General

Resep Tempe Mendoan Purwokerto Renyah Gurih

×

Resep Tempe Mendoan Purwokerto Renyah Gurih

Share this article

Pengantar

Tempe mendoan adalah salah satu kuliner khas Purwokerto yang terkenal di seluruh Indonesia. Makanan ini terbuat dari tempe yang digoreng dengan tepung bumbu hingga renyah dan gurih. Tempe mendoan sering dijadikan sebagai lauk atau camilan yang nikmat untuk disantap. Berikut adalah resep tempe mendoan Purwokerto yang dapat kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tempe mendoan:- 500 gram tempe, iris tipis- 200 gram tepung terigu- 1 sendok teh ketumbar bubuk- 1/2 sendok teh merica bubuk- 1/2 sendok teh garam- 1 butir telur, kocok lepas- 250 ml air es- Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat tempe mendoan:1. Campurkan tepung terigu, ketumbar bubuk, merica bubuk, dan garam dalam mangkuk besar.2. Tambahkan telur kocok lepas dan air es ke dalam campuran tepung terigu secara bertahap sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung.3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.4. Celupkan irisan tempe ke dalam adonan tepung terigu hingga terbalut rata.5. Goreng tempe yang sudah dibalut tepung terigu ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan hingga kuning kecoklatan dan renyah.6. Angkat tempe mendoan dan tiriskan minyaknya.7. Sajikan tempe mendoan dengan sambal kecap atau saus sambal favoritmu.

Tip Membuat Tempe Mendoan yang Lebih Nikmat

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat tempe mendoan yang lebih nikmat:- Gunakan tempe yang masih segar agar hasilnya lebih enak dan tidak amis.- Gunakan tepung terigu yang berkualitas baik untuk hasil yang lebih lezat.- Gunakan air es dalam adonan tepung terigu untuk membuat kulit mendoan yang lebih renyah.- Jangan terlalu banyak menggoreng tempe mendoan dalam satu waktu agar minyak goreng tetap panas dan hasilnya lebih renyah.

Kesimpulan

Itulah resep tempe mendoan Purwokerto yang dapat kamu coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat tempe mendoan yang renyah dan gurih. Selamat mencoba dan selamat menikmati kuliner khas Purwokerto yang lezat ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *