General

Sejarah Awal Berdiri Negara Austria

×

Sejarah Awal Berdiri Negara Austria

Share this article

Austria merupakan negara yang terletak di Eropa Tengah. Negara ini memiliki sejarah yang panjang dan kaya akan budaya. Austria juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, tahukah Anda bagaimana sejarah awal berdirinya negara Austria? Simak ulasan berikut untuk mengetahui lebih lanjut.

Masa Pra Sejarah

Sebelum menjadi negara yang dikenal saat ini, daerah Austria pada masa pra sejarah dihuni oleh berbagai suku Jermanik. Mereka hidup sebagai petani dan penggembala hewan. Mereka juga membangun berbagai benteng untuk pertahanan dari serangan musuh.

Pengaruh Kekaisaran Romawi

Pada abad ke-1 Masehi, Austria menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi. Pengaruh kekaisaran ini sangat besar dalam membentuk budaya Austria saat ini. Banyak bangunan-bangunan peninggalan Romawi yang masih dapat ditemukan di Austria, seperti reruntuhan kota Carnuntum di dekat kota Wien.

Masa Pemerintahan Wangsa Babenberg

Pada abad ke-10, Wangsa Babenberg mulai memerintah di Austria. Mereka membangun benteng dan kota-kota untuk memperkuat kekuasaannya. Selama masa pemerintahan mereka, Austria mengalami kemajuan dalam bidang ekonomi dan budaya.

Masa Pemerintahan Wangsa Habsburg

Pada abad ke-13, Wangsa Habsburg mengambil alih kekuasaan di Austria. Mereka memperluas wilayah kekuasaannya hingga ke Hungaria dan Bohemia. Selama masa pemerintahan mereka, Austria menjadi pusat kekuasaan politik dan budaya di Eropa Tengah.

Pengaruh Renaissance dan Reformasi

Pada abad ke-16, Renaissance dan Reformasi memiliki pengaruh besar di Austria. Banyak seniman dan ilmuwan terkenal lahir pada masa ini, seperti Wolfgang Amadeus Mozart dan Sigmund Freud. Reformasi juga mempengaruhi agama dan kehidupan sosial di Austria.

Perang Dunia I dan II

Pada awal abad ke-20, Austria menjadi bagian dari Kekaisaran Austria-Hungaria. Namun, setelah Perang Dunia I, kekaisaran ini pun bubar. Austria kemudian menjadi negara merdeka pada tahun 1918. Pada Perang Dunia II, Austria diduduki oleh pasukan Nazi Jerman. Setelah perang usai, Austria menjadi negara netral.

Masa Kini

Saat ini, Austria merupakan negara yang maju dan memiliki perekonomian yang stabil. Negara ini juga terkenal dengan budaya dan seninya yang kaya. Austria juga menjadi tujuan wisata yang populer di Eropa.

Kesimpulan

Sejarah awal berdirinya negara Austria sangat panjang dan kaya akan budaya. Dari masa pra sejarah hingga masa kini, Austria telah mengalami banyak perubahan dan kemajuan. Sejarah ini menjadi bagian penting dalam membentuk identitas dan kebudayaan Austria saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *