General

Perubahan Sosial Politik Peralihan Abad

×

Perubahan Sosial Politik Peralihan Abad

Share this article

Selama peralihan abad ke-20, dunia mengalami perubahan sosial politik yang signifikan. Perubahan ini terjadi karena adanya pergeseran dari masyarakat agraris ke masyarakat industri. Peralihan ini juga ditandai dengan kemajuan teknologi dan globalisasi yang semakin pesat.

Kemajuan Teknologi

Dalam dua dekade terakhir abad ke-19, dunia mengalami kemajuan teknologi yang signifikan. Teknologi ini meliputi mesin uap, telegraf, telepon, dan transportasi kereta api. Kemajuan teknologi tersebut membawa perubahan besar dalam produksi, komunikasi, dan transportasi.

Di awal abad ke-20, teknologi terus berkembang dengan penemuan mobil, pesawat terbang, dan radio. Kemajuan teknologi ini memungkinkan manusia untuk melakukan aktivitas yang lebih mudah dan cepat.

Globalisasi

Perubahan sosial politik peralihan abad juga dipengaruhi oleh globalisasi. Globalisasi mengacu pada integrasi ekonomi, politik, dan budaya antar negara. Pada akhir abad ke-19, perdagangan internasional semakin meningkat. Hal ini memungkinkan negara untuk saling bergantung satu sama lain.

Globalisasi juga memungkinkan ideologi dan nilai-nilai budaya untuk menyebar dengan lebih cepat. Hal ini membawa pengaruh besar pada perubahan sosial dan politik di seluruh dunia.

Perubahan Sosial

Perubahan sosial yang terjadi selama peralihan abad ke-20 meliputi pergeseran dari masyarakat agraris ke masyarakat industri. Masyarakat agraris didominasi oleh petani dan pemilik tanah, sedangkan masyarakat industri didominasi oleh pekerja pabrik.

Perubahan sosial ini juga ditandai dengan meningkatnya urbanisasi. Banyak orang meninggalkan desa dan pindah ke kota untuk bekerja di pabrik. Hal ini membawa perubahan besar pada pola hidup dan nilai-nilai sosial.

Perubahan Politik

Perubahan politik yang terjadi selama peralihan abad ke-20 meliputi meningkatnya pengaruh negara dalam kehidupan masyarakat. Negara mulai mengambil peran dalam menyediakan pendidikan, kesehatan, dan jaminan sosial untuk rakyatnya.

Di beberapa negara, terjadi perubahan besar dalam bentuk revolusi. Revolusi ini meliputi Revolusi Rusia dan Revolusi China. Revolusi ini membawa perubahan besar pada sistem politik dan ekonomi di negara-negara tersebut.

Kesimpulan

Perubahan sosial politik peralihan abad terjadi karena adanya pergeseran dari masyarakat agraris ke masyarakat industri, kemajuan teknologi, dan globalisasi. Perubahan tersebut membawa perubahan besar pada produksi, komunikasi, transportasi, dan nilai-nilai sosial. Perubahan tersebut juga membawa pengaruh besar pada sistem politik dan ekonomi di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *