General

Makanan Khas Bengkulu: Nikmati Kelezatan Kuliner Khas Bengkulu

×

Makanan Khas Bengkulu: Nikmati Kelezatan Kuliner Khas Bengkulu

Share this article

Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan kuliner yang beragam, salah satunya adalah makanan khas Bengkulu. Bengkulu sendiri berada di pulau Sumatera dan memiliki beragam kuliner yang khas dan lezat. Makanan khas Bengkulu memiliki cita rasa yang unik dan memanjakan lidah. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Bengkulu yang wajib dicoba.

1. Pempek

Pempek adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari ikan yang dicampur dengan tepung sagu, telur, dan bumbu-bumbu lainnya. Pempek memiliki tekstur yang lembut dan kenyal serta rasa yang gurih dan asam segar. Pempek biasanya disajikan dengan kuah cuka dan ditambahkan dengan irisan timun dan ebi yang membuat rasanya semakin nikmat.

2. Pindang Patin

Pindang Patin adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas Bengkulu seperti asam kandis, daun kemangi, dan cabai. Pindang Patin memiliki rasa yang gurih dan asam segar, cocok dijadikan sebagai hidangan utama bersama nasi putih.

3. Rujak Pengantin

Rujak Pengantin adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari buah-buahan segar seperti nanas, mangga, dan kedondong yang dicampur dengan bumbu-bumbu seperti gula merah, air asam, dan cabai. Rujak Pengantin memiliki rasa yang manis, asam, dan pedas yang membuatnya sangat nikmat dan segar.

4. Sate Ayam Bengkulu

Sate Ayam Bengkulu adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari daging ayam yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk dengan bambu lalu dibakar. Sate Ayam Bengkulu memiliki cita rasa yang gurih dan pedas karena bumbu kacang yang digunakan. Sate Ayam Bengkulu biasanya disajikan dengan ketupat dan kuah kacang yang kental.

5. Mie Celor

Mie Celor adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari mie yang disajikan dengan kuah santan yang gurih dan pedas. Mie Celor biasanya disajikan dengan irisan telur rebus, irisan ayam, dan sayuran seperti daun bawang dan tauge. Mie Celor memiliki cita rasa yang khas dan lezat.

6. Saksang

Saksang adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari daging babi atau daging kerbau yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas Bengkulu seperti andaliman, daun salam, dan cabai. Saksang memiliki cita rasa yang kuat dan gurih, cocok dijadikan sebagai hidangan utama bersama nasi putih.

7. Seruit

Seruit adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari daging sapi atau daging kerbau yang dimasak dengan bumbu-bumbu khas Bengkulu seperti lengkuas, serai, dan cabai. Seruit memiliki cita rasa yang kuat dan gurih, cocok dijadikan sebagai hidangan utama bersama nasi putih.

8. Lempok Durian

Lempok Durian adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari durian yang dihaluskan dan dicampur dengan gula merah lalu diaduk hingga merata. Lempok Durian kemudian dibiarkan mengering hingga kering dan keras. Lempok Durian memiliki rasa yang manis dan legit serta aroma yang khas dari buah durian.

9. Es Kacang Bengkulu

Es Kacang Bengkulu adalah minuman khas Bengkulu yang terbuat dari es serut yang disajikan dengan kacang hijau, cincau, dan sirup merah. Es Kacang Bengkulu memiliki rasa yang manis dan segar serta tekstur yang lembut dan kenyal.

10. Kemplang

Kemplang adalah makanan khas Bengkulu yang terbuat dari ikan tenggiri yang dicampur dengan tepung sagu dan bumbu-bumbu lainnya lalu digoreng. Kemplang memiliki cita rasa yang gurih dan renyah serta tekstur yang kenyal. Kemplang biasanya disajikan sebagai camilan atau oleh-oleh khas Bengkulu.

Itulah beberapa makanan khas Bengkulu yang wajib dicoba jika berkunjung ke Bengkulu. Makanan khas Bengkulu memiliki cita rasa yang unik dan memanjakan lidah, cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh atau hidangan utama saat berkunjung ke Bengkulu.

Jangan lupa untuk mencoba kuliner khas Bengkulu dan rasakan sensasi kelezatan dari makanan khas Bengkulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *