Wonosobo. Kecamatan ini terkenal dengan wisata alamnya, seperti Air Terjun Grojogan Watu Purbo, Goa Jepang, dan Bukit Doa. Selain itu, di Kecamatan Kalibawang juga terdapat wisata agro, yaitu perkebunan kopi.

Kecamatan Leksono

Kecamatan Leksono terletak di wilayah tengah Wonosobo. Kecamatan ini terkenal dengan wisata alamnya, seperti Air Terjun Gerebong, Telaga Keburuhan, dan Bukit Teletubbies. Selain itu, di Kecamatan Leksono juga terdapat wisata religi, yaitu Makam Syekh Abdul Jalil.

Kecamatan Kalikajar

Kecamatan Kalikajar terletak di wilayah timur Wonosobo. Kecamatan ini terkenal dengan wisata alamnya, seperti Air Terjun Sri Gethuk, Goa Jatijajar, dan Bukit Cinta. Selain itu, di Kecamatan Kalikajar juga terdapat wisata sejarah, yaitu Candi Kimpulan.

Kecamatan Kejobong

Kecamatan Kejobong terletak di wilayah barat Wonosobo. Kecamatan ini terkenal dengan wisata alamnya, seperti Air Terjun Kedung Banteng, Telaga Remis, dan Bukit Kledung. Selain itu, di Kecamatan Kejobong juga terdapat wisata sejarah, yaitu Makam Ki Ageng Pandanaran.

Kecamatan Sukoharjo

Kecamatan Sukoharjo terletak di wilayah tenggara Wonosobo. Kecamatan ini terkenal dengan wisata alamnya, seperti Air Terjun Jurug, Bukit Gancik, dan Telaga Moro. Selain itu, di Kecamatan Sukoharjo juga terdapat wisata agro, yaitu perkebunan teh dan kopi.

Kesimpulan

Wonosobo memiliki banyak kecamatan yang menarik untuk dikunjungi. Setiap kecamatan memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri, baik itu wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, atau wisata agro. Jika Anda ingin menikmati keindahan alam Wonosobo, jangan lupa untuk mengunjungi kecamatan-kecamatan tersebut. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *