General

Perbedaan Capital Gain dan Dividen

×

Perbedaan Capital Gain dan Dividen

Share this article

Banyak orang yang berinvestasi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Namun, banyak juga yang masih bingung mengenai jenis keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi, seperti capital gain dan dividen. Bagaimana sebenarnya perbedaan antara keduanya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Capital Gain?

Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari selisih harga jual saham atau aset investasi dengan harga belinya. Misalnya, jika seseorang membeli saham di harga Rp10.000 dan menjualnya di harga Rp12.000, maka ia akan mendapatkan capital gain sebesar Rp2.000 per saham.

Dalam investasi, capital gain bisa menjadi salah satu tujuan utama dalam berinvestasi. Karena dengan capital gain, investor bisa mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu yang relatif singkat.

Apa Itu Dividen?

Dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham. Dividen biasanya dibagikan secara berkala, misalnya setiap tahun atau setiap semester.

Dividen bisa menjadi salah satu alasan mengapa seseorang berinvestasi di saham. Karena dengan memiliki saham di perusahaan yang memberikan dividen, investor bisa mendapatkan keuntungan pasif dari perusahaan tersebut.

Perbedaan Capital Gain dan Dividen

Sekarang, mari kita bandingkan perbedaan antara capital gain dan dividen. Perbedaan utama antara keduanya adalah pada sumber keuntungannya. Capital gain diperoleh dari selisih harga jual dan beli aset investasi, sedangkan dividen diperoleh dari pembagian keuntungan perusahaan.

Selain itu, capital gain biasanya diperoleh ketika investor menjual aset investasinya, sedangkan dividen diberikan oleh perusahaan kepada pemegang saham tanpa harus menjual sahamnya terlebih dahulu.

Sifatnya juga berbeda. Capital gain bersifat tidak pasti dan bisa berfluktuasi tergantung pada kondisi pasar, sedangkan dividen bersifat pasti dan biasanya sudah diumumkan sejak awal oleh perusahaan.

Keuntungan dan Risiko Capital Gain dan Dividen

Tentu saja, setiap jenis keuntungan dalam investasi memiliki keuntungan dan risiko masing-masing. Mari kita bahas keuntungan dan risiko capital gain dan dividen.

Keuntungan Capital Gain

Keuntungan utama dari capital gain adalah potensi keuntungan yang besar dalam waktu yang relatif singkat. Jika investor membeli aset investasi di harga yang rendah dan menjualnya di harga yang tinggi, maka ia bisa mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu yang singkat.

Risiko Capital Gain

Risiko utama dari capital gain adalah fluktuasi harga yang tidak pasti. Harga aset investasi bisa naik atau turun dengan cepat tergantung pada kondisi pasar. Jika investor tidak bisa membaca kondisi pasar dengan baik, maka ia bisa mengalami kerugian yang besar dalam waktu yang singkat.

Keuntungan Dividen

Keuntungan utama dari dividen adalah keuntungan pasif. Investor tidak perlu menjual sahamnya terlebih dahulu untuk mendapatkan keuntungan, karena keuntungan diberikan oleh perusahaan secara berkala.

Risiko Dividen

Risiko utama dari dividen adalah ketidakpastian pembagian keuntungan perusahaan. Meskipun perusahaan sudah mengumumkan pembagian dividen, namun tidak ada jaminan bahwa keuntungan akan selalu diberikan oleh perusahaan.

Kesimpulan

Capital gain dan dividen adalah dua jenis keuntungan yang bisa didapatkan dari investasi. Perbedaan utama antara keduanya adalah pada sumber keuntungannya. Capital gain diperoleh dari selisih harga jual dan beli aset investasi, sedangkan dividen diperoleh dari pembagian keuntungan perusahaan. Keduanya memiliki keuntungan dan risiko masing-masing, sehingga investor perlu mempertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *