Teknologi

Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 12

×

Perbedaan Redmi 10 dan Redmi 12

Share this article

Pengenalan

Redmi, sub-brand dari Xiaomi, telah menjadi salah satu pemain besar di pasar smartphone di Indonesia. Mereka terkenal karena menyediakan ponsel berkualitas dengan harga terjangkau. Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara dua model terbaru mereka, yaitu Redmi 10 dan Redmi 12.

Desain dan Tampilan

Redmi 10 memiliki desain yang cukup menarik dengan layar IPS LCD 6,5 inci dengan resolusi Full HD+. Ponsel ini juga dilengkapi dengan punch-hole di tengah atas layar untuk kamera depan. Di sisi lain, Redmi 12 memiliki desain yang lebih premium dengan layar Super AMOLED 6,8 inci dengan resolusi Quad HD+. Ponsel ini juga memiliki sensor sidik jari di dalam layar.

Kamera

Redmi 10 dilengkapi dengan kamera belakang quad dengan resolusi 64 MP sebagai kamera utama, 8 MP sebagai ultra-wide, 2 MP sebagai depth sensor, dan 2 MP sebagai kamera makro. Sedangkan Redmi 12 memiliki kamera belakang penta dengan resolusi 108 MP sebagai kamera utama, 12 MP sebagai ultra-wide, 5 MP sebagai depth sensor, 2 MP sebagai kamera makro, dan 2 MP sebagai kamera telefoto. Keduanya juga dilengkapi dengan kamera depan 20 MP untuk selfie dan panggilan video.

Kinerja

Redmi 10 ditenagai oleh prosesor MediaTek Helio G88 dengan RAM 4 GB atau 6 GB, sementara Redmi 12 menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 888 dengan RAM 6 GB atau 8 GB. Keduanya memiliki performa yang baik dalam menjalankan aplikasi dan tugas sehari-hari.

Penyimpanan dan Baterai

Redmi 10 tersedia dalam dua varian penyimpanan, yaitu 64 GB dan 128 GB, yang dapat diperluas melalui slot kartu microSD. Ponsel ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian daya cepat 18W. Di sisi lain, Redmi 12 hadir dalam tiga varian penyimpanan, yaitu 128 GB, 256 GB, dan 512 GB, tanpa slot kartu memori tambahan. Ponsel ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang mendukung pengisian daya nirkabel.

Sistem Operasi

Redmi 10 menjalankan MIUI 12 berbasis Android 11, sementara Redmi 12 menjalankan MIUI 13 berbasis Android 12. Keduanya menawarkan antarmuka yang kaya fitur dengan pembaruan keamanan terbaru.

Konektivitas dan Fitur Lainnya

Baik Redmi 10 maupun Redmi 12 mendukung konektivitas 4G LTE, Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS. Namun, Redmi 12 juga memiliki dukungan untuk jaringan 5G yang memungkinkan kecepatan internet lebih cepat. Keduanya juga dilengkapi dengan sensor sidik jari, sensor accelerometer, sensor cahaya, dan sensor jarak.

Harga

Harga Redmi 10 di Indonesia berkisar antara 2 juta hingga 3 juta Rupiah tergantung pada varian penyimpanan dan RAM yang dipilih. Sementara itu, harga Redmi 12 diperkirakan akan lebih tinggi, berkisar antara 4 juta hingga 5 juta Rupiah.

Kesimpulan

Dalam membahas perbedaan antara Redmi 10 dan Redmi 12, terdapat beberapa perbedaan signifikan dalam segi desain, kamera, kinerja, penyimpanan, baterai, sistem operasi, konektivitas, dan harga. Redmi 10 menawarkan spesifikasi yang cukup baik dengan harga yang terjangkau, sedangkan Redmi 12 menawarkan fitur-fitur canggih dengan harga yang lebih tinggi. Pilihan antara keduanya tergantung pada kebutuhan dan anggaran masing-masing pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *