General

Pengertian Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Contohnya Menurut Ahli

×

Pengertian Metode Pembelajaran Demonstrasi dan Contohnya Menurut Ahli

Share this article

Metode pembelajaran adalah cara untuk memfasilitasi terjadinya proses belajar mengajar. Ada banyak metode pembelajaran yang bisa diterapkan, salah satunya adalah metode pembelajaran demonstrasi. Metode pembelajaran demonstrasi adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara menunjukkan atau memperlihatkan suatu tindakan atau proses secara langsung kepada siswa. Dalam artikel ini, akan dijelaskan lebih lanjut mengenai pengertian metode pembelajaran demonstrasi dan contohnya menurut ahli.

Pengertian Metode Pembelajaran Demonstrasi

Menurut para ahli, metode pembelajaran demonstrasi adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara menunjukkan atau memperlihatkan suatu tindakan atau proses secara langsung kepada siswa. Metode pembelajaran ini bertujuan untuk membantu siswa memahami dan menguasai suatu konsep atau keterampilan dengan lebih cepat dan efektif.

Metode pembelajaran demonstrasi biasanya dilakukan oleh guru atau instruktur yang sudah ahli dalam bidangnya. Guru atau instruktur akan menunjukkan kepada siswa bagaimana suatu tindakan atau proses dilakukan dengan benar dan tepat. Siswa kemudian akan mengikuti tindakan atau proses yang ditunjukkan oleh guru atau instruktur.

Contoh Metode Pembelajaran Demonstrasi

Metode pembelajaran demonstrasi dapat diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan, kesehatan, dan industri. Berikut ini adalah beberapa contoh metode pembelajaran demonstrasi:

1. Demonstrasi dalam Bidang Pendidikan

Metode pembelajaran demonstrasi dapat diterapkan dalam bidang pendidikan, terutama dalam pembelajaran keterampilan seperti memasak, membuat kerajinan tangan, atau memperbaiki barang elektronik. Guru atau instruktur akan menunjukkan kepada siswa bagaimana suatu keterampilan dilakukan dengan benar dan tepat. Siswa kemudian akan mengikuti tindakan atau proses yang ditunjukkan oleh guru atau instruktur.

2. Demonstrasi dalam Bidang Kesehatan

Metode pembelajaran demonstrasi juga dapat diterapkan dalam bidang kesehatan, terutama dalam pelatihan keterampilan medis seperti pemberian obat, pemasangan infus, atau tindakan medis lainnya. Para ahli atau instruktur akan menunjukkan kepada siswa bagaimana tindakan medis dilakukan dengan benar dan tepat. Siswa kemudian akan mengikuti tindakan atau proses yang ditunjukkan oleh para ahli atau instruktur.

3. Demonstrasi dalam Bidang Industri

Metode pembelajaran demonstrasi juga dapat diterapkan dalam bidang industri, terutama dalam pelatihan keterampilan teknis seperti perakitan mesin atau perbaikan kendaraan. Para ahli atau instruktur akan menunjukkan kepada siswa bagaimana suatu tindakan atau proses dilakukan dengan benar dan tepat. Siswa kemudian akan mengikuti tindakan atau proses yang ditunjukkan oleh para ahli atau instruktur.

Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran Demonstrasi

Metode pembelajaran demonstrasi memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan metode pembelajaran demonstrasi:

Kelebihan Metode Pembelajaran Demonstrasi

  1. Memudahkan siswa memahami dan menguasai suatu konsep atau keterampilan dengan lebih cepat dan efektif.
  2. Memungkinkan siswa untuk mengikuti tindakan atau proses secara langsung, sehingga dapat memperoleh pengalaman langsung.
  3. Dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis.

Kekurangan Metode Pembelajaran Demonstrasi

  1. Mengharuskan guru atau instruktur yang sudah ahli dalam bidangnya.
  2. Mengharuskan penggunaan alat atau bahan tertentu, yang dapat mengakibatkan biaya yang lebih tinggi.
  3. Tidak semua konsep atau keterampilan dapat dipelajari dengan metode pembelajaran demonstrasi.

Kesimpulan

Metode pembelajaran demonstrasi adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara menunjukkan atau memperlihatkan suatu tindakan atau proses secara langsung kepada siswa. Metode pembelajaran ini bertujuan untuk membantu siswa memahami dan menguasai suatu konsep atau keterampilan dengan lebih cepat dan efektif. Metode pembelajaran demonstrasi dapat diterapkan dalam berbagai bidang, termasuk bidang pendidikan, kesehatan, dan industri. Namun, metode pembelajaran demonstrasi juga memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga perlu dipertimbangkan dengan baik sebelum diterapkan dalam proses pembelajaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *