General

Sejarah Berdiri Negara Amerika Serikat

×

Sejarah Berdiri Negara Amerika Serikat

Share this article

Amerika Serikat adalah sebuah negara yang terletak di benua Amerika Utara. Negara ini memiliki sejarah yang panjang dan menarik sejak berdiri pada tanggal 4 Juli 1776. Pada saat itu, 13 koloni Inggris di Amerika Utara memproklamirkan kemerdekaannya dari Inggris dan membentuk negara baru yang dikenal sebagai Amerika Serikat. Berikut ini adalah sejarah berdirinya negara Amerika Serikat.

Awal Mula Kolonisasi Inggris di Amerika Utara

Pada abad ke-16, Inggris mulai melakukan kolonisasi di Amerika Utara. Awalnya, koloni Inggris di Amerika Utara didirikan untuk tujuan ekonomi. Inggris ingin memanfaatkan kekayaan alam Amerika Utara seperti kayu, gading, dan kulit binatang. Selain itu, Inggris juga ingin membuka pasar baru untuk barang-barang Inggris.

Pada tahun 1607, Inggris mendirikan koloni pertama di Amerika Utara yang dikenal sebagai Jamestown. Koloni ini didirikan di Virginia oleh Virginia Company. Koloni-koloni Inggris lainnya kemudian didirikan di Amerika Utara seperti Massachusetts, Maryland, dan Georgia.

Perjuangan Koloni-koloni Inggris Melawan Penjajah

Pada awalnya, hubungan antara koloni-koloni Inggris dan Inggris pusat sangat baik. Namun, pada akhir abad ke-18, hubungan antara koloni-koloni Inggris dan Inggris pusat memburuk. Inggris pusat mulai memberlakukan pajak yang tinggi dan mengambil kebijakan yang merugikan koloni-koloni Inggris di Amerika Utara.

Koloni-koloni Inggris di Amerika Utara merasa tidak puas dengan perlakuan Inggris pusat dan mulai melakukan perlawanan. Pada tahun 1775, perang pecah antara koloni-koloni Inggris di Amerika Utara dan Inggris pusat yang dikenal sebagai Perang Revolusi Amerika. Perang ini berlangsung selama 8 tahun dan pada akhirnya koloni-koloni Inggris di Amerika Utara berhasil meraih kemerdekaannya dari Inggris.

Proklamasi Kemerdekaan Amerika Serikat

Pada tanggal 4 Juli 1776, 13 koloni Inggris di Amerika Utara memproklamirkan kemerdekaannya dari Inggris dan membentuk negara baru yang dikenal sebagai Amerika Serikat. Proklamasi kemerdekaan ini ditandatangani oleh 56 perwakilan dari 13 koloni Inggris di Philadelphia.

Dalam proklamasi kemerdekaan ini, koloni-koloni Inggris di Amerika Utara menyatakan bahwa mereka adalah negara yang merdeka dan berdaulat. Mereka juga menetapkan prinsip-prinsip dasar negara Amerika Serikat seperti hak asasi manusia, kesetaraan, dan kebebasan.

Pembentukan Konstitusi Amerika Serikat

Setelah memproklamirkan kemerdekaannya dari Inggris, Amerika Serikat kemudian membentuk konstitusi baru. Konstitusi Amerika Serikat merupakan dokumen yang menetapkan sistem pemerintahan dan prinsip-prinsip dasar negara Amerika Serikat.

Konstitusi Amerika Serikat ditandatangani pada tanggal 17 September 1787 di Philadelphia oleh 39 perwakilan dari 12 negara bagian Amerika Serikat. Konstitusi Amerika Serikat masih berlaku hingga saat ini dan dianggap sebagai salah satu konstitusi tertua dan terbaik di dunia.

Penyelesaian Perang Saudara Amerika

Pada tahun 1861, perang saudara pecah di Amerika Serikat antara negara bagian yang mendukung penghapusan perbudakan dan negara bagian yang ingin mempertahankan perbudakan. Perang saudara ini berlangsung selama 4 tahun dan berakhir pada tahun 1865.

Setelah perang saudara berakhir, Amerika Serikat melakukan rekonstruksi untuk memulihkan negara dari kerusakan akibat perang saudara. Selain itu, Amerika Serikat juga menghapuskan perbudakan dan memberikan hak-hak yang sama kepada orang kulit hitam.

Amerika Serikat sebagai Negara Superpower

Setelah Perang Dunia II, Amerika Serikat menjadi negara superpower yang paling berpengaruh di dunia. Amerika Serikat memiliki kekuatan militer yang besar dan ekonomi yang kuat. Selain itu, Amerika Serikat juga memiliki pengaruh besar dalam politik internasional.

Amerika Serikat juga telah menjadi tempat tujuan imigran dari seluruh dunia. Imigran dari seluruh dunia datang ke Amerika Serikat untuk mencari kehidupan yang lebih baik dan membangun masa depan mereka di negara yang bebas dan demokratis.

Kesimpulan

Sejarah berdirinya negara Amerika Serikat sangatlah panjang dan menarik. Dari awal mula kolonisasi Inggris di Amerika Utara hingga menjadi negara superpower yang paling berpengaruh di dunia saat ini. Amerika Serikat juga menjadi tempat tujuan imigran dari seluruh dunia untuk mencari kehidupan yang lebih baik. Semua ini tidak lepas dari perjuangan dan semangat kemerdekaan dari para pendahulu negara Amerika Serikat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *