General

Peninggalan Kerajaan Majapahit: Sejarah dan Keajaiban

×

Peninggalan Kerajaan Majapahit: Sejarah dan Keajaiban

Share this article

Sejarah Kerajaan Majapahit

Kerajaan Majapahit merupakan sebuah kerajaan Hindu-Buddha yang berpusat di Jawa Timur, Indonesia. Kerajaan ini didirikan pada abad ke-13 oleh Raden Wijaya, yang kemudian dinobatkan sebagai Raja Kertarajasa Jayawardhana.

Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada abad ke-14 dan menjadi salah satu kerajaan terbesar di Asia Tenggara pada masa itu. Selama masa kejayaannya, Majapahit menguasai wilayah yang luas, termasuk Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, dan sebagian Sulawesi.

Kerajaan ini terkenal karena kekayaan budaya dan arsitektur, serta kemampuan administratif dan militer yang hebat. Peninggalan-peninggalan kerajaan ini masih bisa ditemukan di berbagai wilayah Indonesia, dan menjadi saksi bisu kehebatan peradaban Majapahit.

Bangunan Megah Majapahit

Salah satu keajaiban dari Kerajaan Majapahit adalah bangunan megah yang dibangun selama masa kejayaannya. Bangunan-bangunan ini mencakup candi, kuil, pura, dan benteng, serta rumah-rumah pribadi para raja dan pejabat tinggi.

Candi-candi yang dibangun oleh Majapahit sangat terkenal karena keindahan dan keunikannya. Candi-candi ini umumnya dibangun menggunakan batu andesit, dan dihiasi dengan ukiran-ukiran yang sangat detail dan rumit. Beberapa candi yang terkenal antara lain Candi Borobudur, Candi Prambanan, dan Candi Penataran.

Selain candi, Majapahit juga membangun berbagai benteng dan tembok sebagai bentuk pertahanan militer. Benteng-benteng ini terbuat dari batu dan dihiasi dengan ukiran-ukiran yang mirip dengan candi. Benteng-benteng ini masih bisa ditemukan di berbagai wilayah Indonesia, termasuk di Trowulan, Jawa Timur.

Seni dan Kesenian Majapahit

Selain bangunan megah, Kerajaan Majapahit juga terkenal karena seni dan keseniannya yang indah. Seni dan kesenian Majapahit mencakup seni lukis, seni patung, seni ukir, dan seni musik.

Seni lukis Majapahit umumnya menggambarkan kehidupan sehari-hari, mitologi Hindu-Buddha, dan kisah-kisah legendaris. Seni lukis ini umumnya dilukis pada dinding-dinding candi dan kuil, dan dihiasi dengan warna-warna yang cerah dan kontras.

Seni patung dan ukir Majapahit juga sangat terkenal karena keindahannya. Patung dan ukiran ini umumnya terbuat dari batu andesit, dan dihiasi dengan ukiran-ukiran yang sangat detail dan rumit. Beberapa patung dan ukiran terkenal antara lain Patung Ganesha dan Patung Dwarapala.

Seni musik Majapahit umumnya menggunakan alat musik yang terbuat dari kayu, seperti gamelan dan angklung. Musik yang dihasilkan umumnya memiliki irama yang cepat dan ritmis, dan digunakan sebagai pengiring tarian dan upacara keagamaan.

Peninggalan Majapahit yang Terkenal

Beberapa peninggalan Majapahit yang sangat terkenal di Indonesia antara lain:

  • Candi Borobudur: Candi Budha terbesar di dunia, terletak di Magelang, Jawa Tengah.
  • Candi Prambanan: Candi Hindu terbesar di Indonesia, terletak di Sleman, Yogyakarta.
  • Candi Penataran: Candi yang terletak di Blitar, Jawa Timur, dan dianggap sebagai candi terbesar di Jawa Timur.
  • Benteng Kuto Besak: Benteng yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan, dan dianggap sebagai benteng terbesar di Nusantara.
  • Benteng Gading: Benteng yang terletak di Trowulan, Jawa Timur, dan dianggap sebagai benteng terbesar di Jawa Timur.

Kesimpulan

Kerajaan Majapahit merupakan sebuah peradaban yang sangat hebat dan berpengaruh di Indonesia. Peninggalan-peninggalan kerajaan ini masih bisa ditemukan di berbagai wilayah Indonesia, dan menjadi saksi bisu kehebatan peradaban Majapahit. Seni, bangunan, dan keajaiban-keajaiban lain dari Kerajaan Majapahit masih bisa dinikmati oleh generasi masa kini dan masa depan, dan menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki sejarah yang sangat kaya dan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *