General

Resep Cara Membuat Ayam Rica-Rica Pedas yang Menggugah Selera

×

Resep Cara Membuat Ayam Rica-Rica Pedas yang Menggugah Selera

Share this article

Apa itu Ayam Rica-Rica Pedas?

Ayam rica-rica pedas adalah salah satu masakan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa pedasnya yang menggugah selera. Masakan ini berasal dari Sulawesi Utara dan terbuat dari ayam yang diolah dengan bumbu-bumbu rempah khas Indonesia.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat ayam rica-rica pedas, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:- 1 ekor ayam, potong menjadi 12 bagian- 5 siung bawang putih, cincang halus- 6 butir bawang merah, cincang halus- 5 buah cabai merah, iris tipis- 5 buah cabai rawit, iris tipis- 3 lembar daun jeruk, iris tipis- 2 batang serai, memarkan- 2 cm lengkuas, memarkan- 2 sdm minyak goreng- 1 sdm garam- 1 sdt gula pasir- 500 ml air

Cara Membuat Ayam Rica-Rica Pedas

Berikut adalah langkah-langkah membuat ayam rica-rica pedas yang mudah dan praktis:1. Langkah pertama, panaskan minyak goreng di atas wajan yang sudah dipanaskan.2. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.3. Masukkan serai, lengkuas, dan daun jeruk. Tumis hingga layu.4. Tambahkan ayam yang sudah dipotong-potong ke dalam wajan. Aduk hingga ayam berubah warna.5. Masukkan cabai merah dan cabai rawit. Aduk hingga rata.6. Tambahkan garam dan gula pasir. Aduk rata.7. Tuangkan air ke dalam wajan. Aduk hingga rata.8. Tutup wajan dan biarkan ayam matang dan bumbu meresap selama 30-40 menit dengan api sedang.9. Setelah ayam matang, masak hingga kuah menyusut dan bumbu meresap.10. Ayam rica-rica pedas siap disajikan.

Tips Membuat Ayam Rica-Rica Pedas

Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat membuat ayam rica-rica pedas:1. Gunakan ayam kampung untuk hasil yang lebih enak dan lezat.2. Jangan terlalu banyak menggunakan cabai rawit jika Anda tidak terlalu suka dengan rasa pedas yang terlalu kuat.3. Bumbu-bumbu bisa dihaluskan terlebih dahulu menggunakan blender agar lebih mudah saat memasak.4. Gunakan wajan yang besar agar ayam bisa matang dengan sempurna dan bumbu meresap ke dalam daging ayam.

Kesimpulan

Ayam rica-rica pedas adalah salah satu masakan khas Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat dan langkah-langkah yang mudah diikuti, Anda bisa membuat ayam rica-rica pedas yang lezat dan menggugah selera di rumah. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *