Teknologi

Perbedaan Samsung Galaxy S10e, Galaxy S10, dan Galaxy S10 Plus

×

Perbedaan Samsung Galaxy S10e, Galaxy S10, dan Galaxy S10 Plus

Share this article

Pendahuluan

Samsung Galaxy S10e, Galaxy S10, dan Galaxy S10 Plus adalah tiga varian terbaru dari seri Samsung Galaxy S10. Ketiganya memiliki fitur dan spesifikasi yang menarik, namun ada beberapa perbedaan yang membedakan ketiganya. Artikel ini akan membahas perbedaan-perbedaan tersebut secara detail.

Desain

Satu perbedaan yang mencolok antara Samsung Galaxy S10e, Galaxy S10, dan Galaxy S10 Plus adalah desainnya. Galaxy S10e memiliki ukuran yang lebih kecil dengan layar 5.8 inci, sedangkan Galaxy S10 memiliki layar 6.1 inci, dan Galaxy S10 Plus memiliki layar 6.4 inci. Selain itu, Galaxy S10e hanya memiliki dua kamera belakang, sedangkan Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus memiliki tiga kamera belakang.

Layar

Perbedaan lainnya terletak pada resolusi layar. Galaxy S10e memiliki resolusi Full HD+, sedangkan Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus memiliki resolusi Quad HD+. Hal ini membuat Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus memiliki kualitas tampilan yang lebih baik daripada Galaxy S10e. Selain itu, Galaxy S10 Plus juga dilengkapi dengan layar Dynamic AMOLED, sedangkan Galaxy S10e dan Galaxy S10 menggunakan layar Super AMOLED.

Kamera

Salah satu perbedaan utama antara ketiga varian ini adalah jumlah kamera yang dimiliki. Galaxy S10e hanya memiliki dua kamera belakang, yaitu kamera utama 12 MP dan kamera ultra-wide 16 MP. Sementara itu, Galaxy S10 memiliki tiga kamera belakang, dengan tambahan kamera telefoto 12 MP. Galaxy S10 Plus bahkan memiliki tiga kamera belakang dan dua kamera depan, dengan tambahan kamera depth sensor 8 MP dan kamera depan 10 MP.

Kapasitas Baterai

Perbedaan lainnya adalah kapasitas baterai yang dimiliki. Galaxy S10e memiliki kapasitas baterai 3100 mAh, sedangkan Galaxy S10 memiliki kapasitas baterai 3400 mAh, dan Galaxy S10 Plus memiliki kapasitas baterai terbesar yaitu 4100 mAh. Dengan kapasitas baterai yang lebih besar, Galaxy S10 Plus memiliki daya tahan baterai yang lebih baik daripada dua varian lainnya.

Performa

Ketiga varian ini menggunakan prosesor Exynos 9820 atau Qualcomm Snapdragon 855, tergantung pada wilayah pemasaran. Namun, Galaxy S10 Plus memiliki varian dengan RAM 12 GB, sedangkan Galaxy S10e dan Galaxy S10 hanya memiliki varian RAM 6 GB atau 8 GB. Dengan RAM yang lebih besar, Galaxy S10 Plus memiliki performa yang lebih baik dalam menjalankan aplikasi-aplikasi berat dan multitasking.

Penyimpanan

Galaxy S10e memiliki pilihan penyimpanan internal 128 GB, sedangkan Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus memiliki pilihan penyimpanan internal 128 GB dan 512 GB. Selain itu, Galaxy S10 Plus juga memiliki varian dengan penyimpanan internal hingga 1 TB. Dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar, pengguna dapat menyimpan lebih banyak file, foto, dan video di Galaxy S10 Plus.

Harga

Harga juga menjadi perbedaan penting antara ketiga varian ini. Galaxy S10e adalah varian yang paling terjangkau, diikuti oleh Galaxy S10 dan Galaxy S10 Plus. Harga Galaxy S10 Plus yang paling tinggi disebabkan oleh fitur-fitur unggulan seperti kapasitas penyimpanan yang besar dan RAM yang lebih tinggi.

Fitur Lainnya

Ketiga varian ini juga memiliki beberapa fitur yang sama. Semuanya dilengkapi dengan sensor sidik jari dalam layar, teknologi pengisian daya nirkabel, serta tahan air dan debu dengan sertifikasi IP68. Selain itu, ketiganya juga menggunakan antarmuka One UI yang berbasis pada sistem operasi Android 9.0 Pie.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, telah dijelaskan perbedaan-perbedaan antara Samsung Galaxy S10e, Galaxy S10, dan Galaxy S10 Plus. Mulai dari desain, layar, kamera, kapasitas baterai, performa, penyimpanan, hingga harga, ketiga varian ini memiliki perbedaan yang membedakan satu sama lain. Pilihan antara ketiga varian ini tergantung pada kebutuhan dan preferensi masing-masing pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *