Vivo

Mengenal Chipset Vivo Y16, Kelebihan dan Kekurangannya

×

Mengenal Chipset Vivo Y16, Kelebihan dan Kekurangannya

Share this article

Vivo Y16 merupakan salah satu smartphone terbaru yang dirilis oleh Vivo pada tahun 2020. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang cukup menarik, salah satunya adalah chipset yang digunakan. Pada artikel ini kita akan membahas tentang chipset Vivo Y16, kelebihan dan kekurangannya.

Apa itu Chipset?

Sebelum membahas tentang chipset Vivo Y16, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu chipset. Chipset adalah sebuah komponen elektronik pada motherboard yang mengatur dan mengontrol sumber daya pada perangkat, seperti pengaturan daya, komunikasi antar komponen, dan lain sebagainya.

Chipset Vivo Y16

Vivo Y16 menggunakan chipset MediaTek Helio P35 yang memiliki performa yang cukup baik untuk menjalankan aplikasi dan game dengan lancar. MediaTek Helio P35 menggunakan teknologi 12nm dan memiliki CPU Octa-core dengan kecepatan maksimal 2.3 GHz. Selain itu, chipset ini juga dilengkapi dengan GPU PowerVR GE8320 yang mampu menghasilkan grafik yang lebih baik.

Kelebihan Chipset Vivo Y16

Berikut adalah beberapa kelebihan chipset Vivo Y16:

1. Performa yang Cukup Baik

Dengan menggunakan chipset MediaTek Helio P35, Vivo Y16 memiliki performa yang cukup baik untuk menjalankan aplikasi dan game dengan lancar. Selain itu, chipset ini juga dilengkapi dengan teknologi 12nm yang membuatnya lebih efisien dalam penggunaan daya baterai.

2. GPU yang Lebih Baik

MediaTek Helio P35 dilengkapi dengan GPU PowerVR GE8320 yang mampu menghasilkan grafik yang lebih baik. Hal ini membuat pengguna dapat menikmati game dan konten multimedia dengan lebih lancar dan detail.

3. Dukungan Kamera Ganda

Chipset MediaTek Helio P35 juga mendukung kamera ganda dengan resolusi maksimal 13 MP + 2 MP. Hal ini membuat pengguna dapat mengambil foto dan video dengan lebih baik dan detail.

Kekurangan Chipset Vivo Y16

Meskipun chipset Vivo Y16 memiliki beberapa kelebihan, namun ada juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan, di antaranya:

1. Tidak Mendukung 5G

Chipset MediaTek Helio P35 tidak mendukung jaringan 5G. Hal ini membuat Vivo Y16 kurang cocok bagi pengguna yang ingin mengakses internet dengan kecepatan yang lebih tinggi.

2. Tidak Mendukung NFC

NFC atau Near Field Communication merupakan fitur yang sering digunakan untuk transfer data dan pembayaran digital. Sayangnya, chipset MediaTek Helio P35 tidak mendukung fitur ini.

3. Tidak Mendukung Layar dengan Resolusi Tinggi

Chipset MediaTek Helio P35 hanya mendukung layar dengan resolusi maksimal 1600 x 720 piksel. Hal ini membuat Vivo Y16 kurang cocok bagi pengguna yang menginginkan tampilan layar dengan resolusi yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Chipset MediaTek Helio P35 pada Vivo Y16 memiliki performa yang cukup baik untuk menjalankan aplikasi dan game dengan lancar. Selain itu, chipset ini juga dilengkapi dengan GPU PowerVR GE8320 yang mampu menghasilkan grafik yang lebih baik. Namun, chipset ini juga memiliki beberapa kekurangan seperti tidak mendukung jaringan 5G, NFC, dan layar dengan resolusi tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *