General

Sejarah 8 Pergerakan Mahasiswa Sejak 1908 Sampai 1998

×

Sejarah 8 Pergerakan Mahasiswa Sejak 1908 Sampai 1998

Share this article

Pengenalan

Mahasiswa adalah kelompok muda yang paling dinamis dan berpengaruh dalam masyarakat. Sejak awal abad ke-20, mahasiswa di Indonesia telah aktif dalam berbagai gerakan sosial dan politik. Mereka merupakan pionir dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda. Artikel ini akan membahas sejarah 8 pergerakan mahasiswa sejak 1908 sampai 1998.

1. Boedi Oetomo (1908)

Boedi Oetomo adalah organisasi mahasiswa pertama di Indonesia yang didirikan pada tanggal 20 Mei 1908 di Yogyakarta. Tujuan utama organisasi ini adalah untuk memperjuangkan kemajuan bangsa Indonesia, terutama dalam bidang pendidikan. Boedi Oetomo kemudian menjadi cikal bakal lahirnya gerakan nasional Indonesia.

2. Sarekat Islam (1912)

Sarekat Islam didirikan pada tahun 1912 di Surabaya oleh Haji Samanhudi. Awalnya organisasi ini lebih banyak menarik simpati para pedagang dan buruh. Namun, kemudian organisasi ini semakin berkembang menjadi organisasi perjuangan nasional yang melibatkan mahasiswa dan intelektual.

3. Pergerakan Mahasiswa Indonesia (1928)

Pergerakan Mahasiswa Indonesia (PMI) didirikan pada tanggal 4 Juli 1928 di Bandung. Organisasi ini diprakarsai oleh sejumlah mahasiswa dari perguruan tinggi di Jawa Barat. PMI menjadi wadah bagi mahasiswa untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan mengembangkan kebudayaan nasional.

4. Perserikatan Perjuangan (1946)

Perserikatan Perjuangan didirikan pada tahun 1946 oleh sejumlah mahasiswa dan pemuda Indonesia yang tergabung dalam Front Nasional Indonesia. Organisasi ini bertujuan untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dari penjajahan Belanda.

5. Front Mahasiswa Nasional (1963)

Front Mahasiswa Nasional didirikan pada tahun 1963 di Jakarta. Organisasi ini merupakan penggabungan dari beberapa organisasi mahasiswa yang terdiri dari berbagai latar belakang politik. Tujuan utama organisasi ini adalah untuk memperjuangkan demokrasi dan hak asasi manusia.

6. Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) (1964)

GMNI didirikan pada tanggal 20 Desember 1964 di Yogyakarta. Organisasi ini bertujuan untuk memperjuangkan kemerdekaan, demokrasi, dan keadilan sosial di Indonesia. GMNI dikenal dengan semboyan “Bergerak dan Bertindak untuk Indonesia Raya”.

7. Badan Koordinasi Mahasiswa Islam Indonesia (BKMI) (1971)

BKMI didirikan pada tahun 1971 di Jakarta. Organisasi ini merupakan wadah bagi mahasiswa Islam untuk memperjuangkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. BKMI aktif dalam berbagai gerakan sosial dan politik di Indonesia.

8. Reformasi 1998

Reformasi 1998 adalah gerakan mahasiswa yang melibatkan jutaan mahasiswa dan rakyat Indonesia dalam memperjuangkan demokrasi dan reformasi politik. Gerakan ini dimulai pada tanggal 12 Mei 1998 di Jakarta dan menyebar ke seluruh Indonesia. Gerakan ini berhasil menggulingkan pemerintahan Orde Baru yang telah berkuasa selama 32 tahun.

Kesimpulan

Mahasiswa di Indonesia telah aktif dalam berbagai gerakan sosial dan politik sejak awal abad ke-20. Boedi Oetomo, Sarekat Islam, PMI, Perserikatan Perjuangan, Front Mahasiswa Nasional, GMNI, BKMI, dan Reformasi 1998 adalah beberapa pergerakan mahasiswa yang paling berpengaruh dalam sejarah Indonesia. Para mahasiswa ini telah memperjuangkan kemerdekaan, demokrasi, dan keadilan sosial di Indonesia. Peran mahasiswa dalam memperjuangkan perubahan dan kemajuan bangsa Indonesia sangatlah penting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *