General

Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Terlalu Jinak

×

Penyebab dan Cara Mengatasi Cucak Ijo Terlalu Jinak

Share this article

Pengenalan

Cucak ijo merupakan salah satu jenis burung yang banyak dipelihara karena keindahan suaranya. Namun, terkadang cucak ijo terlalu jinak dan tidak mau berbunyi. Hal ini tentu sangat mengganggu bagi para pemiliknya. Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi cucak ijo terlalu jinak yang perlu diketahui.

Penyebab Cucak Ijo Terlalu Jinak

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan cucak ijo terlalu jinak, di antaranya:

1. Faktor lingkungan

Lingkungan yang terlalu nyaman dan tenang dapat membuat cucak ijo menjadi terlalu jinak. Selain itu, jika burung tersebut terlalu sering diberi makan dan minuman, maka akan membuatnya menjadi malas dan tidak mau berbunyi.

2. Faktor genetik

Beberapa cucak ijo memang memiliki sifat yang terlalu jinak karena faktor genetik. Hal ini tidak dapat diubah oleh pemiliknya.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Terlalu Jinak

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi cucak ijo terlalu jinak:

1. Mengganti lingkungan

Pemilik dapat mengganti lingkungan tempat burung tersebut berada dengan lingkungan yang lebih ramai dan bising. Hal ini dapat membuat burung menjadi lebih aktif dan tidak terlalu jinak.

2. Mengurangi pemberian makan dan minuman

Pemilik juga dapat mengurangi pemberian makan dan minuman yang berlebihan. Hal ini dapat membuat burung menjadi lebih aktif dan tidak terlalu jinak.

3. Melatih burung

Pemilik juga dapat melatih burung dengan cara mengajarkan suara-suara lain. Hal ini dapat membuat burung menjadi lebih aktif dan berbunyi.

Kesimpulan

Cucak ijo terlalu jinak dapat diatasi dengan mengganti lingkungan, mengurangi pemberian makan dan minuman, serta melatih burung. Pemilik perlu memahami penyebab terjadinya cucak ijo terlalu jinak agar dapat mengatasi masalah tersebut dengan tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *