Vivo

Memahami Home Screen Vivo: Tampilan Utama Smartphone Anda

×

Memahami Home Screen Vivo: Tampilan Utama Smartphone Anda

Share this article

Home screen atau tampilan utama pada Vivo adalah antarmuka pengguna yang memudahkan Anda mengakses aplikasi dan fitur di smartphone Anda. Semua informasi penting seperti tanggal, waktu, cuaca, pesan, panggilan, dan notifikasi lainnya dapat dilihat secara cepat dan mudah di home screen. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang home screen Vivo dan bagaimana Anda dapat menyesuaikannya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Tampilan Utama Vivo: Kontrol atas Tampilan

Tampilan utama Vivo memungkinkan Anda untuk mengendalikan cara Anda melihat dan mengakses aplikasi di smartphone Anda. Anda dapat menambahkan, menghapus, dan memindahkan aplikasi ke folder atau ke layar yang berbeda. Anda dapat menyesuaikan ukuran ikon aplikasi, menambahkan widget, dan mengubah wallpaper untuk memberikan tampilan yang lebih personal.

2. Menambahkan Aplikasi ke Home Screen

Untuk menambahkan aplikasi ke home screen, cukup ketuk dan tahan ikon aplikasi di menu utama. Kemudian, seret ikon ke layar home screen yang diinginkan. Anda juga dapat menambahkan aplikasi ke folder atau menghapus aplikasi dari home screen dengan cara yang sama.

3. Mengganti Wallpaper

Anda dapat mengganti wallpaper pada home screen dengan gambar atau foto favorit Anda. Caranya cukup mudah, cukup ketuk dan tahan layar kosong pada home screen, kemudian pilih “Wallpapers”. Anda kemudian dapat memilih gambar yang diinginkan dari galeri Anda atau dari wallpaper bawaan yang disediakan oleh Vivo.

4. Mengatur Widget

Widget adalah mini aplikasi yang dapat menampilkan informasi penting seperti cuaca, waktu, atau kalender pada home screen. Anda dapat menambahkan widget dengan ketuk dan tahan layar kosong pada home screen, kemudian pilih “Widgets”. Pilih widget yang diinginkan dan seret ke layar home screen.

5. Mengatur Folder

Jika Anda memiliki banyak aplikasi di smartphone Anda, Anda dapat menyesuaikan folder untuk membantu Anda mengatur dan mengakses aplikasi dengan lebih mudah. Untuk membuat folder baru, ketuk dan tahan ikon aplikasi pada home screen, kemudian seret ke ikon aplikasi lain untuk membuat folder. Anda dapat memberi nama folder dan menambahkan atau menghapus aplikasi dari folder tersebut.

6. Mengatur Ukuran Ikon Aplikasi

Anda dapat menyesuaikan ukuran ikon aplikasi pada home screen dengan mudah. Cukup ketuk dan tahan ikon aplikasi yang ingin Anda ubah ukurannya, kemudian pilih “Resize”. Anda kemudian dapat memilih ukuran yang diinginkan untuk ikon aplikasi tersebut.

7. Menambahkan Shortcuts

Anda dapat menambahkan shortcut ke aplikasi tertentu pada home screen untuk mengaksesnya dengan lebih cepat. Cukup ketuk dan tahan ikon aplikasi yang ingin Anda tambahkan shortcut-nya, kemudian pilih “Add to Home”. Shortcut akan ditambahkan ke layar home screen.

8. Mengatur Tampilan Layar Kunci

Vivo juga memungkinkan Anda untuk menyesuaikan tampilan layar kunci. Anda dapat memilih untuk menampilkan jam, tanggal, notifikasi, atau shortcut aplikasi pada layar kunci. Anda juga dapat mengubah wallpaper dan mengaktifkan atau menonaktifkan fitur keamanan seperti sidik jari atau PIN.

9. Mengatur Efek Transisi

Vivo menyediakan beberapa efek transisi yang dapat Anda gunakan saat memindahkan antara layar home screen. Anda dapat mengatur efek transisi dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Home Screen & Lock Screen Magazine” dan pilih “Transition Effect”. Pilih efek yang diinginkan dari daftar yang tersedia.

10. Menyesuaikan Tema

Vivo menyediakan beberapa tema yang dapat Anda gunakan untuk mengubah tampilan keseluruhan smartphone Anda. Anda dapat memilih tema dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Wallpapers & Themes” dan pilih “Themes”. Pilih tema yang diinginkan dari daftar yang tersedia.

11. Mengaktifkan Mode Malam

Vivo memiliki mode malam yang memungkinkan Anda mengurangi cahaya biru pada layar smartphone Anda. Ini dapat membantu mengurangi ketegangan pada mata Anda dan membantu Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Anda dapat mengaktifkan mode malam dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Display & Brightness” dan pilih “Eye Protection Mode”.

12. Menambahkan Aplikasi ke Layar Kunci

Anda juga dapat menambahkan aplikasi ke layar kunci untuk mengaksesnya dengan lebih cepat. Cukup ketuk dan tahan ikon aplikasi yang ingin Anda tambahkan ke layar kunci, kemudian pilih “Add to Lock Screen”.

13. Mengubah Ukuran Font

Jika Anda ingin mengubah ukuran font pada tampilan utama Vivo, Anda dapat melakukannya dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Display & Brightness” dan pilih “Font Size”. Pilih ukuran font yang diinginkan dari daftar yang tersedia.

14. Mengatur Notifikasi

Anda dapat mengatur notifikasi pada home screen dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Notification & Status Bar”. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tertentu dan mengatur tampilan notifikasi pada home screen.

15. Mengubah Tampilan Ikhtisar Aplikasi

Anda dapat mengubah tampilan ikhtisar aplikasi pada home screen dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Home Screen & Lock Screen Magazine” dan pilih “App Icon Style”. Anda dapat memilih tampilan ikon aplikasi dari daftar yang tersedia.

16. Menyesuaikan Kunci Layar

Anda dapat menyesuaikan kunci layar pada Vivo dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Fingerprint, Face & Password”. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan kunci layar seperti sidik jari atau PIN.

17. Menambahkan Aplikasi ke Layar SideBar

SideBar pada Vivo adalah fitur yang memungkinkan Anda mengakses aplikasi dengan cepat tanpa harus kembali ke home screen. Anda dapat menambahkan aplikasi ke SideBar dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Smart SideBar” dan pilih “Add Shortcuts”.

18. Mengatur Tampilan Status Bar

Anda dapat mengatur tampilan status bar pada Vivo dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Notification & Status Bar”. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan ikon notifikasi untuk aplikasi tertentu, menambahkan ikon baterai, dan mengatur tampilan jam pada status bar.

19. Mengatur Pilihan Aplikasi Standar

Anda dapat mengatur aplikasi standar untuk tugas tertentu seperti membuka tautan atau mengirim email dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Apps & Notifications” dan pilih “Default Apps”. Anda kemudian dapat memilih aplikasi yang ingin dijadikan aplikasi standar.

20. Menambahkan Kontak ke Home Screen

Jika Anda ingin mengakses kontak dengan cepat, Anda dapat menambahkan kontak ke home screen dengan pergi ke “Contacts”, kemudian pilih kontak yang ingin Anda tambahkan. Ketuk dan tahan ikon kontak, kemudian seret ke layar home screen.

21. Mengatur Tampilan Layar Sentuh

Anda dapat mengatur tampilan layar sentuh pada Vivo dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “System & Gestures”. Anda dapat mengatur kecepatan scroll, geser untuk membuka, dan kontrol gerakan lainnya.

22. Mengatur Tampilan Notifikasi

Anda dapat mengatur tampilan notifikasi pada Vivo dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Notification & Status Bar”. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi untuk aplikasi tertentu dan mengatur tampilan notifikasi pada lock screen.

23. Menambahkan Folder ke Layar SideBar

Anda dapat menambahkan folder ke SideBar dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Smart SideBar” dan pilih “Add Folder”. Anda kemudian dapat memilih folder dari galeri Anda atau membuat folder baru untuk menambahkan ke SideBar.

24. Menambahkan Shortcut ke Layar SideBar

Anda dapat menambahkan shortcut ke SideBar dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Smart SideBar” dan pilih “Add Shortcuts”. Anda kemudian dapat memilih aplikasi yang ingin Anda tambahkan shortcut-nya ke SideBar.

25. Menambahkan Aplikasi ke Layar Floating

Layar floating pada Vivo memungkinkan Anda mengakses aplikasi dengan cepat dari mana saja pada layar smartphone Anda. Anda dapat menambahkan aplikasi ke layar floating dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Smart Motion” dan pilih “Floating Call”.

26. Menambahkan Widget ke Layar Floating

Anda juga dapat menambahkan widget ke layar floating dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Smart Motion” dan pilih “Floating Widget”. Anda kemudian dapat memilih widget yang ingin Anda tambahkan ke layar floating.

27. Mengubah Tampilan Lock Screen Magazine

Lock Screen Magazine pada Vivo menawarkan berbagai informasi menarik seperti berita, cuaca, dan tips kesehatan. Anda dapat mengubah tampilan Lock Screen Magazine dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Home Screen & Lock Screen Magazine” dan pilih “Magazine Unlock Style”. Anda kemudian dapat memilih tampilan yang diinginkan dari daftar yang tersedia.

28. Mengatur Tampilan Kamera

Anda dapat mengatur tampilan kamera pada Vivo dengan pergi ke “Camera” dan pilih “Settings”. Anda dapat mengatur resolusi foto, mode kamera, dan fitur lainnya seperti HDR atau mode bokeh.

29. Mengatur Tampilan Musik

Anda dapat mengatur tampilan musik pada Vivo dengan pergi ke “Music” dan pilih “Settings”. Anda dapat mengatur tampilan antarmuka pengguna, equalizer, dan fitur lainnya seperti pemutar musik dengan lirik.

30. Mengatur Tampilan Pemberitahuan

Anda dapat mengatur tampilan pemberitahuan pada Vivo dengan pergi ke “Settings”, kemudian pilih “Notification & Status Bar”. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan pemberitahuan untuk aplikasi tertentu dan mengatur tampilan pemberitahuan pada lock screen.

Kesimpulan

Tampilan utama atau home screen pada Vivo memungkinkan Anda untuk mengendalikan cara Anda melihat dan mengakses aplikasi di smartphone Anda. Dengan menyesuaikan home screen Vivo, Anda dapat membuat smartphone Anda lebih mudah digunakan dan lebih personal. Semua fitur yang disebutkan di atas dapat diakses dengan mudah melalui menu pengaturan di smartphone Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *