General

Ken Arok Sang Pendiri Kerajaan Singasari

×

Ken Arok Sang Pendiri Kerajaan Singasari

Share this article

Pengenalan

Ken Arok adalah sosok legendaris yang dikenal sebagai pendiri Kerajaan Singasari yang terletak di Jawa Timur, Indonesia. Ia merupakan seorang petualang yang memiliki ambisi untuk membangun kerajaannya sendiri. Dalam perjalanan hidupnya, Ken Arok melakukan banyak hal yang kontroversial dan konteks sosialnya saat itu perlu dipertimbangkan.

Latar Belakang Sejarah

Ken Arok lahir pada abad ke-12 di wilayah Tumapel, Jawa Timur. Ia tumbuh di tengah-tengah masyarakat yang memeluk agama Hindu-Buddha dan hidup dalam kondisi perekonomian yang sulit. Pada masa itu, wilayah Jawa Timur dikuasai oleh Kerajaan Kediri yang dipimpin oleh Raja Tunggul Ametung.

Riwayat Hidup Ken Arok

Ken Arok hidup dalam keluarga yang sederhana. Ia tumbuh menjadi seorang pemuda yang kuat dan berani. Pada suatu hari, Ken Arok bertemu dengan seorang wanita cantik bernama Ken Dedes yang merupakan istri dari Tunggul Ametung, raja Kediri. Ken Dedes jatuh cinta pada Ken Arok dan meminta agar ia membunuh suaminya sehingga mereka bisa hidup bersama.

Ken Arok setuju dan berhasil membunuh Tunggul Ametung. Ia kemudian menikahi Ken Dedes dan menjadi raja Kediri yang baru. Namun, tak lama setelah menjadi raja, Ken Arok dibunuh oleh salah satu pengawalnya yang merasa tidak puas dengan kepemimpinannya.

Pendirian Kerajaan Singasari

Setelah Ken Arok meninggal, Ken Dedes menikah dengan Anusapati, putra Ken Arok dari istrinya yang pertama. Anusapati kemudian menjadi raja Kediri yang baru. Namun, ia juga dibunuh oleh salah satu pengawalnya.

Setelah Anusapati meninggal, wilayah Jawa Timur menjadi tidak stabil dan terjadi perang antar kelompok. Pada saat itu, Ken Arok memiliki seorang putra bernama Tohjaya yang kemudian menjadi raja Singasari. Tohjaya berhasil mempersatukan wilayah Jawa Timur dan mendirikan Kerajaan Singasari yang berdiri selama hampir 100 tahun.

Pengaruh Ken Arok

Ken Arok memiliki pengaruh yang besar terhadap sejarah Jawa Timur dan Indonesia. Ia dikenal sebagai sosok yang ambisius dan berani dalam menghadapi tantangan. Namun, tindakan kontroversialnya seperti membunuh raja Kediri membuatnya menjadi sosok yang kontroversial di mata masyarakat.

Penutup

Ken Arok adalah sosok legendaris yang menjadi pendiri Kerajaan Singasari di Jawa Timur. Perjalanan hidupnya penuh dengan kontroversi dan ambisi yang membuatnya menjadi sosok yang dikenang di masa kini. Meskipun tindakannya kontroversial, namun pengaruhnya dalam sejarah Jawa Timur dan Indonesia tetap besar dan layak dihargai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *