General

Pengertian Bisnis MLM

×

Pengertian Bisnis MLM

Share this article

Bisnis MLM atau Multi Level Marketing adalah model bisnis di mana penjualan produk dilakukan melalui jaringan pemasaran yang terdiri dari distributor dan konsumen. Dalam bisnis MLM, setiap distributor memiliki tanggung jawab untuk memasarkan produk dan merekrut distributor baru untuk bergabung ke dalam jaringan.

Cara Kerja Bisnis MLM

Bisnis MLM bekerja dengan cara menjual produk melalui jaringan pemasaran yang terdiri dari distributor dan konsumen. Setiap distributor bertanggung jawab untuk memasarkan produk dan merekrut distributor baru untuk bergabung ke dalam jaringan.

Dalam bisnis MLM, setiap distributor akan mendapatkan komisi dari penjualan produk yang dilakukan oleh dirinya sendiri dan juga oleh distributor yang direkrutnya. Semakin besar jaringan pemasaran yang dibangun, semakin besar pula potensi penghasilan yang bisa didapatkan.

Kelebihan Bisnis MLM

Salah satu kelebihan bisnis MLM adalah fleksibilitas waktu. Sebagai distributor, kamu bisa menjalankan bisnis ini kapan saja dan di mana saja. Kamu bisa bekerja dari rumah atau bahkan saat sedang berlibur.

Selain itu, bisnis MLM juga menawarkan peluang penghasilan yang tidak terbatas. Semakin besar jaringan pemasaran yang dibangun, semakin besar pula potensi penghasilan yang bisa didapatkan.

Kekurangan Bisnis MLM

Salah satu kekurangan bisnis MLM adalah sulitnya merekrut distributor baru. Tidak semua orang tertarik untuk menjadi distributor MLM dan membangun jaringan pemasaran.

Selain itu, bisnis MLM juga seringkali dianggap sebagai bisnis yang tidak etis karena beberapa perusahaan MLM menggunakan praktek-praktek yang merugikan para distributornya.

Perbedaan Bisnis MLM dan Skema Piramida

Banyak orang yang masih bingung antara bisnis MLM dan skema piramida. Bisnis MLM adalah bisnis yang legal dan sah sementara skema piramida adalah bisnis ilegal dan merugikan.

Perbedaan utama antara bisnis MLM dan skema piramida adalah pada sumber penghasilan. Dalam bisnis MLM, penghasilan didapatkan dari penjualan produk yang dilakukan oleh distributor. Sedangkan dalam skema piramida, penghasilan didapatkan dari uang yang dikeluarkan oleh distributor baru yang direkrut.

Kesimpulan

Bisnis MLM adalah model bisnis yang menawarkan peluang penghasilan yang tidak terbatas. Namun, sebagai distributor, kamu perlu berhati-hati dalam memilih perusahaan MLM yang ingin kamu ikuti. Pastikan perusahaan tersebut legal dan tidak menggunakan praktek-praktek yang merugikan para distributornya.

Bisnis MLM juga membutuhkan kerja keras dan ketekunan untuk membangun jaringan pemasaran yang besar. Namun, dengan kerja keras yang konsisten, kamu bisa meraih kesuksesan dalam bisnis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *