General

Rumah BTS: Alternatif Hunian Nyaman di Kota Besar

×

Rumah BTS: Alternatif Hunian Nyaman di Kota Besar

Share this article

Jika Anda sedang mencari rumah di kota besar, mungkin Anda perlu mempertimbangkan rumah BTS sebagai alternatif hunian. Rumah BTS atau Base Transceiver Station adalah rumah yang dibangun di atas tower BTS milik provider telekomunikasi.

Apa itu Rumah BTS?

Rumah BTS adalah rumah yang dibangun di atas tower BTS milik provider telekomunikasi. Tower BTS merupakan tempat pemasangan antena telekomunikasi yang berfungsi sebagai pemancar sinyal untuk telepon seluler, internet, dan jaringan data lainnya.

Biasanya, tower BTS dibangun di lahan yang cukup besar dan terletak di pinggir kota atau daerah terpencil. Namun, karena kebutuhan masyarakat akan akses internet dan telepon seluler semakin meningkat, provider telekomunikasi mulai membangun tower BTS di daerah perkotaan dan bahkan di tengah kota.

Dalam hal ini, rumah BTS menjadi solusi yang tepat bagi provider telekomunikasi agar tower BTS mereka tetap beroperasi secara optimal tanpa mengganggu kenyamanan masyarakat sekitar.

Keuntungan Tinggal di Rumah BTS

Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memilih tinggal di rumah BTS, di antaranya:

1. Harga yang Terjangkau

Karena letaknya yang berada di atas tower BTS, rumah BTS biasanya tidak dibangun dengan konsep mewah dan mahal. Sehingga, harga rumah BTS relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan rumah pada umumnya di daerah perkotaan.

2. Akses Internet yang Cepat

Sebagai rumah yang berada di atas tower BTS, maka jangan ragu untuk memilih rumah BTS sebagai alternatif hunian jika ingin memiliki akses internet yang cepat dan stabil.

3. Lokasi yang Strategis

Tower BTS umumnya dibangun di daerah yang strategis, sehingga rumah BTS juga memiliki lokasi yang strategis. Anda akan lebih mudah untuk mengakses fasilitas umum seperti pasar, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan sekolah.

4. Udara yang Bersih

Karena letaknya yang berada di atas tower BTS, udara di sekitar rumah BTS relatif lebih bersih dan sejuk. Hal ini karena kawasan sekitar tower BTS biasanya tidak terlalu padat dan terdapat banyak tumbuhan hijau yang tumbuh.

Cara Membeli Rumah BTS

Jika Anda tertarik untuk membeli rumah BTS, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Melalui Properti Online

Anda bisa mencari rumah BTS di situs properti online seperti Rumah123.com, Rumah.com, atau OLX. Pastikan Anda memilih rumah BTS yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

2. Melalui Agensi Properti

Anda juga bisa mencari rumah BTS melalui agensi properti di daerah sekitar tower BTS. Agensi properti umumnya memiliki daftar rumah BTS yang tersedia dan bisa membantu Anda mencari rumah BTS yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

3. Menghubungi Provider Telekomunikasi

Anda juga bisa menghubungi provider telekomunikasi yang memiliki tower BTS di daerah Anda. Biasanya, provider telekomunikasi memiliki informasi mengenai rumah BTS yang tersedia dan bisa membantu Anda mencari rumah BTS yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda.

Kelemahan Tinggal di Rumah BTS

Meskipun memiliki beberapa keuntungan, tinggal di rumah BTS juga memiliki kelemahan yang perlu Anda pertimbangkan, di antaranya:

1. Suara Bising

Sebagai rumah yang berada di atas tower BTS, maka Anda akan sering mendengar suara bising dari tower BTS dan mesin AC yang dipasang di dalam rumah BTS. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan Anda dalam beraktivitas.

2. Keterbatasan Ruang

Rumah BTS umumnya dibangun dengan konsep minimalis dan fungsional, sehingga ruang di dalam rumah BTS relatif lebih terbatas dibandingkan dengan rumah pada umumnya di daerah perkotaan.

3. Keterbatasan Fasilitas

Rumah BTS umumnya tidak dilengkapi dengan fasilitas seperti taman, kolam renang, dan area bermain anak. Sehingga, jika Anda memiliki keluarga dengan anak-anak, tinggal di rumah BTS mungkin tidak cocok bagi Anda.

Kesimpulan

Rumah BTS merupakan alternatif hunian yang menarik bagi Anda yang sedang mencari rumah di daerah perkotaan. Meskipun memiliki beberapa kelemahan, rumah BTS memiliki keuntungan seperti harga yang terjangkau, akses internet yang cepat, lokasi yang strategis, dan udara yang bersih. Jangan ragu untuk mempertimbangkan rumah BTS sebagai alternatif hunian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *