General

Makanan Khas Kalimantan Selatan

×

Makanan Khas Kalimantan Selatan

Share this article

Kalimantan selatan merupakan daerah yang kaya akan berbagai jenis makanan. Makanan khas kalimantan selatan sangat beragam dan unik. Di bawah ini adalah beberapa makanan khas kalimantan selatan yang patut dicoba.

Soto Banjar

Soto banjar adalah makanan khas kalimantan selatan yang terkenal. Soto banjar terbuat dari daging ayam atau sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Kuahnya yang kental dan gurih membuat soto banjar menjadi hidangan yang sangat nikmat. Soto banjar biasanya disajikan dengan ketupat dan ditambahkan irisan daun bawang dan jeruk nipis.

Amplang

Amplang adalah makanan khas kalimantan selatan yang terbuat dari ikan tenggiri yang dikeringkan dan dihaluskan. Amplang memiliki tekstur yang renyah dan rasanya yang gurih. Amplang biasanya dijadikan sebagai camilan atau oleh-oleh.

Pindang Patin

Pindang patin adalah hidangan khas kalimantan selatan yang terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Pindang patin memiliki kuah yang gurih dan pedas. Pindang patin biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan.

Sate Banjar

Sate banjar adalah hidangan khas kalimantan selatan yang terbuat dari daging sapi atau ayam yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang. Sate banjar memiliki cita rasa yang khas dan sangat lezat. Sate banjar biasanya disajikan dengan ketupat.

Ketupat Kandangan

Ketupat kandangan adalah hidangan khas kalimantan selatan yang terbuat dari nasi yang dimasak dalam anyaman daun kelapa. Ketupat kandangan biasanya disajikan dengan sate, soto, atau pindang.

Lempok Durian

Lempok durian adalah hidangan khas kalimantan selatan yang terbuat dari durian yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung ketan. Lempok durian memiliki tekstur yang lembut dan rasanya yang manis. Lempok durian biasanya dijadikan sebagai camilan atau oleh-oleh.

Bubur Pedas

Bubur pedas adalah hidangan khas kalimantan selatan yang terbuat dari beras yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah dan daging sapi. Bubur pedas memiliki cita rasa yang pedas dan gurih. Bubur pedas biasanya disajikan dengan kerupuk dan sambal.

Rendang Banjar

Rendang banjar adalah hidangan khas kalimantan selatan yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah. Rendang banjar memiliki kuah yang gurih dan cita rasa yang khas. Rendang banjar biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan.

Sambal Tempoyak

Sambal tempoyak adalah hidangan khas kalimantan selatan yang terbuat dari durian yang difermentasi dan dihaluskan dengan bumbu-bumbu rempah. Sambal tempoyak memiliki cita rasa yang unik dan sangat lezat. Sambal tempoyak biasanya disajikan dengan nasi putih dan lalapan.

Pempek Palembang

Pempek palembang adalah hidangan khas kalimantan selatan yang terbuat dari ikan yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung sagu. Pempek palembang memiliki tekstur yang kenyal dan rasanya yang gurih. Pempek palembang biasanya disajikan dengan cuko atau saus kacang.

Conclusion

Jadi, itulah beberapa makanan khas kalimantan selatan yang patut dicoba. Makanan-makanan tersebut memiliki cita rasa yang khas dan sangat lezat. Jangan lupa mencoba makanan khas kalimantan selatan jika berkunjung ke daerah tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *