General

Mengapa Sriwijaya Kerajaan Maritim?

×

Mengapa Sriwijaya Kerajaan Maritim?

Share this article

Sriwijaya adalah salah satu kerajaan kuno yang pernah berkuasa di wilayah Nusantara. Kerajaan ini terkenal sebagai kerajaan maritim yang kuat dan menaklukkan banyak daerah di Asia Tenggara. Namun, mengapa Sriwijaya begitu berpengaruh sebagai kerajaan maritim? Mari kita lihat lebih dekat.

Letak Geografis Sriwijaya

Sriwijaya terletak di daerah Sumatera Selatan, tepatnya di sekitar Sungai Musi. Letak geografis ini sangat menguntungkan bagi Sriwijaya karena memungkinkan kerajaan ini untuk mengendalikan perdagangan di Selat Malaka. Selat Malaka adalah jalur perdagangan yang penting bagi negara-negara di Asia Tenggara dan Asia Timur.

Keahlian dalam Navigasi

Sriwijaya memiliki keahlian yang tinggi dalam navigasi dan pelayaran. Hal ini membuat Sriwijaya mampu menguasai jalur perdagangan di Selat Malaka dan mengontrol perdagangan rempah-rempah dari Kepulauan Maluku. Kemampuan dalam navigasi dan pelayaran juga memungkinkan Sriwijaya untuk mengeksplorasi wilayah-wilayah baru dan membuka jalur perdagangan baru di Asia Tenggara.

Kerja Sama dengan Negara Lain

Sriwijaya juga terkenal sebagai kerajaan yang pandai dalam menjalin kerja sama dengan negara-negara lain. Kerja sama ini terutama dalam hal perdagangan dan politik. Sriwijaya menjalin hubungan perdagangan dengan Tiongkok, India, Arab, dan negara-negara di Asia Tenggara. Kerja sama ini memungkinkan Sriwijaya untuk memperluas jaringan perdagangan dan memperoleh keuntungan besar dari perdagangan barang-barang langka seperti rempah-rempah dan logam.

Keberhasilan dalam Melawan Serangan dari Luar

Sriwijaya juga terkenal sebagai kerajaan yang kuat dalam melawan serangan dari luar. Kerajaan ini mampu mengalahkan serangan dari kerajaan-kerajaan lain seperti Chola dan Jawa. Keberhasilan dalam melawan serangan dari luar membuat Sriwijaya semakin dihormati sebagai kerajaan maritim yang kuat dan berpengaruh.

Peninggalan Budaya

Sriwijaya juga meninggalkan banyak peninggalan budaya yang masih dapat dilihat hingga saat ini. Peninggalan budaya ini termasuk bangunan-bangunan seperti Candi Muara Takus dan Candi Bukit Seguntang, serta ukiran-ukiran di Prasasti Kedukan Bukit. Peninggalan budaya ini menunjukkan betapa pentingnya Sriwijaya sebagai kerajaan maritim dalam sejarah Indonesia dan Asia Tenggara.

Kesimpulan

Sriwijaya adalah kerajaan maritim yang sangat berpengaruh dalam sejarah Indonesia dan Asia Tenggara. Keahlian dalam navigasi, kerja sama dengan negara lain, dan keberhasilan dalam melawan serangan dari luar membuat Sriwijaya semakin dihormati sebagai kerajaan maritim yang kuat dan berpengaruh. Peninggalan budaya yang ditinggalkan Sriwijaya juga menunjukkan betapa pentingnya kerajaan ini dalam sejarah Indonesia dan Asia Tenggara. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Sriwijaya masih menjadi topik yang menarik untuk dipelajari dan diketahui hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *