General

Pengertian Budaya dan Kebudayaan dari Dua Buku

×

Pengertian Budaya dan Kebudayaan dari Dua Buku

Share this article

Pendahuluan

Budaya dan kebudayaan adalah dua hal yang seringkali dianggap sama oleh banyak orang. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan. Dalam artikel ini, kita akan membahas pengertian budaya dan kebudayaan dari dua buku berbeda.

Buku Pertama: Pengantar Antropologi

Buku pertama yang kita bahas adalah “Pengantar Antropologi” karya Koentjaraningrat. Dalam buku ini, Koentjaraningrat menjelaskan bahwa budaya adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan sosialnya. Budaya mencakup nilai, norma, adat istiadat, bahasa, seni, dan teknologi.Sedangkan kebudayaan adalah hasil dari proses sosial yang dijalankan oleh manusia dalam kehidupannya. Kebudayaan mencakup segala bentuk perilaku manusia, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat seperti kepercayaan dan nilai-nilai.

Buku Kedua: Kebudayaan dan Perubahan Sosial

Buku kedua yang kita bahas adalah “Kebudayaan dan Perubahan Sosial” karya M. Koentjaraningrat. Dalam buku ini, Koentjaraningrat menjelaskan bahwa budaya adalah suatu sistem nilai, norma, dan tata cara hidup yang dianut oleh sekelompok manusia dalam suatu masyarakat.Sedangkan kebudayaan adalah hasil dari proses sosial yang dijalankan oleh manusia dalam kehidupannya. Kebudayaan mencakup segala bentuk perilaku manusia, baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat seperti kepercayaan dan nilai-nilai.

Perbedaan Antara Budaya dan Kebudayaan

Dari dua buku yang kita bahas di atas, terdapat perbedaan dalam pengertian budaya dan kebudayaan. Jika dalam buku pertama, budaya dijelaskan sebagai segala sesuatu yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan sosialnya, sedangkan kebudayaan dijelaskan sebagai hasil dari proses sosial yang dijalankan oleh manusia dalam kehidupannya.Sedangkan dalam buku kedua, budaya dijelaskan sebagai suatu sistem nilai, norma, dan tata cara hidup yang dianut oleh sekelompok manusia dalam suatu masyarakat, sedangkan kebudayaan dijelaskan sebagai hasil dari proses sosial yang dijalankan oleh manusia dalam kehidupannya.

Contoh Budaya dan Kebudayaan

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat banyak contoh budaya dan kebudayaan yang dapat kita lihat. Salah satu contoh budaya adalah bahasa. Setiap negara memiliki bahasa yang berbeda-beda, dan bahasa tersebut dianggap sebagai budaya mereka.Sedangkan contoh kebudayaan adalah seni. Setiap negara memiliki seni yang berbeda-beda, dan seni tersebut dianggap sebagai kebudayaan mereka. Contoh seni dari Indonesia adalah tari, gamelan, dan batik.

Pengaruh Budaya dan Kebudayaan Terhadap Manusia

Budaya dan kebudayaan memiliki pengaruh yang besar terhadap manusia. Manusia dibentuk oleh budaya dan kebudayaan yang ada di sekitarnya. Budaya dan kebudayaan juga mempengaruhi cara manusia berpikir dan bertindak.Dalam buku “Kebudayaan dan Perubahan Sosial”, Koentjaraningrat menjelaskan bahwa kebudayaan dapat mempengaruhi perubahan sosial dalam suatu masyarakat. Contohnya adalah adanya perubahan perilaku manusia dalam masyarakat yang semakin maju.

Kesimpulan

Dari dua buku yang telah kita bahas di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa budaya dan kebudayaan memiliki perbedaan yang signifikan. Budaya dijelaskan sebagai segala sesuatu yang dihasilkan oleh manusia dalam kehidupan sosialnya, sedangkan kebudayaan dijelaskan sebagai hasil dari proses sosial yang dijalankan oleh manusia dalam kehidupannya.Namun, meskipun memiliki perbedaan, budaya dan kebudayaan tetap memiliki pengaruh yang besar terhadap manusia. Budaya dan kebudayaan membentuk cara manusia berpikir dan bertindak, dan juga dapat mempengaruhi perubahan sosial dalam suatu masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *