General

Pengertian Percetakan: Semua yang Harus Kamu Ketahui

×

Pengertian Percetakan: Semua yang Harus Kamu Ketahui

Share this article

Pengertian percetakan merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia cetak-mencetak. Percetakan dapat diartikan sebagai suatu proses membuat cetakan atau memproduksi barang dengan menggunakan mesin cetak yang ada pada percetakan.

Proses cetak-mencetak ini sudah ada sejak zaman dahulu kala, namun pada saat ini percetakan sudah semakin berkembang dan mempunyai peran yang sangat penting dalam dunia industri.

Sejarah Percetakan

Sejarah percetakan dimulai dari Cina pada abad ke-11, dimana orang-orang Cina sudah menggunakan teknologi cetak-mencetak dengan menggunakan blok kayu. Kemudian pada abad ke-15, Johannes Gutenberg dari Jerman menciptakan mesin cetak yang lebih canggih dan menjadi cikal bakal perkembangan percetakan modern.

Pada abad ke-19, perkembangan teknologi mesin cetak semakin pesat dan percetakan menjadi semakin modern. Mesin cetak yang digunakan pada masa itu sudah menggunakan teknologi plate dan model rotary yang dapat mencetak dengan cepat dan efisien.

Jenis-jenis Percetakan

Terdapat beberapa jenis percetakan yang ada saat ini, diantaranya:

1. Percetakan Offset

Percetakan offset merupakan jenis percetakan yang paling sering digunakan saat ini. Percetakan ini menggunakan teknologi plate yang dicetak pada media kertas dengan menggunakan tinta khusus.

2. Percetakan Digital

Percetakan digital menggunakan teknologi printer digital untuk mencetak produk cetakan. Proses cetak-mencetak pada percetakan digital lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan percetakan konvensional.

3. Percetakan Flexografik

Percetakan flexografik menggunakan teknologi plate yang dicetak pada media kertas atau plastik dengan menggunakan tinta khusus. Percetakan ini sering digunakan untuk mencetak produk kemasan atau label pada kemasan.

Manfaat Percetakan

Percetakan memiliki manfaat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan dari proses cetak-mencetak:

1. Mempermudah Proses Produksi

Dengan adanya percetakan, proses produksi barang dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien. Hal ini dapat mempercepat proses produksi dan penyebaran produk ke pasaran.

2. Meningkatkan Kualitas Produk

Dengan menggunakan teknologi mesin cetak yang canggih, kualitas produk cetakan menjadi semakin baik dan akurat. Hal ini dapat meningkatkan kualitas produk dan membuatnya lebih mudah dipasarkan.

3. Meningkatkan Efisiensi Biaya Produksi

Dengan menggunakan teknologi mesin cetak yang modern, biaya produksi dapat ditekan menjadi lebih efisien. Hal ini dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dan membuat harga produk menjadi lebih terjangkau.

Proses Percetakan

Proses percetakan terdiri dari beberapa tahapan, diantaranya:

1. Prepress

Prepress merupakan tahapan persiapan sebelum mencetak, dimana dilakukan desain grafis dan persiapan plate cetak.

2. Printing

Printing merupakan tahap pencetakan pada media kertas atau media lainnya dengan menggunakan mesin cetak yang ada pada percetakan.

3. Postpress

Postpress merupakan tahapan akhir setelah proses pencetakan selesai, dimana dilakukan finishing pada produk cetakan seperti pemotongan, laminasi atau pengikatan.

Kesimpulan

Pengertian percetakan adalah suatu proses mencetak yang menggunakan mesin cetak yang ada pada percetakan. Percetakan memiliki manfaat yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita, diantaranya mempermudah proses produksi, meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan efisiensi biaya produksi. Dalam proses percetakan terdapat beberapa tahapan, yaitu prepress, printing dan postpress.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *