General

Sejarah Adidas: Dari Awal Mula Hingga Menjadi Brand Terkenal

×

Sejarah Adidas: Dari Awal Mula Hingga Menjadi Brand Terkenal

Share this article

Adidas adalah merek terkenal di dunia fashion dan olahraga. Tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Adidas memiliki sejarah panjang yang dimulai dari awal mula berdirinya.

Pendirian Adidas

Adidas didirikan oleh Adi Dassler pada tahun 1949 di Herzogenaurach, Jerman. Adi Dassler adalah seorang pengusaha yang telah memulai karirnya di dunia fashion dan olahraga sejak usianya masih muda. Dia memulai karirnya dengan membuat sepatu olahraga dengan tangan sendiri.

Pada awalnya, merek Adidas dikenal dengan nama “Gebrüder Dassler Schuhfabrik” yang berarti “Pabrik Sepatu Bersaudara Dassler”. Merek ini kemudian diubah menjadi “Adidas” pada tahun 1949. Nama ini diambil dari nama Adi Dassler sendiri.

Pertumbuhan Adidas

Pada tahun 1954, Adidas berhasil menciptakan sepatu bola yang sangat populer, yaitu “Adidas Copa Mundial”. Sepatu ini menjadi sepatu bola terbaik di dunia hingga saat ini. Adidas juga berhasil menciptakan sepatu olahraga lainnya seperti sepatu lari, sepatu basket, dan sepatu tenis.

Pada tahun 1967, Adidas merilis logo tiga garis yang sekarang menjadi ciri khas merek tersebut. Logo ini awalnya digunakan untuk membedakan sepatu kiri dan kanan. Namun, logo ini kemudian menjadi sangat populer dan dijadikan sebagai logo resmi Adidas.

Pada tahun 1971, Adidas menjadi sponsor resmi Piala Dunia FIFA. Hal ini memperkuat posisi Adidas sebagai merek olahraga terkenal di dunia. Adidas juga menjadi sponsor resmi Olimpiade sebanyak 11 kali.

Krisis Adidas

Pada tahun 1980-an, Adidas mengalami krisis karena persaingan dari merek-merek olahraga lainnya seperti Nike dan Reebok. Adidas mulai kehilangan pangsa pasar dan merugi. Namun, pada tahun 1990-an, Adidas mengalami kebangkitan dan kembali menjadi merek olahraga terkenal di dunia.

Sejarah Adidas di Indonesia

Adidas masuk ke Indonesia pada tahun 1970-an. Pada awalnya, Adidas hanya dikenal oleh kalangan olahragawan dan atlet. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, Adidas semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Adidas menjadi sponsor resmi beberapa klub sepak bola di Indonesia seperti Persib Bandung dan Arema Cronus. Adidas juga menjadi sponsor resmi beberapa atlet Indonesia seperti Susi Susanti dan Taufik Hidayat.

Keberhasilan Terbaru Adidas

Pada tahun 2015, Adidas berhasil menciptakan sepatu olahraga yang sangat populer, yaitu “Adidas Ultra Boost”. Sepatu ini menjadi sepatu olahraga terbaik di dunia pada tahun 2015. Adidas juga berhasil menciptakan sepatu lainnya seperti “Adidas Yeezy” dan “Adidas NMD” yang sangat populer di kalangan masyarakat.

Pada tahun 2016, Adidas menjadi sponsor resmi Liga Inggris. Hal ini memperkuat posisi Adidas sebagai merek olahraga terkenal di dunia.

Kesimpulan

Adidas memiliki sejarah panjang yang dimulai dari awal mula berdirinya. Merek ini telah mengalami banyak peristiwa dan perkembangan dalam dunia fashion dan olahraga. Dari pertumbuhan hingga krisis, Adidas selalu berhasil bangkit dan menjadi merek olahraga terkenal di dunia. Sejarah Adidas di Indonesia juga sangat menarik untuk dipelajari. Dengan keberhasilan terbarunya, Adidas terus menjadi merek yang sangat populer dan dicari oleh masyarakat di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *