General

Pembangunan Nasional Masa Orde Baru

×

Pembangunan Nasional Masa Orde Baru

Share this article

Pada masa Orde Baru, pembangunan nasional menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam memajukan Indonesia. Berbagai program dan kebijakan dilakukan untuk mengembangkan sektor-sektor ekonomi, sosial, dan politik agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Program Pembangunan Nasional Masa Orde Baru

Pemerintah Orde Baru mengimplementasikan berbagai program pembangunan nasional guna memajukan Indonesia. Salah satunya adalah program Pembangunan Lima Tahun (Repelita) yang dilakukan pada periode 1969 hingga 1998. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Program pembangunan nasional lainnya yang dilakukan pada masa Orde Baru adalah program transmigrasi, pembangunan jalan tol, pembangunan sarana dan prasarana pendidikan, serta program industrialisasi. Program-program tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan meningkatkan daya saing Indonesia di tingkat internasional.

Keberhasilan Pembangunan Nasional Masa Orde Baru

Pembangunan nasional pada masa Orde Baru berhasil meningkatkan perekonomian Indonesia dan mendorong kemajuan sektor industri. Pada era tersebut, Indonesia berhasil mencapai pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi dan mencapai status sebagai negara berkembang yang diakui di dunia internasional.

Program transmigrasi juga berhasil mengurangi kemiskinan dan pengangguran di wilayah-wilayah tertentu. Selain itu, pembangunan jalan tol dan sarana pendidikan juga meningkatkan mobilitas masyarakat dan mengurangi kesenjangan antara kota dan desa.

Kritik terhadap Pembangunan Nasional Masa Orde Baru

Walaupun pembangunan nasional pada masa Orde Baru berhasil meningkatkan perekonomian Indonesia, namun program tersebut juga menuai kritik dari berbagai kalangan. Salah satu kritik adalah ketimpangan pembangunan antara wilayah Jawa dan luar Jawa.

Program transmigrasi juga menuai kritik karena banyak terjadi kegagalan dalam proses pemindahan penduduk dan terjadinya konflik antara penduduk asli dan pendatang.

Kesimpulan

Pembangunan nasional pada masa Orde Baru merupakan salah satu periode penting dalam sejarah Indonesia. Program-program pembangunan nasional yang dilakukan pada masa tersebut berhasil meningkatkan perekonomian Indonesia dan mendorong kemajuan sektor industri. Namun demikian, program tersebut juga menuai kritik dari berbagai kalangan karena adanya ketimpangan pembangunan antara Jawa dan luar Jawa serta kegagalan program transmigrasi yang menyebabkan konflik antara penduduk asli dan pendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *