General

Lambang Provinsi Bali Lengkap Artinya

×

Lambang Provinsi Bali Lengkap Artinya

Share this article

Pengenalan

Bali merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Provinsi Bali memiliki lambang yang indah dan memiliki arti yang dalam. Lambang provinsi Bali ini memiliki banyak simbol yang menggambarkan kekayaan dan keindahan alam serta budaya Bali. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang lambang provinsi Bali lengkap artinya.

Sejarah Lambang Provinsi Bali

Lambang provinsi Bali resmi diperkenalkan pada tanggal 20 Januari 1958. Lambang ini dirancang oleh seorang seniman terkenal dari Bali, yaitu I Gusti Ketut Kobot. Lambang ini kemudian disahkan oleh Menteri Dalam Negeri pada tanggal 25 Februari 1958 melalui Surat Keputusan No. 5/30/2.

Arti dari Simbol-simbol pada Lambang Provinsi Bali

Lambang provinsi Bali memiliki banyak simbol yang memiliki arti tersendiri. Berikut adalah penjelasan mengenai arti dari simbol-simbol pada lambang provinsi Bali:

1. Pura

Pura pada lambang provinsi Bali melambangkan keagamaan dan kepercayaan masyarakat Bali yang sangat kuat. Pura juga merupakan salah satu ikon wisata Bali yang terkenal di seluruh dunia.

2. Gunung dan Gunung Berapi

Simbol gunung dan gunung berapi pada lambang provinsi Bali melambangkan keindahan alam Bali serta kekuatan alam yang menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat Bali.

3. Perahu

Perahu pada lambang provinsi Bali melambangkan kegiatan nelayan dan transportasi tradisional di Bali. Bali memiliki banyak pantai yang indah dan banyak masyarakatnya yang bergantung pada hasil laut.

4. Padi dan Kapas

Padi dan kapas pada lambang provinsi Bali melambangkan kegiatan pertanian yang menjadi tulang punggung ekonomi masyarakat Bali.

5. Bintang dan Bulan Sabit

Bintang dan bulan sabit pada lambang provinsi Bali melambangkan kepercayaan masyarakat Bali yang sangat kuat terhadap keseimbangan alam dan harmoni antara manusia, alam, dan Tuhan.

6. Bali, Nusa Penida dan Nusa Lembongan

Bali, Nusa Penida dan Nusa Lembongan pada lambang provinsi Bali melambangkan wilayah kekuasaan provinsi Bali yang mencakup wilayah daratan serta pulau-pulau di sekitarnya.

Kesimpulan

Lambang provinsi Bali adalah sebuah simbol yang indah dan memiliki arti yang dalam. Simbol-simbol pada lambang ini melambangkan kekayaan dan keindahan alam serta budaya Bali. Dalam lambang ini terdapat simbol keagamaan, kegiatan nelayan dan pertanian, keindahan alam Bali, dan juga wilayah kekuasaan provinsi Bali. Semua simbol ini menggambarkan kekuatan dan keunikan provinsi Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *