General

Maurice Felix Charles Allais Peraih: Siapa Dia?

×

Maurice Felix Charles Allais Peraih: Siapa Dia?

Share this article

Maurice Felix Charles Allais Peraih adalah seorang ahli ekonomi Prancis yang terkenal dengan karyanya dalam bidang ekonomi mikro dan makro. Ia merupakan pemenang Hadiah Nobel dalam bidang Ekonomi pada tahun 1988 atas kontribusinya dalam pengembangan teori efisiensi pasar dan alokasi sumber daya.

Awal Kehidupan dan Pendidikan

Allais lahir pada tanggal 31 Mei 1911 di Paris, Prancis. Ayahnya adalah seorang insinyur dan ibunya adalah seorang guru. Ia menempuh pendidikan di École Polytechnique dan École des Mines di Paris. Setelah lulus, ia bekerja di berbagai perusahaan, termasuk perusahaan tambang di Afrika dan perusahaan teknologi di Amerika Serikat.

Karir Akademis

Pada tahun 1949, Allais menjadi profesor di École Nationale Supérieure des Mines de Paris. Ia juga menjadi anggota Institut de France dan Académie des Sciences Morales et Politiques. Allais menjabat sebagai direktur Centre d’Études Prospectives et d’Informations Internationales (CEPII) dari tahun 1974 hingga 1980.

Kontribusi dalam Ekonomi

Allais dikenal karena karyanya dalam bidang ekonomi mikro dan makro. Ia mengembangkan teori efisiensi pasar yang menunjukkan bahwa pasar yang efisien akan mengalokasikan sumber daya secara efektif. Ia juga menyatakan bahwa keseimbangan pasar yang tercapai melalui mekanisme harga akan menghasilkan hasil yang optimal.

Selain itu, Allais juga mengembangkan teori alokasi sumber daya yang menunjukkan bahwa penggunaan sumber daya yang tepat akan menghasilkan hasil yang optimal. Ia juga mengembangkan teori pengambilan keputusan yang menunjukkan bahwa individu cenderung memilih opsi yang memberikan hasil yang paling menguntungkan.

Penghargaan dan Pengakuan

Allais dianugerahi Hadiah Nobel dalam bidang Ekonomi pada tahun 1988 atas kontribusinya dalam pengembangan teori efisiensi pasar dan alokasi sumber daya. Ia juga dianugerahi Grand Prix de la Ville de Paris pada tahun 1989 dan Grand Prix de l’Académie des Sciences Morales et Politiques pada tahun 1994.

Kehidupan Pribadi dan Meninggal Dunia

Allais menikah dua kali dan memiliki tiga anak. Ia meninggal dunia pada tanggal 9 Oktober 2010 di Saint-Cloud, Prancis pada usia 99 tahun.

Kesimpulan

Maurice Felix Charles Allais Peraih adalah seorang ahli ekonomi Prancis yang terkenal dengan kontribusinya dalam pengembangan teori efisiensi pasar dan alokasi sumber daya. Ia dianugerahi Hadiah Nobel dalam bidang Ekonomi pada tahun 1988 dan diakui sebagai salah satu pemikir terkemuka dalam bidang ekonomi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *