General

Pengertian Konseling Menurut Para Ahli

×

Pengertian Konseling Menurut Para Ahli

Share this article

Konseling adalah sebuah proses komunikasi antara konselor dan konseli untuk membantu konseli mencapai tujuan yang diinginkan. Proses ini dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik dan pendekatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis dan emosional konseli.

Pengertian Konseling Menurut Carl Rogers

Menurut Carl Rogers, konseling adalah sebuah proses yang melibatkan hubungan antara konselor dan konseli yang didasarkan pada kepercayaan, penghargaan, dan empati. Dalam proses ini, konselor bertindak sebagai pihak yang membantu konseli menemukan potensi dirinya sendiri dan mencapai tujuan hidup yang diinginkan.

Pengertian Konseling Menurut Albert Ellis

Albert Ellis mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli mengubah pola pikir yang salah atau tidak efektif dengan cara mengeksplorasi dan mengidentifikasi kepercayaan dan keyakinan yang mendasarinya. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan kognitif-behavioral untuk membantu konseli mengembangkan pola pikir yang lebih positif dan efektif.

Pengertian Konseling Menurut Viktor Frankl

Viktor Frankl mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang membantu konseli menemukan makna dalam hidupnya. Dalam proses ini, konselor membantu konseli untuk memahami nilai-nilai yang mendasari kehidupannya dan menemukan tujuan hidup yang sesuai dengan nilai-nilai tersebut.

Pengertian Konseling Menurut Sigmund Freud

Sigmund Freud mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli mengatasi konflik dan masalah yang muncul dari alam bawah sadarnya. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan psikoanalisis untuk membantu konseli mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang muncul dari alam bawah sadarnya.

Pengertian Konseling Menurut Abraham Maslow

Abraham Maslow mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli mencapai potensi tertinggi yang dimilikinya. Dalam proses ini, konselor membantu konseli untuk memahami kebutuhan-kebutuhan dasar yang harus terpenuhi agar konseli dapat mencapai tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan yang lebih tinggi.

Pengertian Konseling Menurut Gestalt

Gestalt mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli memahami dan mengeksplorasi pengalaman-pengalaman hidup yang terabaikan atau tidak disadari. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan eksperimental untuk membantu konseli mengeksplorasi pengalaman-pengalaman hidupnya dengan cara yang lebih kreatif dan spontan.

Pengertian Konseling Menurut John C. Holland

John C. Holland mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli menemukan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Dalam proses ini, konselor membantu konseli memahami minat dan bakatnya serta mengeksplorasi peluang-peluang karir yang sesuai dengan minat dan bakat tersebut.

Pengertian Konseling Menurut Irvin Yalom

Irvin Yalom mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli mengatasi kecemasan dan ketakutan yang muncul dari kematian dan makna hidup. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan eksistensial untuk membantu konseli memahami makna hidup dan mengatasi kecemasan dan ketakutan yang muncul dari kematian.

Pengertian Konseling Menurut Carl Jung

Carl Jung mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli memahami dan mengeksplorasi alam bawah sadarnya. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan psikoanalisis Jungian untuk membantu konseli mengeksplorasi dan memahami alam bawah sadarnya.

Pengertian Konseling Menurut Donald Super

Donald Super mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli menemukan karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan nilai-nilai pribadinya. Dalam proses ini, konselor membantu konseli memahami minat, bakat, dan nilai-nilai pribadinya serta mengeksplorasi peluang-peluang karir yang sesuai dengan minat, bakat, dan nilai-nilai tersebut.

Pengertian Konseling Menurut Virginia Satir

Virginia Satir mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli memperbaiki hubungan interpersonalnya. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan keluarga untuk membantu konseli memperbaiki hubungan interpersonalnya dengan keluarga dan orang-orang di sekitarnya.

Pengertian Konseling Menurut Fritz Perls

Fritz Perls mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli memahami dan mengeksplorasi pengalaman-pengalaman hidupnya secara lebih utuh. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan Gestalt untuk membantu konseli mengeksplorasi pengalaman-pengalaman hidupnya secara lebih utuh dan menyeluruh.

Pengertian Konseling Menurut Robert Carkhuff

Robert Carkhuff mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli memperoleh pengalaman hidup yang lebih baik. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan humanistik untuk membantu konseli memperoleh pengalaman hidup yang lebih baik dengan cara mengeksplorasi dan mengembangkan potensi dirinya.

Pengertian Konseling Menurut Abraham H. Maslow

Abraham H. Maslow mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli mencapai tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan yang lebih tinggi. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan humanistik untuk membantu konseli mencapai tingkat kebahagiaan dan kesejahteraan yang lebih tinggi dengan cara mengeksplorasi dan mengembangkan potensi dirinya.

Pengertian Konseling Menurut Milton Erickson

Milton Erickson mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli menemukan solusi atas masalah yang dihadapinya. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan hipnotis untuk membantu konseli menemukan solusi atas masalah yang dihadapinya dengan cara mengeksplorasi alam bawah sadarnya.

Pengertian Konseling Menurut B.F. Skinner

B.F. Skinner mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli mengubah perilaku yang tidak diinginkan. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan behavioristik untuk membantu konseli mengubah perilaku yang tidak diinginkan dengan cara memberikan rangsangan atau hukuman yang tepat.

Pengertian Konseling Menurut Ivan Pavlov

Ivan Pavlov mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli mengubah perilaku yang tidak diinginkan. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan terapi perilaku untuk membantu konseli mengubah perilaku yang tidak diinginkan dengan cara memberikan rangsangan atau hukuman yang tepat.

Pengertian Konseling Menurut Erik Erikson

Erik Erikson mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli mencapai tahap perkembangan yang lebih tinggi. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan psikososial untuk membantu konseli mencapai tahap perkembangan yang lebih tinggi dengan cara mengeksplorasi dan mengatasi konflik yang muncul pada setiap tahap perkembangan.

Pengertian Konseling Menurut Lawrence Kohlberg

Lawrence Kohlberg mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli memperoleh moralitas yang lebih tinggi. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan perkembangan moral untuk membantu konseli memperoleh moralitas yang lebih tinggi dengan cara mengeksplorasi tahap-tahap perkembangan moral yang muncul pada setiap tahap perkembangan.

Pengertian Konseling Menurut Lev Vygotsky

Lev Vygotsky mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli memperoleh kemampuan berpikir yang lebih tinggi. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan perkembangan kognitif untuk membantu konseli memperoleh kemampuan berpikir yang lebih tinggi dengan cara mengeksplorasi tahap-tahap perkembangan kognitif yang muncul pada setiap tahap perkembangan.

Pengertian Konseling Menurut Jean Piaget

Jean Piaget mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli memperoleh kemampuan berpikir yang lebih tinggi. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan perkembangan kognitif untuk membantu konseli memperoleh kemampuan berpikir yang lebih tinggi dengan cara mengeksplorasi tahap-tahap perkembangan kognitif yang muncul pada setiap tahap perkembangan.

Pengertian Konseling Menurut Jerome Bruner

Jerome Bruner mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli memperoleh kemampuan berpikir yang lebih tinggi. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan konstruktivis untuk membantu konseli memperoleh kemampuan berpikir yang lebih tinggi dengan cara mengeksplorasi konsep-konsep yang muncul pada setiap tahap perkembangan.

Pengertian Konseling Menurut Howard Gardner

Howard Gardner mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli memperoleh kemampuan berpikir yang lebih tinggi. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan teori kecerdasan majemuk untuk membantu konseli memperoleh kemampuan berpikir yang lebih tinggi dengan cara mengeksplorasi kecerdasan-kecerdasan yang dimilikinya.

Pengertian Konseling Menurut Edward Thorndike

Edward Thorndike mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli mengubah perilaku yang tidak diinginkan. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan behavioristik untuk membantu konseli mengubah perilaku yang tidak diinginkan dengan cara memberikan rangsangan atau hukuman yang tepat.

Pengertian Konseling Menurut Fritz Heider

Fritz Heider mengartikan konseling sebagai sebuah proses yang bertujuan untuk membantu konseli memahami hubungan antara dirinya dengan lingkungannya. Dalam proses ini, konselor menggunakan pendekatan psikologi sosial untuk membantu konseli memahami hubungan antara dirinya dengan lingkungannya dan menemukan solusi atas masalah yang dihadapinya.

Pengertian Konseling Menurut Max Wertheimer

Max Wertheimer mengartikan kons

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *